Resep Kuliner Rendang Jengkol Yang Mantap

Resep Masakan Rendang Jengkol Yang Mantap – Banyak yang tidak suka dengan aromanya, jengkol memang terbukti mempunyai aroma khas yang tidak disukai baik dikala belum di masak maupun dikala telah diolah dan dikonsumsi. Meski mempunyai aroma khas seolah-olah itu namun siapa sangka bahwa bahu-membahu berbagai masyarakat yang doyan dengan sayur jengkol.


Nah, kalau biasanya kita mencoba berbagai masakan khas tempat yang berbau daging maka kali ini jengkol akan kita oleh menjadi sajian hidangan yang akan menciptakan keluarga kita ketagihan. Lalu mau diapakan buah jengkol ini, mau diolah seolah-olah apa? Dari pada anda ingin tau anda sanggup eksklusif siapkan buku resep atau buku catatannya untuk mencatat Resep Rendang Jengkol yang akan diberikan.


Untuk yang belum tahu, jengkol (jering) yaitu salah satu buah dari tumbuhan khas wilayah asia. Buah yang termasuk jenis polong-polongan ini bahu-membahu sudah diketahui bisa mencegah penyakit diabetes dan baik untuk jantung. Buah jengkol ini sanggup dibilang hampir sama dengan petai dalam hal aromanya. Bedanya kalau jengkol ini aroma khas-nya akan terasa lebih dahsyat kalau sudah dikonsumsi dalam tubuh contohnya dari keringat dan urine menjadi sangat khas.


Meski mempunyai karakteristik aroma yang mengganggu namun banyak masyarakat yang ternyata suka dan sering mengkonsumsi jengkol baik itu untuk lalapan maupun untuk diolah sebagai materi masakan. Hal ini terbukti dengan banyaknya pencarian mengenai beberapa informasi sebagai berikut:


– resep bumbu rendang jengkol

– resep semur jengkol sunda

– resep semur jengkol betawi

– resep rendang daging

– resep rendang jengkol pedas

– resep rendang jengkol padang

– resep rendang jengkol betawi

– resep rendang jengkol download


Pada masyarakat Indonesia, buah jengkol ini yang paling umum dikonsumsi dengan 3 tutorial yaitu:
1. Sebagai materi lalapan (dimakan mentah)
2. Dibuat rendah berkuah
3. Dibuat sambal tumis


Untuk penggemar jengkol di seluruh nusantara kali ini resep yang akan kita gunakan yaitu resep rendah untuk mengolah jengkol tersebut. Kalau anda ingin ikutan berguru menciptakan masakan rendang jengkol mantap anda sanggup mengikuti panduan berikut.


Bahan dan Bumbu Rendang Jengkol



Untuk rendang dengan materi dasar buah jengkol ini kita akan menyiapkan tiga jenis materi yaitu yang pertama materi dasar, kedua bumbu halus dan ketiga yaitu materi dan bumbu tambahan. Untuk yang ingin mencoba menciptakan masakan khas tempat yang satu ini sanggup mulai mencatat bahan-bahan tersebut sesuai pada daftar berikut.



Bahan dasar

500 gr jengkol

Untuk materi dasar kita sanggup menentukan buah jengkol yang sudah cukup tua, untuk bentuk, agar lebih menarik anda sanggup menentukan buah yang lebih pipih.



Bumbu yang dihaluskan 

50 gr cabai merah

75 gr bawang merah

3 siung bawang putih

4 biji kemiri

2 cm lengkuas muda

2 cm jahe


Untuk rasa pedas, anda sanggup juga menyesuaikannya dengan menambah atau mengurangi jumlah cabai yang digunakan. Tetapi kalau baru pertama mencoba memasaknya anda sanggup mengikuti dosis yang ada pada resep ini agar lebih mudah.



Bahan-bahan lain

5 lembar jeruk purut, rajang halus

2 lembar daun salam

1 tangkai sereh, memarkan

100 santan kental

300 ml santan encer atau air

garam secukupnya



Cara Membuat Masakan Rendang Jengkol Mantap



Jika anda berasal dari tempat maka untuk menciptakan masakan ini niscaya tidak sulit dan bahu-membahu mungkin anda tidak perlu berguru dengan resep lain. Kalau anda sebelumnya belum pernah memasak masakan rendang ini maka anda sanggup mengikuti panduan yang ada.


Untuk memasak rendang jengkol yang mantap ini anda sanggup eksklusif dengan menyiapkan semua bahan-bahannya dan mengikuti tutorial memasak dengan langkah-langkah sebagai berikut:



  1. Rebus jengkol sampai lunak, kupas dan belah

  2. Memarkan belahan jengkol dan cuci kembali (pukul-pukul belahan tengah belahan jengkol yang telah di rebus)

  3. Tumis bumbu sampai harum, tambahkan bumbu lainnya lalu masukkan jengkol dan santan encer atau air, masak sampai santan tinggal setengah.

  4. Masukkan santan kental, lanjutkan memasak sampai jengkol lembut dan santan agak mengering atau kering tergantung selera anda.

  5. Angkat dan sajikan


Cukup simpel bukan? Pasti anda sekali coba eksklusif sanggup menghasilkan sebuah sajian rendang yang mantap abis. Jika anda sudah mencoba Resep Masakan Rendang Jengkol ini selanjutnya anda sanggup berkreasi dan melakukan penyesuaian pada materi dan bumbu yang digunakan.


Resep


Satu yang niscaya bahwa untuk menerima hasil masakan yang sangat disukai maka pastikan anda memasak dengan penuh cinta. Bumbu belakang layar ini terbukti ampuh menyampaikan nyawa dan sensasi rasa yang berbeda bagi setiap masakan yang anda hasilkan. Itu saja, selamat mencoba!


Belum ada Komentar untuk "Resep Kuliner Rendang Jengkol Yang Mantap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel