Kue Timphan – Resep Kuliner Ringan Anggun Tradisional Orisinil Aceh

Untuk hari-hari tertentu kita sering menyiapkan resep-resep ringan Istimewa untuk keluarga di rumah. Salah satunya ialah sajian masakan ringan cantik khas daerah sebagai pendamping waktu kalem bersama keluarga. Kue timphan khas Aceh bisa menjadi pilihan kita dalam menyajikan resep masakan ringan cantik tradisional, dan kali ini kita akan coba “membuat Kue Timphan – Resep Kue Tradisional Asli Aceh” tersebut.


Kue Timphan merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari materi dasar ketan mirip jajanan khas daerah lainnya. Kue ini memadukan tepung ketan dengan santan serta buah pisang muda. Rasa khas dari masakan ringan cantik tempat ini makin terasa dengan paduan irisan nangka masak dengan aroma segar daun pandan dan vanili.


Cemilan ini biasanya banyak disajikan pada hari-hari tertentu saja mirip hari raya namun alasannya yaitu resep masakan ringan cantik ini sudah banyak yang dimuat maka kapanpun kita bisa menyajikannya di rumah kita. Untuk memasak masakan ringan cantik timphan caranya tidaklah sulit mirip tutorial memasak kue-kue tempat lain pada umumnya. Secara sederhana kita hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk bisa menghidangkan cemilan khas tempat tersebut.


Bahan dan Tutorial Membuat Kue Timphan Asli Aceh


Bagi anda yang ingin mencoba resep masakan ringan cantik orisinil tempat Aceh ini bisa dengan praktis memasaknya dengan panduan berikut. Pertama-tama kita siapkan saja bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatan masakan ringan cantik timphan tersebut. Bahan-bahan tersebut selengkapnya mirip pada daftar dibawah ini.























Bahan Dasar



Tepung ketan

Santan kental

Air kapur sirih

Garam

Pisang raja dihaluskan

Daun pisang muda



200 gram

2 sdm

1 sdm

¼ sdt

250 gram

Secukupnya



Bahan Dasar



Telur ayam

Santan kental

Gula pasir

Nangka masak cincang kecil

Tepung terigu

Daun pandan

Kelapa muda parut halus

Vanili



2 butir

50 ml

100 gram

25 gram

½ sdt

1 lembar

50 gram

¼ sdt




Setelah semua materi yang dibutuhkan siap jangan lupa siapkan beberapa alat masak yang akan kita pergunakan. Setelah itu untuk tutorial memasaknya silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut !



  • Aduk tepung ketan dan pisang yang sudah dihaluskan serta santan, air kapur dan garam sampai tercampur rata. Adonan ini dipakai untuk kulit.

  • Ambil daun pisang olesi dengan minyak kemudian tipiskan campuran kulit, beri campuran isi kemudian digulung, dibungkus mirip lontong kecil, kukus sampai matang selama kurang lebih 10 menit.

  • Buat campuran isi : kocok telur dan gula sampai kental dengan mixer, masukkan tepung terigu dan santan, aduk rata, tambahkan nangka dan kelapa muda, beri daun pandan, masak sampai kental, angkat, beri vanili, aduk rata.

  • Setelah matang, dinginkan dan gunakan sebagai isi timphan.



Saran Penyajian Kue Timphan


Kue timphan ini hampir sama dengan masakan ringan cantik tempat lain mirip masakan ringan cantik lambangsari/nagasari dan masakan ringan cantik lemet singkong alhasil masakan ringan cantik ini sangatlah cocok disajikan untuk sahabat kalem disore hari sambil berkumpul dengan keluarga tercinta. Cocoknya masakan ringan cantik ini kita gunakan sebagai sahabat minum kopi atau teh baik itu disore hari maupun dipagi hari.


Kue ini akan terasa lebih mantap dan nikmat jikalau dihidangkan ketika hangat dengan beberapa pendamping atau masakan ringan cantik lain yang bersifat crispy.


Kalau sebelumnya masakan ringan cantik yang kita sajikan tidak begitu bervariasi dengan adanya resep masakan ringan cantik tempat Aceh ini maka kue-kue yang bisa kita hidangkan makin banyak lagi. Semoga resep diatas bisa menambah pengetahuan dan rujukan masakan Aceh yang bisa kita sajikan. Demikian, selamat mencoba dan sampai bertemu dengan hidangan Aceh berikutnya.


Belum ada Komentar untuk "Kue Timphan – Resep Kuliner Ringan Anggun Tradisional Orisinil Aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel