Rumah Makan/Restoran Terbaik di Sumatera Barat

Berwisata tidak lengkap rasanya tanpa menikmati hidangan khas dari kawasan yang dikunjungi. Berkunjung ke Rumah Makan/restoran menjadi bab penting dalam suatu kunjungan wisata (paket wisata), perjalanan atau sekedar makan di waktu istirahat kerja. Sumatera Barat terkenal dengan kuliner-nya yang khas dengan rasa yang enak, Nasi Padang yang mewakili masakan Minang di luar Sumatera Barat menjadi favorit bagi orang rantau bahkan wisatawan yang berkunjung. Banyaknya restoran atau Rumah Makan Padang di banyak sekali kawasan menunjukan keistimewaan masakan Minang.











Masakan Padang (Minang)

Jika anda berkunjung ke Ranah Minang, berarti anda mengunjungi sumber kelezatan masakan Minang yang terkenal se-Indonesia bahkan dunia. Berikut yaitu beberapa Rumah Makan terbaik di Sumatera Barat rekomendasi dengan masakan yang enak, lokasi yang strategis, tempat yang nyaman serta harga yang bersahabat, dijamin tidak “Kanai Pakuak” atau dikenakan harga tidak masuk akal.


Pondok Flora
Jalan Raya Tabek Patah Km 4, Sungai Tarab, Batusangkar











Pondok Flora


Batusangkar merupakan destinasi wisata budaya utama di Sumatera Barat, dari kawasan inilah nenek moyang orang Minangkabau berasal. Museum Minangkabau terbesar juga terdapat di kawasan ini. Jika anda datang dari kota Bukittinggi, maka singgahlah di Tabek Patah, anda akan menemukan restoran yang merupakan langganan hampir seluruh Biro Perjalanan Wisata si Sumbar.












Rumah Makan Terbaik di Sumbar

Pondok Flora, sebuah Rumah Makan dengan nuansa pedesaan yang asri, Rumah Makan ini dikelilingi oleh pesawahan serta memiliki beberapa satwa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.


Rumah Lamun Ombak
Jl. Khatib Sulaiman No. 99, Padang
Jl. Raya Padang-Bukittinggi Km. 24, Pasar Usang











Lamun Ombak


Menu utama yang ditawarkan di Rumah Makan Lamun Ombak yaitu makanan khas Sumatera Barat menyerupai rendang, gulai ikan, ikan asam padeh, gulai otak, gulai hati, udang balado, paru goreng, dan masih banyak lagi. Tetapi bagi Anda yang tidak terlalu berselera untuk menyantap hidangan  berbumbu tajam, Anda mampu memilih menu lain menyerupai gado-gado atau ayam goreng yang juga tersedia.

Rumah Makan ini biasanya menjadi destinasi wisata masakan wisatawan yang gres tiba di Sumbar dan wisatawan yang akan transfer ke Bandara Minangkabau setelah menjalani beberapa hari tur di Ranah Minang. FYI, Rumah Makan Lamun Ombak dinobatkan sebagai Restoran Halal Terbaik tahun 2016.


Rumah Makan Pak Datuak
Jl. Sutan Syahrir No. 287, Padang Panjang











RM Pak Datuak


Padang Panjang merupakan kota kecil yang terletak diantara Padang dan Bukittinggi. Biasanya Wisatawan yang membeli paket wisata sumbar juga diajak makan siang di Restoran ini sebelum mengunjungi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Pusat kerajinan tenun Pandai Sikek, atau pribadi menuju kota Bukittinggi. Rumah makan ini menunjukkan kuliner-kuliner khas Minang dengan rasa yang mantap dan harga yang bersaing.


Rumah Makan Sederhana
Jl. Sudirman No. 47, Bukittinggi
Jl. HR Rasuna Said No. 81 A, Padang











Sederhana Bukittinggi


Menjelang sentra kota Bukittinggi, anda akan menemukan RM Sederhana yang terletak di tepi jalan utama, Jalan Sudirman. Rumah Makan dan restoran ini menunjukkan banyak sekali masakan khas Sumatera Barat dengan rasa yang pas dan porsi yang ekstra bila anda membeli bungkusan. Selain itu pengunjung juga dapat merasakan beberapa menu lain menyerupai Martabak Mesir dan Ayam Pop.


Rumah Makan Family
Jl. Yos Sudarso No. 4, Bukittinggi
Jl. Sudirman No. 79, Bukittinggi











RM Family Benteng Indah

Spesifik Ayam Pop, ayam yang yang direbus dengan banyak sekali rempah dan air kelapa. Menu yang menjadi favorit bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke restoran ini. RM Family terletak di Birugo menjelang sentra kota Bukittinggi dan di dekat pintu masuk Benteng Fort de Kock.


Rumah Makan Pergaulan
Jl. Soekarno Hatta, Parit Rantang, Payakumbuh











RM Pergaulan Payakumbuh


Merupakan Rumah Makan/Restoran paling representatif di Payakumbuh. Beberapa menu dihidangkan di tempat ini, menyerupai Ayam Batokok yang menjadi Primadona. Rumah Makan ini menjadi tujuan makan utama di Payakumbuh dan selalu dipadati pengunjung.

Rumah Makan Salero Kampuang
Jl. By Pass, Komplek Ruko Indah, No. 8, Solok











RM Salero Kampuang Pagi hari

Jika anda berwisata ke Solok atau Sawahlunto singgahlah di Rumah Makan Salero Kampuang, Rumah Makan ini menunjukkan menu-menu khas Minang dengan Nasi yang berasal dari beras paling tenar di Sumatera Barat yaitu Bareh Solok. 

Rumah Makan Air Tanang
Jl. Sudirman No. 97, Kel. Jawi Jawi 2, Pariaman
Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Sicincin











Keceriaan di RM Air Tanang

Menyediakan masakan Minang dengan sentuhan yang sedikit berbeda, ditemani sambal yang pedas semakin memeriahkan suasana makan wisatawan yang berkunjung. Rumah Makan ini mengandalkan Ikan Bakar sebagai menu favorit. Selain itu beberapa jus segar juga tersedia setiap harinya.

Pongek OR Situjuah
Jl. Singa Harau No.87, Limbukan, Payakumbuh











Menu di Pongek Situjuah (dherdian.wordpress.com)

Pongek yaitu Pangek dalam bahasa Minang bila diucapkan dengan dialeg Payakumbuh. Pangek sendiri yaitu gulai. Sedangkan Situjuah yaitu nama sebuah kawasan yang berada di Kabupaten Limapuluh Kota dan OR yaitu nama pemiliknya. Rumah makan ini cukup tersohor bahkan sudah banyak Biro Perjalanan Wisata yang menjadikannya langganan.


Rumah Makan Aie Badarun
Jl. Raya Padang Panjang – Bukittinggi KM6, Aia Angek.











Menu di Aie Badarun (makanlagilagimakan.wordpress.com)

Rumah makan ini terkenal dengan jargon “Khas Masakan Kampuang” atau masakan kampung, yang merujuk ke masakan-masakan tradisional Minang yang dimasak secara tradisional. Rumah makan ini mengandalkan masakan menyerupai Kalio, Asam Padeh, Dendeng, Gulai dan masih banyak lagi. Soal rasa? dijamin, benar-benar segar dan kampuang bana!



Lihat juga ikon masakan khas Sumatera Barat dari Snack sampai Minuman 


Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Rumah Makan/Restoran Terbaik di Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel