Menu Unik Kakap Kukus Sayuran Dari Kalteng

Menu yang akan kita coba rasakan pada kesempatan ini yakni salah satu menu unik nusantara yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) yaitu Menu Unik Kakap Kukus Sayuran dari Kalteng. Pada artikel resep khas daerah ini akan kita bahas seputar menu tersebut mulai dari asal usul, bahan dan bumbu masak yang digunakan sampai dengan proses menciptakan menu tersebut.


Kakap kukus sayuran yakni salah satu menu khas daerah yang populer di daerah Kalimantan khususnya Kalteng. Menu ini terbuat dari bahan dasar fillet ikan kakap merah dengan gabungan banyak sekali sayuran segar. Untuk bahan sayuran sendiri, digunakan beberapa kombinasi sayuran yang cocok seolah-olah wortel, buncis dan juga brokoli. Selain itu digunakan juga kentang kukus setengah matang yang diiris. Tutorial menciptakan kuliner ini tidaklah rumit dan rasanya rekan cukup umur putri dan kaum ibu di rumah niscaya bisa membuatnya sendiri.


Untuk bumbu-bumbu yang digunakan kuliner ini seolah-olah juga kuliner nusantara lainnya memakai bumbu rempah yang beragam. Diantara bumbu-bumbu tersebut yaitu bawang merah dan bawang putih dan juga gabungan bawang bombai.


Bahan Dasar dan Bumbu Kakap Kukus Sayuran


Ikan Kakap yakni bahan kuliner yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan Kakap mengandung energi sebesar 92 kilokalori, protein 20 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Ikan Kakap juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Kakap, dengan jumlah yang bisa dimakan sebanyak 80 %. (Sumber: )


Rekan cukup umur putri dan kaum ibu yang ingin mencoba menghidangkan kuliner ini tentunya harus menyiapkan segala hal yang dibutuhkan seolah-olah menyiapkan alat dapur yang akan dipakai, menyiapkan bumbu-bumbu dan juga menyediakan semua bahan dasar yang diperlukan. Agar tidak repot, berikut sudah disiapkan daftar bahan dan bumbu yang harus disediakan untuk kuliner unik ini. Silahkan siapkan sesuai daftar berikut!























Bahan Dasar



Fillet ikan kakap merah

Wortel, potong kecil

Buncis, potong-potong

Kentang, kukus setengah matang, iris

Brokoli

Alumunium foil



2 ptg  ± 150 gram

1 bh

100 gr

2 bh

100 gr

untuk membungkus




Bahan Dasar Saus



Margarin

Garam

Merica bubuk

Bawang putih, cincang halus

Bawang bombai, cincang halus

Peterseli cincang



5 sdm

¼ sdt

¼ sdt

2 siung

½ bh

1 sdt




Untuk menghasilkan cita rasa yang sesuai dengan resep orisinil daerah tersebut maka sebaiknya bahan dan bumbu di atas disiapkan sesuai dengan kebutuhan dan dosis yang ada. Untuk selainjutnya pada kesempatan lain kita bisa mengkombinasikan resep di atas menjadi kreasi kuliner yang sesuai dengan lidah masing-masing.


Tutorial Membuat Menu Unik Kakap Kukus Sayuran dari Kalteng


Tahap pertama dalam menciptakan menu unik ini yakni kita akan menyiapkan saus yang dibutuhkan. Setelah itu kemudian kita akan meracik atau membungkus saus dan bahan dasar kedalam bahan alumunium foil yang sudah kita siapkan sebelumnya. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti panduan tips trick menciptakan kakap kukus sayuran berikut ini.



  • Kocok margarin dengan garpu sampai agak lembut, masukkan garam, merica, bawang putih, bawang bombai dan peterseli, aduk rata.

  • Ambil selembar kertas aluminium foil, tata ikan, kentang, wortel, buncis dan brokoli, tambahkan saus di atasnya dan tutup, kukus selama 20 menit, angkat.

  • Sajikan hangat dengan daun selada, tomat dan nasi. Selamat mencoba.


Mudah bukan untuk memasak menu dari Kalimantan tersebut, kini silahkan dicoba di rumah masing-masing untuk menikmati menu nusantara yang kaya akan rasa. Kalau sudah puas dengan menu tadi silahkan berkreasi sesuai dengan selera untuk menghasilkan cita rasa sesuai selera. Jangan lupa lihat juga banyak sekali menu unik nusantara lainnya dibagian tamat artikel ini. Sampai bertemu di resep nusantara berikutnya.


Belum ada Komentar untuk "Menu Unik Kakap Kukus Sayuran Dari Kalteng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel