Cara Mengetahui Spesifikasi Pc/Laptop Tanpa Bongkar


maka


Bagi anda pengguna Personal Computer (PC) maupun Laptop, maka sudah menjadi hal wajib untuk mengetahui spesifikasi dari PC/Laptop anda. Ketika anda hendak menginstall suatu aplikasi atau game, maka anda harus memastikan bahwa PC/Laptop anda memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menginstall aplikasi atau game tersebut. Jika anda memaksakan untuk menginstall suatu aplikasi atau game sementara PC/Laptop anda tidak memenuhi syarat, maka tentu saja akan berakibat pada menurunnya kinerja PC/Laptop anda hingga berujung pada kerusakan komponen di dalammnya.




Karena Spesifikasi suatu perangkat termasuk PC/Laptop terkait dengan Hardware, maka banyak yang beranggapan bahwa satu-satunya tutorial untuk mengetahui spesifikasi PC/laptop yakni dengan membongkar dan melihat komponen di dalamnya. Tutorial ini tentu saja sangat beresiko alasannya yakni yakni mampu mengakibatkan kerusakan jikalau dilakukan oleh orang yang tidak terlalu faham, selain itu mampu juga menghilangkan masa garansi dari PC/Laptop tersebut. Namun, gotong royong anda mampu mengetahui spesifikasi dari PC/Laptop anda tanpa harus membongkarnya.


Tutorial mengetahui spesifikasi PC/Laptop tanpa bongkar



Jika anda memakai Windows, maka anda mampu mengetahui spesifikasi dari PC/Laptop anda tanpa harus membongkarnya. Selain itu anda juga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, alasannya yakni yakni yang dipakai hanyalah tools bawaan yang disediakan Windows.


Melihat spesifikasi komputer melalui DirectX Diagnostic Tools



Untuk mengetahui Spesifikasi PC/Laptop tanpa harus bongkar anda mampu memakai tools bawaan Windows yakni DirectX Diagnostic Tools atau lebih dikenal dengan dxdiag. Untuk menggunakannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.


Langkah 1


Masuk ke DirectX Diagnostic Tools dengan tutorial menekan Win + R, kemudian ketikkan dxdiag kemudian tekan Enter.

maka


Langkah 2


Jendela isu mengenai Spesifikasi PC/Laptop anda akan ditampilkan. Dalam sajian DirectX Diagnostic Tools terdapat 4 tab, antara lain :


  • Tab System menampilkan beberapa isu umum mengenai spesifikasi komputer anda.

  • Tab Display berisi mengenai hal yang berafiliasi dengan kartu VGA yang terdapat pada komputer anda.

  • Pada tab Sound, anda mampu melihat kartu suara (sound card) beserta driver yang dipakai pada komputer anda.

  • Tab Input menampilkan perangkat input (input devie) yang dipakai pada komputer anda, misalkan mouse dan keyboard.



maka

Melihat spesifikasi komputer melalui Command Prompt (CMD)



Selain memakai dxdiag, anda juga mampu melihat spesifikasi PC/Laptop anda memakai CMD.


Langkah 1


Buka CMD dengan mengetik cmd pada jendela Run.



maka

Langkah 2


Pada jendela CMD yang muncul ketikkan systeminfo kemudian tekan Enter. Maka akan ditampilkan spesifikasi lengkap dari PC/laptop anda.



maka



Itulah tutorial mengetahui spesifikasi PC/Laptop tanpa harus bongkar. Dengan demikian anda mampu menyesuaikan aplikasi atau game yang anda install dengan spesifikasi PC/Laptop anda.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Spesifikasi Pc/Laptop Tanpa Bongkar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel