Membuat Kuliner Gurih Gecak Sape Dari Ntb

Yuk nyoba masakan gres lagi ialah masakan dari Nusa Tenggara Barat yang bernama gecak sape, belum pernah nyoba masakan ini bukan? Buat sobat yang suka dengan masakan gurih maka menciptakan masakan gecak sape ini akan menjadi pilihan yang mengesankan alasannya ialah itulah pada kesempatan ini akan kita kupas habis lezatnya.


Masakan gesak sape yakni salah satu masakan kawasan yang terbuat dari tetelan serta jeroan sapi. Tetelan yakni episode daging sapi yang bekerjsama merupakan sisa daging yang menempel pada tulang. Daging ini berupa adonan daging, urat, lemak dan sebagainya. Tetelan telah dikelupas dari tulang dan dipotong-potong. Biasa daging ini dipakai untuk sup atau rawon. Tidak berbeda jauh dengan masakan dari daging lainnya, masakan ini juga memakai santan kelapa dan juga berbagai rempah bumbu yang lengkap. Karena gurihnya, masakan ini sudah banyak yang mengenal dan menyukainya baik itu oleh mereka yang berasal dari NTB maupun dari tempat lain.


Untuk menciptakan hidangan tempat ini kita harus mempersiapkan lebih banyak materi dan bumbu tidak seolah-olah biasanya, tetapi untuk tutorial menciptakan masakan ini kita tidak akan kewalahan alasannya ialah tutorial menciptakan gegak sape masih tergolong mudah.


Bahan Dasar dan Bumbu Gecak Sape


Jika ingin ikut mencoba berwisata masakan dengan resep NBT tersebut pertama-tama kita harus langsung mempersiapkan bahan-bahan dasar serta bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Jangan khawatir alasannya ialah materi dan bumbunya sudah dituliskan dalam daftar di bawah ini. Rekan semua tinggal menyiapkannya sesuai dosis yang tertera pada daftar.























Bahan Dasar



Tetelan, potong-potong, rebus matang

Babat sapi, rebus, potong-potong

Hati sapi, rebus, potong-potong

Limpa sapi, rebus, potong-potong

Kelapa parut, sangrai kecokelatan, haluskan

Bawang merah, iris tipis

Wijen

Daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus

Merica bubuk

Belimbing sayur, iris tipis

Air jeruk limau

Garam

Gula merah

Cengkeh bubuk

Lengkuas, memarkan

Kaldu

Santan dari ½ btr kelapa

Minyak goreng

Bawang goreng untuk menyajikan



300 gr

200 gr

200 gr

250 gr

50 gr

8 btr

50 gr

3 lbr

¼ sdt

4 bh

½ sdt

½ sdt

½ sdt

1/8 sdt

2 cm

750 ml

400 ml

3 sdm

5 sdm




Bumbu Halus



Kemiri

Cabai merah



4 btr

5 bh




Sudah siap, nanti hirau taacuh loe…. Ah, sudah-sudah, kalau bahan-bahan dan bumbu dalam daftar tersebut sudah ada di meja semuanya itu berarti kita sudah siap untuk memasaknya. Caranya silahkan lihat pada uraian selanjutnya tetapi jangan lupa di cek terlebih dahulu semua perkakas yang akan dipakai apakah sudah higienis semua atau belum seolah-olah contohnya penggorengan, panti, kompor dan alat-alat dapur lainnya.


Tips Trick Membuat Masakan Gurih Gecak Sape dari NTB


Kalau sudah siap semuanya langsung saja ikuti panduan memasak hidangan gecak sape seolah-olah yang tertulis pada uraian berikut.



  • Pertama-tama tumis bumbu halus dan bawang merah iris sampai harum.

  • Kemudian tuang kaldu, didihkan, masukkan cengkeh bubuk, kelapa sangrai parut, merica, wijen, daun jeruk, lengkuas, garam dan gula, aduk, 

  • Masak sampai mendidih.

  • Tuang santan, tambahkan tetelan, jerohan, air jeruk limau, belimbing sayur, . aduk.

  • Masak sampai kuah agak kental.

  • Angkat, sajikan dengan bawang goreng.


Langkah utamanya cuma itu kok, tapi tentunya sebelum mengikuti langkah memasak di atas pertama sudah harus disiapkan terlebih dahulu seolah-olah contohnya menghaluskan bumbu-bumbu, menyediakan irisan bawang merah, menyangrai kelapa parut dan lain-lain. Kalau sudah barulah bisa memulai langkah di atas sesuai urutan.


Sampai disini saja, selamat mencoba. Jangan lupa menu-menu khas nusa tenggara barat lainnya juga sudah menunggu antrian untuk dicoba, pastikan rekan semua juga melihat resep-resep lain yang diinginkan. Semua gratis untuk pengunjung setia blog ini.


Belum ada Komentar untuk "Membuat Kuliner Gurih Gecak Sape Dari Ntb"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel