Resep Kambing Bakar Mathbi

Resep Masakan Daging (Khas Jawa Tengah) – Pekalongan, Jawa Tengah mempunyai masakan olahan daging kambing yang populer yaitu Kambing Bakar Mathbi. Masakan ini diolah dengan cara dibakar diatas bara api atau arang. Jika anda mempunyai panggangan dirumah, anda juga bisa mengolahnya dengan memakai oven.


Bagi anda yang suka dengan daging kambing, Kambing Bakar Mathbi ini harus anda coba. Karena rasanya yang enak bisa menciptakan anda tidak mau berhenti memakannya dan ketagihan. Bumbunya sangat meresap ke dalam daging kambing yang lembut. Ini alasannya ialah yaitu daging kambing di rendam terlebih dahulu di dalam bumbu rendaman sebelum dibakar.


Apalagi daging kambing ini sebelum di proses atau dibakar diolesi terlebih dahulu dengan minyak zaitun dan madu. Inilah rahasia kelezatan Kambing Bakar Mathbi. Bagian yang digunakannya pun yaitu paha kambing.


Orang beranggapan memakan daging kambing kurang sehat untuk tubuh. Mereka beranggapan daging kambing mempunyai kolesterol yang sangat tinggi. Tapi bahwasanya anggapan itu tidak sepenuhnya salah, memang daging kambing ini mempunyai kolesterol yang cukup tinggi namun daging kambing juga mempunyai segudang manfaat kesehatan bagi tubuh.


Daging kambing mempunyai kandungan niacin (Vitamin B3) yang bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh. Selain kandungan Vitamin B12 nya bisa membantu menjaga kesehatan sistem saraf tubuh.


Selain itu, ternyata daging kambing juga mempunyai kandungan Selenium yang cukup tinggi dimana merupakan kandungan yang berfungsi sebagai zat antioksidan atau melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.


Ditambah lagi penggunaan minyak zaitun pada Kambing Bakar Mathbi nya. Minyak zaitun bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.


Penggunaan madu juga bisa mencegah kanker dan penyakit jantung.


Makara anda tidak usah ragu dalam mengkonsumsi Kambing Bakar Mathbi. Apalagi prosesnya yang dibakar lebih baik daripada dengan digoreng.


Kambing Bakar Mathbi ini sehat untuk anda konsumsi. Tapi ingat jangan berlebihan saja, konsumsi sesuai dengan porsinya semoga anda bisa menerima khasiat yang maksimal dari masakan ini.


Baiklah anda sudah mengenal masakan ini, nah berikut kami akan sajikan untuk anda Resep Kambing Bakar Mathbi khas Pekalongan, Jawa Tengah.











Jawa
(Kambing Bakar Mathbi, Sumber Foto : bacaresepduludotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 60 menit

: 80 menit


Disajikan untuk

Level


: 6 orang

: Sedang



Bahan-bahan :



  • Paha kambing kurang lebih sebanyak 1 kg



Bumbu rendaman atau marinade :



  • Haluskan bawang putih sebanyak 100 gram

  • Haluskan bawang merah sebanyak 50 gram

  • Haluskan ketumbar kurang lebih sebanyak 50 gram

  • Garam sebanyak 20 gram

  • 1 ½ liter air



Bahan olesan :



  • Minyak zaitun kurang lebih sebanyak 75 ml

  • Mentega cair sebnyak 50 ml

  • Madu sebanyak 75 ml



Bahan saus kecap :



  • Kecap bagus sebanyak 300 ml

  • Iris kasar bawang merah sebanyak 50 gram

  • Iris kasar juga cabe rawit hijau sebanyak 25 gram

  • Iris kasar 150 gram tomat

  • 1 buah lemon yang kemudian peras dan ambil airnya saja

  • (semua materi diaduk campur rata)



Tutorial menciptakan Kambing Bakar Mathbi :



  1. Pertama kita akan merebus daging kambingnya terlebih dahulu. Makara siapkan wajan kemudian masukkan air dan panaskan.

  2. Masukkan paha kambing nya yang sudah dicuci higienis dan rebus.

  3. Masukkan bawang merah, bawang putih dan ketumbar yang sudah dihaluskan ditambah dengan garam ke dalam rebusan paha kambing. Aduk-aduk. Rebus dengan api sedang sampai daging terlepas dari tulang.

  4. Kemudian sesudah itu, angkat paha kambing dan dinginkan. Lalu beri olesan minyak zaitun, mentega dan madu.

  5. Nyalakan arang atau oven, kemudian bakar daging di atas api arang sedang kurang lebih sekitar 20 menit. Atau bila anda memakai panggangan bakar daging dalam suhu 250’C.

  6. Ketika proses pembakaran, olesi daging dengan minyak zaitun setiap 10 menit sekali semoga daging tidak terlalu kering. Bakar sampai matang.

  7. Angkat kemudian sajikan kambing bakar bersama saus kecap. Anda bisa melumurinya pribadi pada daging bakar ataupun dicocol, semua tergantung selera.



Rekomendasi Resep : Pancah Daging Khas Bengkulu


Mungkin sebagian orang tidak suka dengan kedaluwarsa daging kambing nya. Nah, tips dari kami untuk menghilangkan kedaluwarsa daging kambing ini bisa dengan cara menambahkan salah satu dari materi masakan seolah-olah lobak, kacang hijau, jeruk nipis, daun jambu klutuk pada rebusan daging.


Jadi, rebuslah daging kambing bersama materi masakan tadi sebelum dioleh lebih lanjut. Dengan gabungan materi masakan tadi dijamin kedaluwarsa busuk dari daging kambing akan hilang dan anda yang tidak suka dengan baunya akan menikmati Kambing Bakar Mathbi ini dengan nyaman.


Dan Kambing Bakar Mathbi ini akan cocok sekali anda buat bersama keluarga anda. Apalagi bila anda dan keluarga sangat menyukai masakan yang diolah dengan cara dibakar. Tentu saja agenda kumpul-kumpul dengan keluarga akan menjadi lebih menyenangkan.


Demikianlah Resep Kambing Bakar Mathbi yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi hidangan masakan anda hari ini.


Silahkan berikan komentar anda dan jangan lupa bagikan resepnya ya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Kambing Bakar Mathbi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel