Mencoba Menu Gulai Kulak Kukuk Dari Lampung

Untuk yang berasal dari kawasan Lampung pastinya sudah tidak aneh dengan sajian ini namun bagi kita yang bukan berasal dari kawasan tersebut makanan gulai kulak kukuk ini merupakan sajian nusantara unik yang harus kita coba. Pada kreasi makanan khas kawasan kali ini kita akan mencoba mencicipi sajian dari Lampung tersebut dengan memasaknya sendiri di rumah.


Karena makanan ini merupakan makanan yang berasal dari kawasan maka sudah niscaya rasa makanan ini sesuai dengan menu-menu khas dari kawasan asalnya yaitu Lampung. Masakan yang berbahan utama labu merah dan juga jamur krikit mempunyai cita rasa yummy yang khas seolah-olah kebanyakan makanan dari Lampung. Hampir sama dengan menu-menu gulai lainnya, gulai kulak kukuk memakai kombinasi rempah bumbu khas yang banyak dipakai dalam memasak. Bagi yang ingin mencoba memasak sajian ini tips trick menciptakan makanan khas Lampung yang satu ini pun tidak begitu sulit.


Bahan dan Bumbu Gulai Kulak Kukuk


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makanan ini memakai materi utama labu parang atau labu merah dan juga jamur krikit. Selain itu materi bumbu yang dipakai hampir sama dengan bumbu gulai lainnya. Untuk semua materi dan bumbu-bumbu yang dipakai dalam makanan ini yaitu seolah-olah pada daftar berikut.






















Bahan Dasar



Labu parang/ labu merah, potong dadu

Jamur krikit/ kulak kukut, rendam 1 jam, tumbuk setengah halus.

Pete kupas, belah 2

Kelapa tua, ambil santannya

Daun salam

Lengkuas, memarkan



¼ potong

250 gram


1 papan

1 butir

2 lembar

1 kerat




Bahan Bumbu Halus



Kemiri

Bawang merah

Cabai merah

Garam

Gula



10 butir

5 butir

8 buah

Secukupnya

Secukupnya




Daftar materi dan bumbu yang ada di atas bisa kita gunakan untuk mencoba memasak gulai khas Lampung ini lantaran yakni telah disertakan dengan ukuran atau takarannya. Yang berminat mencoba memasaknya tinggal siapkan materi yang ada di atas dan ikuti tips trick membuatnya dibagian bawah.


Mencoba Membuat Masakan Gulai Kulak Kukuk


Bagi kita pecinta makanan khas kawasan tentunya makanan yang satu ini juga menjadi salah satu resep yang harus kita coba. Untuk itulah pada kesempatan ini tidak lupa disertakan juga panduan memasak gulai kulak kukuk dari Lampung untuk kita yang ingin mencoba sajian tersebut. Untuk menciptakan makanan ini silahkan ikuti langkah berikut:



  • Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum.

  • Masukkan jamur krikit, pete dan santan, masak sambil diaduk.

  • Masukkan labu parang , masak hingga matang.

  • Angkat dan sajiakan dengan nasi hangat.


Sebagai pemanis untuk sajian Istimewa ini, kita bisa menciptakan sebuah kreasi gres dari resep orisinil kawasan ini dengan mengkombinasikan atau mengganti materi dan bumbu yang digunakan. Tentunya jikalau kita sudah puas mencicipi lezatnya sajian tersebut barulah kita sanggup berkreasi dengan resep yang ada. Salah satu kreasi yang bisa dilakukan yakni dalam hal penggunaan materi pete (petai). Karena tidak semua menikmati makanan dengan adonan materi pete ini maka kita bisa menggantinya dengan materi lain atau mengurangi atau juga menghilangkannya.


Mencoba resep-resep orisinil kawasan memang akan selalu menjadi pengalaman menarik yang akan kita rindukan. Semoga saja, artikel makanan khas kawasan yang membahas mengenai Mencoba Menu Gulai Kulak Kukuk dari Lampung kali ini bisa menambah acuan untuk pecinta makanan kawasan semuanya. Sampai disini, selamat mencoba!


Belum ada Komentar untuk "Mencoba Menu Gulai Kulak Kukuk Dari Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel