Cara Mudah Menciptakan Resep Fondant Sendiri

Masih sedikitnya resep Istimewa dalam koleksi ini maka hari ini kita akan membahas cara mudah menciptakan fondant sendiri sebagai acuan untuk resep-resep camilan bagus khas daerah yang mampu dikombinasikan dengan penggunaan fondant. Trend camilan bagus komitmen nikah maupun ulang tahun yang dipermanis dengan menggunakan fondant memang sedang menjamur akhir-akhir ini. Boleh jadi alasannya dikarenakan tampilan camilan bagus dengan fondant jauh lebih elok dipandang mata. Selain itu, camilan bagus jauh lebih mudah dihias dan dibentuk. 



Banyak para pembuat camilan bagus yang beropini bahwa penggunaan fondant jauh lebih mudah ketimbang butter cream untuk menghias kue. Untuk menerima fondant juga cukup mudah. Anda tinggal mendatangi toko perlengkapan bahan-bahan kue. Mereka biasanya menyediakan fondant siap pakai. Lantas bagaimana dengan Anda yang sukar menerima fondant? Jangan cemas, berikut kami rangkum bagaimana membuat fondant sendiri yang mampu Anda coba di rumah Anda.


Untuk kita yang belum pernah mencoba menciptakan sendiri kebutuhan fondant yang di butuhkan memang terkadang resah harus bagaimana. Ada niat untuk menyiapkan kebutuhan tersebut tanpa membeli tapi kadang banyak hambatan ketidaktahuan. Maka dari itu sering kali kita mencari acuan di internet berkaitan dengan kebutuhan tersebut. Biasanya kita akan berkutat menelusuri beberapa informasi berikut:


1) Resep menciptakan fondant

2) Membuat fondant tanpa gelatin

3) Tips Trick menciptakan fondant / plastic icing

4) Tips Trick menciptakan fondant cake

5) Tips Trick menciptakan fondant cupcake

6) Tips Trick menciptakan fondant untuk hiasan cake

7) Tips Trick menciptakan fondant icing sugar

8) Tips Trick menciptakan fondant sederhana


Beberapa hal di atas sering sekali kita cari informasinya. Namun alasannya adalah memang baru pertama jadi akan terasa sedikit sulit dan kurang percaya diri. Nah, untuk melengkapi berbagai tips memasak yang sudah ada maka kita akan perdalam pembahasan mengenai hal ini.



Bahan-Bahan Fondant


Untuk menciptakan fondant kita diantaranya memerlukan gula bubuk, gelatin dan juga gliserin. Adapun bahan-bahan lain yang dibutuhkan dalam menciptakan fondant adalah sebagai berikut:



  • Gula debu sebanyak 1 kilogram.

  • Gelatin debu (pilih yang telah menerima label halal dari MUI) sebanyak 10 gram.

  • Gliserin sebanyak 6 mililiter. Bahan yang satu ini mampu dibeli di toko camilan bagus pun apotik. Ia merupakan pemanis buatan yang kondusif dikonsumsi manusia.

  • Sirup gula sebanyak 120 mililiter. Anda juga intinya mampu membuatnya sendiri, caranya cukup masak gula pasir sebanyak 100 gram bersama dengan 80 mililiter air. Masak hingga gula kemudian larut bersama air.

  • Air hambar sebanyak 60 mililiter.

  • Tetes Aroma mampu pisang, vanilla, zitrone atau sesuai dengan selera Anda. Untuk resep fondant ini, hanya dibutuhkan 5 tetes saja.

  • Tepung maizena, secukupnya.

  • Garam debu sebanyak ¼ sendok teh.


Tips Trick Praktis Membuat Fondant Sendiri


Dalam mencoba sesuatu yang baru penting sekali untuk tidak merasa takut akan kesalahan. Begitupun dengan ketika kita mencoba menciptakan fondan ini. Setelah semua bahan-bahan siap, saatnya Anda memulai langkah pembuatan fondant. Silahkan ikuti langkah demi langkah yang dipaparkan di bawah ini secara lengkap dan jelas. Langkah membuatnya sebagai berikut:



  1. Pertama, gelatin debu yang telah disiapkan di tuang ke dalam wadah dan kemudian ditambahkan air sebanyak 60 mililiter tadi dan diamkan hingga gelatin menyerap air tersebut.

  2. Selanjutnya, sirup gula yang sedang dalam keadaan hangat di masukkan ke dalam gelatin bersama dengan gliserin sebanyak 6 mililiter, tetes aroma sebanyak 5 kali dan juga garam debu secukupnya. Aduk semua materi tersebut hingga rata sempurna. Diamkan cairan ini hingga dingin.

  3. Langkah berikutnya adalah menambahkan gula bubuk. Caranya, tuang gula debu pada wadah yang lebar (di meja yang untuk uleni juga bisa). Pada tengah debu gula tersebut dibuat sebuah lingkaran. Kemudian, cairan gliserin dan materi lain yang dibuat pada langkah sebelumnya dituangkan tepat di tengah gula debu tersebut. Pastikan Anda meratakan cairan tersebut dengan gula menggunakan spatula atau scrabber. Jangan pakai tangan alasannya adalah akan lengket dan juga kurang steril.

  4. Langkah terakhir adalah menambahkan tepung maizena bertahap pada adonan di langkah sebelumnya. Jangan terlalu lembek dan juga terlalu keras. Setelah jadi, adonan (yang disebut fondant) tersebut sebaiknya dibuat bulatan dan dibungkus dengan plastik. Simpan di dalam ruangan dengan suhu normal semalaman penuh. Keesokan harinya, fondant Anda sudah siap digunakan.



Masih

Bagaimana, cara menciptakan fondant cukup mudah bukan? Kini Anda sudah mampu menghias camilan bagus Istimewa untuk hari yang juga Istimewa dengan fondant buatan Anda sendiri. Yang terpenting adalah ada niat kita untuk mencar ilmu menyiapkan sendiri apa yang dibutuhkan tersebut. Makanya, tidak salah dan tidak rugi jikalau kita sering-sering berkunjung ke situs resep kuliner ini untuk menerima berbagai acuan yang kita butuhkan. Ya sudah, selamat berkreasi ya!


Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menciptakan Resep Fondant Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel