Cara Menyembunyikan Drive (Partisi) Di Windows

tapi

Pernahkah anda memperhatikan orang-orang yang meminjam PC/Laptop anda. Mereka meminjam untuk alasan tertentu, tapi terkadang mereka melewati batas dan mengakses file langsung anda yang anda simpan pada Drive pribadi. Anda niscaya akan mencari tutorial supaya Drive tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain. Salah satu caranya ialah dengan malakukan Enkripsi pada Drive anda, namun kekurangan dari tutorial ini ialah sekali anda membuka Enkripsinya maka akan terbuka terus sampai anda log off. Sedangkan mustahil untuk log off secara terus menerus hanya untuk mengunci Drive Anda.


Solusi lain yang bisa anda lakukan untuk menjaga supaya Drive langsung anda tidak bisa diakses oleh orang lain ialah dengan menyembunyikannya. Menyembunyikannya disini maksudnya ialah Drive anda tesebut tidak akan muncul di File Explorer sehingga orang lain bahkan tidak akan tahu bahwa Drive tersebut ada, dan hanya anda yang bisa mengaksesnya.

Tutorial ini dilakukan pada Windows 10, namun jangan khawatir alasannya yaitu tutorial ini juga akan bekerja pada Windows 7 dan Windows 8. Bagaimana tutorial melakukannya? silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Sembunyikan Drive tapi tetap mengaksesnya


Ada kemungkinan anda menyembunyikan Drive atau partisi dari File Explorer tetapi anda masih ingin dengan mudah mengakses datanya. Sebenarnya hal ini bisa dilakukan dengan salah satu tutorial berikut.

1. Menggunakan Local Group Policy Editor


Jika anda hendak menyembunyikan Drive tetapi masih ingin mengaksesnya dengan bebas, salah satu tutorial yang bisa anda lakukan ialah Menggunakan Local Group Policy Editor.

Langkah 1

Buka Local Group Policy Editor dengan mengetikkan gpedit.msc di jendela perintah Run.


tapi


Langkah 2

Sekarang, arahkan ke direktori berikut:


User Configuration/Administrative Templates/Windows Components/File Explorer/


Langkah 3

Di sini Anda akan melihat daftar setting yang berbeda. Klik dua kali yang bertuliskan Hide these specified drives in My Computer.


tapi


Langkah 4

Dari jendela yang muncul, ubah konfigurasi menjadi Enabled. Pada jendela yang sama, pilih opsi yang Anda inginkan dari sajian drop-down Pick one of the following combinations. Saya akan menentukan “Restrict D drive only” sebagai contoh.


tapi


Langkah 5

Klik Ok untuk menyimpan perubahan, kini anda tidak akan melihat Drive yang telah anda sembunyikan.


Untuk mengakses data dari Dirve yang telah disembunyikan anda bisa menuliskan path Drive tersebut pada jendela Run. Sebagai Contoh anda hendak melihat data dari Drive D yang telah disembunyikan, maka silahkan ketikkan “D:/” pada jendela Run.

Untuk kembali seperti semula atau menampilkan kembali Drive yang telah disembunyikan, maka pada langkah 4 ubah konfigurasi menjadi Disabled atau Not Configured.

2. Menggunakan Registery Editor


Tutorial kedua yang bisa anda lakukan kalau hendak menyembunyikan Drive dan masih bisa mengakses datanya dengan mudah ialah dengan memakai Registery Editor.

Langkah 1

Buka Registry Editor dengan mengetikkan regedit pada jendela Run command.


tapi


Langkah 2

Sekarang navigasikan ke


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer

. Kemudian klik kanan pada adegan kanan kemudian pilih New > DWORD (32-bit) Value.


tapi


Langkah 3

Ubah nama value yang anda buat tadi menjadi NoDrives.

Langkah 4

Klik dua kali pada value yang sudah anda buat dan pada jendela yang muncul ubah base menjadi Decimal, masukkan nilai yang sesuai dengan Path Drive yang ingin anda sembunyikan dari daftar dibawah ini.
A –> 1   G –> 64     M –> 4096     S –> 262144     Y –> 16777216
B –> 2   H –> 128   N –> 8192      T –> 524288     Z–> 33554432
C –> 4    I –> 256    O –> 16384    U –> 1048576
D –> 8    J –> 512    P –> 32768    V –> 2097152
E –> 16  K –> 1024 Q –> 65536   W –> 4194304
F –> 32  L –> 2048  R –> 131072 X –> 8388608


Jika anda ingin menyembunyikan Drive D, maka silahkan masukkan nilai 8 sebagaimana daftar diatas. Jika ingin menyembunyikan beberapa Drive tapi tidak semua silahkan masukkan Jumlah nilai dari Drive yang ingin disembunyikan. Misalnya yang ingin disembunyikan ialah Drive D dan E, maka masukkan nilai 24 yang merupakan hasil dari 8 + 16. Untuk menyembunyikan semua Drive silahkan masukkan 67108863.


tapi


Langkah 5

Klik Ok, kemudian restart PC/Laptop anda.

Menghapus Drive Path Name


Jika anda masih khawatir dengan privacy anda kalau memakai tutorial diatas, maka anda bisa menyembunyikan Drive anda tanpa bisa diakses sama sekali kecuali anda menampilkannya kembali. Tutorial ini dilakukan dengan menghapus Drive Path Name dan bisa dilakukan dengan dua tutorial ialah Disk Management dan Command Prompt.

1. Menggunakan Disk Management


Untuk menghapus Drive Path Name memakai Disk Management, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1

Buka manajemen disk dengan membuka jendela perintah Run dan ketik diskmgmt.msc.


tapi


Langkah 2

Sekarang Anda akan melihat daftar disk drive yang ada di komputer Anda. Klik kanan pada drive yang Anda inginkan , dan pilih Change Drive Letter and Paths. Misalnya dipilih Drive D.


tapi


Langkah 3

Pada jendela yang muncul, pilih Remove, kemudian pilih Yes.


tapi



Sekarang, Anda akan mempunyai partisi tanpa jalur yang dialokasikan. Tidak ada yang sanggup melihatnya di File Explorer atau mengaksesnya dengan tutorial apapun.


Jika Anda ingin mengembalikan perubahan Anda, ulangi langkah 1 dan 2, dan dari jendela yang muncul, pilih Add. Anda kini bisa menetapkan karakter yang sama atau bahkan berbeda kalau Anda mau.

2. Menggunakan Command Prompt


Tutorial kedua yang bisa anda gunakan untuk menyembunyikan Drive tanpa bisa diakses sama sekali ialah dengan menggunaan Command Prompt.

Langkah 1

Buka CMD dan jalankan sebagai Andministrator dengan tutorial tekan start menu, kemudian ketik Command Prompt kemudian klik kanan dan pilih Run as Administrator.


tapi


Langkah 2

Pada jendela Command Prompt yang muncul ketik


dikspart

.


tapi


Langkah 3

Sekarang ketikkan


list volume

kemudian tekan Enter.


tapi


Langkah 4

Setelah ini, ketik select volume diikuti dengan nomor yang ada pada drive yang ingin Anda hapus. Anda akan menerima pesan konfirmasi. Misal, untuk menghapus D, ketikkan


select volume 3


tapi

Langkah 5

Setelah pesan konfirmasi, ketik remove letter diikuti dengan karakter drive. Anda akan menerima pesan konfirmasi. Karena Drive yang akan dihapus ialah D, maka ketik


remove letter D


tapi


Metode ini akan menyembunyikan Drive anda tanpa bisa diakses oleh siapapun. Untuk mengembalikan seperti semula, ikuti langkah 1 sampai 4, kemudian ketik assign letter diikuti dengan karakter yang ingin Anda menetapkan ke drive itu.

tapi


Itulah tutorial yang bisa anda lakukan untuk menyembunyikan Drive atau partisi anda sehingga orang lain tidak akan bisa mengakses data privacy anda. Silahkan pilih tutorial mana yang disukai dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Drive (Partisi) Di Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel