Pantai Baron Gunung Kidul, Menikmati Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis








Obyek Wisata Pantai Baron – Pantai Baron merupakan salah satu objek wisata pantai di Gunungkidul yang menyampaikan pesona keindahan alamnya yang cukup mempesona, pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul atau kurang lebih 20 km arah selatan dari kota Wonosari atau sekitar 65 km dari Kota Yogyakarta. 


Selain mempunyai panorama alam yang cukup anggun dengan bentangan pasir putihnya yang luas serta deburan ombak yang menantang, Kawasan Wisata Pantai Baron Jogja ini juga terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yang mengalir ke bahari yang mampu dipakai untuk pemandian sesudah bermain di sekitar pantai. Selain itu wisatawan juga mampu menikmati aneka ikan bahari segar maupun siap saji alasannya yakni di Pantai Baron telah terdapat akomodasi berupa kawasan pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, bahtera bermesin, dan juga formasi toko yang menyampaikan berbagai jenis cinderamata mulai dari buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Cinderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron Gunungkidul ini yakni bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka huruf binatang yang juga terbuat dari kerang laut.







Ada hal yang menarik di Kawasan Pantai Baron Jogja ini, pada setiap bulan Syuro tahun Jawa masyarakat nelayan sekitar Pantai Baron menyelenggarakan Upacara Sedekah Laut yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah Yang Maha Esa atas panenan ikan yang melimpah dan keselamatan ketika mencari ikan di laut.


Sebelumnya, sebagaian besar dari penduduk di sekitar Pantai Baron bukanlah nelayan melainkan petani yang mengolah kebun. Suatu ketika ada seseorang yang memulai menangkap ikan di pinggiran pantai dan menerima banyak ikan, lalu banyak penduduk yang mengikuti orang tersebut untuk menangkap ikan.Semakin lama, ikan di pinggir pantai semakin sedikit lalu penduduk mencoba menangkap ikan ketengah bahari memakai rakit kayu. Adanya kapal di pantai ini alasannya yakni suatu ketika terjadi kejadian nelayan yang ketika menangkap ikan di tengah bahari digigit oleh ikan hiu maka kabar ini pun tersiar di mana-mana dan mengakibatkan pemerintah menyumbangkan bahtera untuk nelayan Pantai Baron.







Akses Menuju Lokasi Wisata Pantai Baron Gunung kidul



Untuk menuju ke Lokasi Kawasan Wisata Pantai Baron, ada beberapa pilihan transportasi yang mampu gunakan. Seperti  memakai taksi, bus umum, atau kendaraan eksklusif baik mobil maupun motor. Anda yang hendak ke Pantai Baron dengan memakai kendaraan umum, jalur kendaraan umum yang mampu Anda tempuh adalah: Dari Stasiun Tugu menuju Terminal Giwangan ditempuh dengan bus Trans-Jogja jurusan 1A, di shelter Bandara Adisucipto Anda harus pindah bus jalur 3B—jalur bus yang menuju Terminal Giwangan. Biaya sekali jalan yakni Rp 3.000,00-. Dari Bandara Adisucipto, Anda mampu eksklusif naik bus Trans-Jogja jalur 3B eksklusif ke Terminal Giwangan. Ongkos bus dari bandara ke Terminal Giwangan yakni Rp 3000,00-. Sesampainya di Terminal Giwangan, Anda mampu naik minibus jurusan Yogyakarta-Wonosari dengan jarak tempuh antara 1 hingga 2 jam. Setelah hingga di Wonosari, perjalanan dilanjutkan dengan minibus yang menuju Obyek Wisata Pantai Baron.Lihat juga Pantai Krakal Jogja, Wisata Pantai Dengan Pesona Alamnya yang Mempesona





Demikian sekilas mengenai Wisata Pantai Baron, supaya ulasan tentang Pantai Baron Gunung kidul, Menikmati  Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis ini mampu menjadi pola bagi anda untuk mengenal lebih dekat wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul ini. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung.





Belum ada Komentar untuk "Pantai Baron Gunung Kidul, Menikmati Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel