Resep Dan Tutorial Menciptakan Payeh Bileh

Resep Masakan Ikan (Resep Masakan Khas Aceh) – Orang-orang Aceh niscaya sudah tidak gila lagi dengan resep dan tutorial menciptakan payeh bileh alasannya yakni yaitu makanan ini merupakan resep khas yang diturunkan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka.


Bagi Anda yang tidak mengetahui apa tu payeh bileh, payeh bileh merupakan makanan khas aceh sejenis pepes ikan teri yang dimasak dengan daun pisang dicampur dengan aneka macam bumbu atau rempah-rempah khas Aceh.


Masakan ini memang merupakan makanan yang hampir setiap hari mereka nikmati, mampu dibilang ini merupakan makanan sehari-hari mereka.


Sebenarnya disetiap tempat mempunyai resep pepes ikan teri masing-masing dan mempunyai ciri khas tersendiri. Namun, yang membedakan yakni tutorial menciptakan dan bahan-bahan yang dipakai pun berbeda.


Hal ini alasannya yakni yaitu ikan teri merupakan ikan yang menjadi kesukaan semua lapisan masyarakat di Indonesia. Tidak hanya alasannya yakni yaitu ikan teri simpel didapat dengan harga yang cukup murah, ikan teri juga mempunyai kandungan gizi yang tidak kalah dengan jenis ikan lainnya.


Dikutip dari manfaat(dot)co(dot)id, setidaknya ikan teri ini mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Protein yang dikandung oleh ikan teri sangat baik untuk masa pertumbuhan anak, kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi, zat besi sangat baik untuk menambah darah serta mencegah anemia.


Selain itu, vitamin A pun sangat mengagumkan untuk kesehatan mata, vitamin B1 membantu proses oksidasi tubuh, ikan teri mengandung kadar lemak yang rendah sehingga mampu membantu melancarkan agenda diet yang Anda lakukan.


Dan ini hanya sebagian kecil saja dari manfaat ikan teri yang mampu kita rasakan apabila kita mengkonsumsi dan mengolahnya dengann baik.


Dengan segudang manfaat dan alasan orang-orang menyukai ikan teri ini, maka masyarakat Aceh pun mempunyai sajian makanan yang tidak kalah menarik. Payeh bileh mampu menjadi resep pilihan bagi Anda atau wangsit baru dalam mengolah ikan teri.


Baiklah Sahabat Resep, untuk lebih jelasnya, saya sudah menuliskan Resep dan Tutorial Membuat Payeh Bileh dibawah ini.


Silahkan tinggal dicatat saja ya.











orang
(Payeh Bileh, Sumber Foto: bing(dot)com)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 20 menit

: 40 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Mudah



Bahan-bahan :



  • Cuci higienis 250 gram ikan teri segar kemudian buang kepalanya

  • Potong-potong 3 buah belimbing wuluh

  • ½ sendok teh garam

  • ¼ sendok teh gula pasir

  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

  • Daun pisang yang akan dipakai untuk membungkus



Bahan Bumbu Halus :



  • 8 butir bawang merah

  • 4 siung bawang putih

  • 4 buah cabe rawit

  • 3 buah cabe merah keriting

  • 2 cm kunyit kemudian bakar sampai harum

  • 2 cm jahe



Tutorial Membuat Payeh Bileh :



  1. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus sampai tercium harum.

  2. Tambahkan garam, gula pasir, ikan teri dan belimbing wuluh.

  3. Aduk semua materi sampai merata.

  4. Siapkan daun pisang dan bentuk sesuai selera kemudian masukkan adonan.

  5. Bungkus ibarat pepes dan semat dengan lidi.

  6. Lalu panggang sampai matang.

  7. Angkat Payeh Bileh dan sajikan.



 Rekomendasi Resep: Resep dan Tutorial Membuat Pantollo Pamarrsan Khas Toraja


Nah itu ia resep dan tutorial menciptakan payeh bileh yang sederhana. Anda mampu dengan simpel menciptakan makanan ini dirumah.


Dan daun pisang yang dipakai untuk mengolah makanan ini pun akan menambah basi dan citarasa dari Piyeh Bileh. Yang pastinya, Anda akan ketagihan untuk mengkonsumsi makanan ini.


Silahkan saja untuk mencobanya dirumah dan jikalau Anda mempunyai pertanyaan dari setiap resep yang saya bagikan di blog ini, jangan sungkan untuk menghubungi melalui halaman kontak yang sudah saya sediakan.


OK Sahabat Resep, saya rasa untuk postingan kali ini mengenai Resep dan Tutorial Membuat Payeh Bileh dicukupkan sekian dan mudah-mudahan mampu bermanfaat untuk Anda.


Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Payeh Bileh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel