Resep Ayam Panggang Kacang Pontianak Kalimantan Barat

Hobi dengan sajian ayam panggang, sudah pernah mencoba resep ayam panggang khas Pontianak? Kalau belum mari coba memasak resep ayam panggang kacang yang berasal dari kawasan Pontianak Kalimantan Barat tersebut. Tidak sudah kok, tinggal siapkan bahan dan bumbu kemudian ikuti langkah “cara menciptakan ayam panggang kacang” yang sudah disediakan.


Sesuai dengan namanya, kuliner Samarinda kali ini yaitu salah satu resep variasi ayam panggang yang dimasak dengan memakai bumbu kacang. Untuk anda yang hobi dengan jenis kuliner ayam tidak ada salahnya mencoba kuliner nusantara ini sebagai salah satu sajian spesial. 



Tutorial menciptakan kuliner ini tidaklah begitu sulit, pertama kita siapkan saja bahan dan bumbu-bumbu yang akan dipakai kemudian ikuti langkah tutorial menciptakan ayam panggang kacang Pontianak yang akan disertakan. Untuk bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan, silahkan siapkan sesuai daftar berikut!























Bahan Dasar



Ayam belah 4

Kacang tanah, sangrai, kupas, tumbuk kasar

Kecap manis

Margarin

Merica bubuk

Jeruk limau, ambil airnya



1 ekor ± 1 ½ kg

150 gr

5-6 sdm

1 sdm

½ sdt

Secukupnya




Bahan Dasar



Cabai merah keriting

Bawang putih

Bawang merah

Merica bulat

Asam



2 bh

5 siung

3 buah

1 sdt

1 sdt




Setelah bahan dan bumbu siap, jangan lupa siapkan juga alat masak yang dibutuhkan menyerupai pisau penggorengan dan lain sebagainya. Kalau sudah siap semua untuk memasaknya ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:




  • Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak goreng, masukkan ayam dan 3 sdm kecap manis, aduk rata sampai ayam kaku, beri air 500ml, masak sampai cukup lunak dan air hampir habis.

  • Panggang diatas bara api atau panggangan (grill) sambil dioles sisa bumbu.

  • Angkat sesudah agak gosong, memarkan, sisihkan.

  • Panaskan margarin, beri 3-4 sdm kecap manis, 50 ml air, merica dan kacang tanah, masukkan ayam panggang, aduk rata

  • Angkat dan beri perasan air jeruk, sajikan


Selesai sudah resep ayam panggang kacang Pontianak Kalimantan Barat tersebut. Sekarang giliran kita untuk pribadi mencoba rasa kuliner khas kawasan tersebut. Jangan lupa, bila berkenan kita bisa mengkreasikan tutorial penyajian sajian kawasan tersebut sesuai selera masing masing contohnya dengan menambahkan sambal atau lalapan.



Belum ada Komentar untuk "Resep Ayam Panggang Kacang Pontianak Kalimantan Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel