Apa Itu Ransomware?


baru

Baru-baru ini dunia digital dibentuk heboh dengan adanya pemberitaan terkait Ransomware. Berdasarkan kabar terbaru bahwa Ransomware ini sudah dipakai untuk menyerang dua Rumah Sakit yang ada di Jakarta. lebih lanjut Keminfo kemudian menciptakan himbauan semoga masyarakat selalu berhati-hati dalam berinteraksi dalam dunia digital. Lalu muncul pertanyaan, bahwasanya apa itu Ransomware?


Apa itu Malware Ransomware?


Ransomware alias Rogueware atau Scareware merupakan sebuah malware yang membatasi saluran ke sistem komputer anda dan menuntut anda semoga mengatakan uang tebusan semoga pembatasan dihapus. Ransomware ini akan melakukan enskripsi pada file yang terdapat di Komputer anda sehingga anda tidak akan mampu memakai file tersebut.


Dari mana asal Ransomware


Ransomware dibentuk oleh scammers yang sangat berpengetahuan luas dalam pemrograman komputer. Ransomware mampu masuk ke komputer anda melalui attachment email atau melalui browser anda jikalau kebetulan anda sedang mengunjungi situs yang terinfeksi dengan malware tersebut. Malware ini juga mampu mengakses komputer anda melalui jaringan komputer yang anda gunakan.


Apa yang dilakukan Ransomware


Ada berbagai jenis malware Ransomware, Namun intinya semuanya akan mencegah anda memakai PC anda secara normal, kemudian pelaku akan meminta anda melakukan sesuatu sebelum anda mampu memakai PC anda.


baru


Mereka mampu menargetkan pengguna PC mana saja, entah itu komputer di rumah, jaringan perusahaan, maupun server yang dipakai oleh sebuah organisasi atau pemerintah. Secara rinci Ransomware mampu melakukan hal-hal berikut:


  • Mencegah anda mengakses Windows

  • Enskripsi file sehingga anda tidak mampu menggunakannya

  • Menghentikan aplikasi tertentu semoga tidak mampu berjalan (seperti browser)


Jika PC anda sudah diserang dengan Malware Ransomware, amaka selanjutnya pelaku akan menuntu anda semoga membayar uang tebusan untuk menerima saluran ke PC atau file anda. Tetapi, tidak ada jaminan bahwa jikalau anda sudah membayar uang tebusan maka anda akan menerima saluran ke PC atau file anda lagi.


Bagaimana mengenali Ransomware?


Jika anda ingin tau bagaimana tutorial mengenali Ransomware, maka sangat mudah. Sudah terperinci bahwa dikala perangkat anda terinfeksi dengan malware Ransomware ini, maka anda tidak akan mampu mengakses file pada PC anda atau bahkan anda tidak akan mampu mengakses sistem pada PC anda secara keseluruhan.


Itulah klarifikasi lengkap mengenai apa itu Ransomware?. Tetap berhati-hati dan jaga keamanan PC/Laptop anda.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Ransomware?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel