Membuat Sajian Ayam Isi Dibulu Khas Manado

Masih dengan masakan daerah yang berasal dari Manado kali ini kita akan berkreasi dengan hidangan lain yakni ayam isi dibulu. “Ayam isi dibulu khas Manado” ini merupakan masakan ayam yang dimasak dan dimasukkan kedalam bumbu atau yang biasa disebut bulu oleh masyarakat Manado. Ingin tahu bagaimana cara menciptakan ayam isi dibulu tersebut, mari kita simak klarifikasi berikut.


Ayam isi dibulu yakni sejenis masakan khas Sulawesi yang memakai kombinasi pematangan yang sedikit unik dimana masakan akan memakai bambu dalam pengolahannya. Yang lebih resep khas Manado tersebut memakai kombinasi materi yang jarang dipakai seakan-akan memakai ayam dengan telur. 



Sebagai masakan khas, hidangan ayam isi dibulu ini tergolong simpel dalam memasaknya. Selain menyiapkan bahan, bumbu dan alat masak yang dipakai saya hitung hanya ada 7 langkah yang perlu kita lakukan untuk menyajikan santapan nusantara yang nikmat tersebut.


Bahan dan Tutorial Membuat Ayam Isi Dibulu Khas Manado


Masakan khas Manado ini memakai beberapa racikan bumbu yang sedikit berbeda dengan masakan lain. Masakan ini memakai materi dasar, materi bumbu iris yang halus dan materi bumbu utuh. Bahan dan bumbu-bumbu tersebut bisa disiapkan langsung sesuai daftar yang telah disiapkan dibawah ini.































Bahan Dasar



Ayam

Telur, dikocok

Air jeruk

Garam

Air

Bulu/ Bambu yang agak besar



1 ekor

2 butir

2 sdm

secukunya

sedikit saja

Secukupnya




Bumbu Diiris Kecil



Daun bawang

Cabe merah

Bawang putih

Tomat hijau



2 batang

sesuai selera

3 siung

4 buah




Bumbu Utuh



Daun kemangi

Cabe hijau

Daun jeruk



1 ikat

Sesuai selera

5 lembar




Selain menyiapkan materi dan bumbu yang dipakai untuk memasak ayam isi dibulu silahkan gunakan dosis yang sudah ada di atas. Apabila anda ingin melakukan improvisasi silahkan saja supaya masakan ini menjadi sebuah kreasi masakan yang lebih sesuai dengan lidah keluarga di rumah.


Setelah semuanya siap silahkan ikuti langkah tips trick memasaknya sesuai dengan langkah-langkah menciptakan hidangan tersebut berikut ini.



  • Bersihkan ayam dan potong sesuai selera.

  • Rendam ayam dalam air garam dan lumuri dengan air jeruk ± 20 menit.

  • Campur ayam dengan bumbu bumbu yang telah diiris-iris kecil, kemangi, cabai hijau juga daun bawang.

  • Masak ayam dengan menambahkan sedikit air.

  • Setelah mendidih kecilkan api, dibiarkan bumbu meresap dan ayam empuk dan kuahnya agak mengering.

  • Masukan kocokan telur, dan aduk-aduk terus hingga telur masak dan merata, dan meresap bumbunya, ditambah garam aduk kemudian diamkan sebentar, angkat hidangkan hangat.

  • Ayam sanggup dimasukan dalam bulu dan dipanggang, atau dibungkus dengan daun pisang atau aluminium foil kemudian di panggang dalam oven.



Saran Penyajian Menu Ayam Isi Dibulu


Untuk penyajian, hidangan ayam isi tersebut bisa disajikan hangat dengan nasi putih untuk keluarga tercinta di rumah. Selain itu, anda bisa melakukan sedikit kreasi dengan menyajikan hidangan ini dengan beberapa suplemen lalapan, atau hidangan khas Manado lain yang segera akan menyusul.


Belum ada Komentar untuk "Membuat Sajian Ayam Isi Dibulu Khas Manado"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel