Iran Balas Cemoohan As Dengan Melaksanakan Serangkaian Uji Coba Nuklir

Iran menyatakan bahwa hasil uji coba rudal jarak menengah berjalan sukses, selang beberapa hari sesudah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyerukan bahwa Iran ke dalam kelompok kecil berisi rezim begundal.


Peluncuran rudal iran yang berjulukan Khoramshahr yaitu rudal dengan jarak jangkau 2.000 kilometer yang disiarkan oleh stasiun televisi nasional Iran. Namun kabar tersebut belum diketahui secara niscaya kapan uji coba itu berlangsung.


Iran Balas Cemoohan AS dengan Melakukan Serangkaian Uji Coba Nuklir


Iran


Dalam pernyataan resminya, Presiden iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa Iran berkeinginan meningkatkan kekuatan militernya “sebagai penggentar”.


Uji coba rudal Khoramshahr itu berlangsung selang empat hari sesudah presiden Amerika Donald Trump berpidato di markas PBB. Ketika itu, ia menyebut bahwa negara Iran berada di antara “negara/kelompok kecil berisi rezim begundal” dan pemerintah Iran pun bertekad mengincar “kematian dan kehancuran”.


Soal janji antara AS dan Iran saat pemerintahan Amerika masih dipimpin oleh Barack Obama, Donald Trump menyebut bahwa hal tersebut sangat memalukan bagi AS.


Hassan Rouhani kemudian membalas pernyataan Donald Trump dengan menjuluki Trump  sebagai bajingan gres dalam kancah politik internasional. Hassan Rouhani juga mengecam bahwa perilaku Donald Trump yang bebal, absurd, dan melancarkan retorika kebencian kepada seluruh dunia.


Hubungan antara AS dan Iran berada pada babak gres dikala Donald  Trump menjabat. Trump juga mengumumkan serangkaian hukuman terhadap negara Iran pada Juli kemudian atas tuduha pinjaman Teheran kepada sejumlah organisasi teroris dan pengembangan rudal balistik.


Amerika juga menerapkan sejumlah hukuman gres terhadap Iran sesudah pihak iran melaksanakan uji coba rudal balistik pada Januari 2017 lalu. Amerika beralasan peluncuran rudal tersebut melanggar janji antara negara Iran dan 6 negara yang bertujuan membatasi program nuklir demi pencabutan sanksi-sanksi yang telah dijatuhkan.


Belum ada Komentar untuk "Iran Balas Cemoohan As Dengan Melaksanakan Serangkaian Uji Coba Nuklir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel