Gunung Singgalang, Gunung Mempesona Nan Misitis

Singgalang merupakan gunung di sebelah Barat Gunung Merapi yang merupakan tandem dari Gunung Tandikek. Gunung dengan ketinggian 2.877 MDPL ini terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Gunung ini populer dengan pesona Hutan Lumut dan Telaga Dewi yang berada di puncak Gunung.


Terdapat tiga jalur untuk mendaki Gunung Singgalang, dua jalur gratis adalah via Balingka dan Toboh di Malalak Timur, namun kedua jalur gratis ini kini tidak digunakan lagi alasannya medan terlalu berat, terlalu menyeramkan (berdasarkan dongeng rakyat) dan jalur tersebut sudah tertutup semak kembali. Sangat dianjurkan menggunakan jalur di Koto Baru, lokasi start berada sekitar 18 km dari Kota Bukittinggi.











Gunung Singgalang (@udafanz)

Ada banyak pesona yang mampu ditemui di Gunung Berapi tidak aktif yang sangat lembab dan berkabut ini. Mulai dari keanekaragaman tanaman yang menghiasi, Pemandangan Gunung Merapi, Pemandangan kota Bukittinggi dan Padang Panjang, pesona Hutan Lumut Singgalang dan Indahnya 2 telaga misterius di Gunung ini.











Telaga Dewi Singgalang (@riemba)

Disamping itu, pengunjung diharapkan berhati-hati dan menjaga perilaku di hutan belantara ini, percaya atau tidak percaya banyak sekali makhluk mistis seakan-akan Harimau Singgalang (Inyiak), Orang Bunian (Sibunian), Hantu Aru-aru, Birungkang, Cindaku serta Si Bigau yang mempunyai legenda tersendiri dalam masyarakat konon ada di hutan Singgalang. Walaupun demikian, Singgalang tetap menjadi Gunung yang sangat diminati oleh para pendaki.











Hutan Lumut Singgalang (@154n_ihsan_hadi)

Sebuah tugu untuk mengenang dua orang yang hilang dan tak pernah ditemukan di gunung Singgalang juga dibuat. Selain untuk mengenang para pendaki yang hilang tersebut, tugu yang bernama Galapagos juga memperingati para pengunjung agar hati-hati dan menjaga perilaku “Terbanglah engkau wahai Sang Elang, walau tinggi ke angkasa ikuti angin takdir… suatu saat mungkin kami akan bersamamu” itulah goresan pena di tugu tersebut. Anda Merinding?
Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Gunung Singgalang, Gunung Mempesona Nan Misitis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel