Ayam Cincane – Makanan Khas Samarinda

Hari ini kita akan mencoba sebuah resep baru yang cukup populer di daerah asalnya yakni masakan ayam cincane. Masakan ayam cincane ini merupakan salah satu sajian Istimewa dalam program tertentu di daerah Samarinda Kalimantan Timur. Agar tidak ingin tau kita akan mengulas “cara menciptakan makanan ayam cincane” tersebut.


Biasanya, makanan ini dijadikan hidangan utama saat masyarakat Samarinda menyelanggarakan pesta pernikahan atau program menyambut tamu kehormatan. Ketika sedang berwisata makanan ke kota Samarinda, menu Ayam Khas ini bisa dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari Ayam Cincane.


Bahan dan Bumbu Masakan Ayam Cincane


Untuk bisa mencicipi rasa dari makanan Samarinda ini tentunya kita harus tiba langsung ke daerah asalnya atau kita bisa mencoba memasak sajian khas daerah tersebut di dapur kita masing-masing. Jika berniat mencoba makanan ini mari langsung siapkan materi dan bumbu yang diperlukan seolah-olah pada daftar berikut!





















Bahan Dasar



Ayam kampung, potong 4 bagian

Minyak

Jahe

Lengkuas

Daun salam

Serai, memarkan

Gula merah

Garam

Santan



1 ekor

3 sdm

3 cm

3 cm

2 lbr

2 btg

2 sdm

1 sdt

500 ml




Bahan Bumbu



Cabai merah

Bawang merah

Bawang putih

Terasi



12 bh

6 bh

4 siung

1 sdt





Kalau sudah siap dengan materi dan bumbu-bumbu yang akan digunakan untuk memasak ayam cincane maka kita bisa langsung menuju dapur sehat kita dan mulai berkreasi dengan resep makanan Samarinda tersebut.


Tips Trick Membuat Ayam Cincane Khas Samarinda


Kenikmatan makanan ini bisa anda temukan mulai dari cicipan pertama. Daging ayam kampung dinilai terasa lebih gurih kalau dibandingkan dengan daging ayam potong. Kuliner ini semakin terasa nikmat, saat daging ayamnya bercampur dengan bumbu Cincane. Penasaran, langsung kita coba masak sajian tersebut dengan panduan sebagai berikut:




  • Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam dan serai, masak hingga harum dan matang.

  • Masukkan ayam, masak hingga ayam berubah warna, kemudian tambahkan gula merah, dan garam, tuang santan, masak hingga santan mengering.

  • Masukkan ayam dalam pinggan tahan panas, panggang dalam panggangan panas 200 derajat Celcius, selama 30 menit. 

  • Angkat, hidangkan.



Di kota Samarinda, seporsi Ayam Cincane umumnya dihidangkan bersama dengan sepiring nasi putih. Sebagai suplemen hidangan, sajian ini dihidangkan bersama dengan sambal yang terbuat dari cabai merah, cabai rawit, tomat merah, serta garam. Untuk menambah kenikmatan rasa, di dalam sambal itu juga diberi sedikit perasan air jeruk nipis.

Belum ada Komentar untuk "Ayam Cincane – Makanan Khas Samarinda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel