Kelebihan Uefi Dibanding Legacy Bios

pada


Selamat sore, pada kesempatan kali ini saya akan membahas kelebihan UEFI dibanding Legacy BIOS, seperti yang dibahas pada artikel Perbedaan Legacy dengan UEFI dalam BIOS bahwa UEFI dibentuk untuk menutupi kekurangan BIOS yang sudah termasuk dalam teknologi usang. Jika dikatakan perkebangan tentu saja ada kelebihan dari versi sebelumnya. Untuk itulah kita akan membahasnya pada kesempatan kali ini.


Seperti yang diketahui bahwa UEFI awalnya dikembangakan oleh mata-mata dan HP dan diberi nama EFI. Namun sebuah grup yang terdiri dari 140 perusahaan mengambil alih pengembangannya dan menamainya Unified EFI atau UEFI.


Seperti halnya BIOS, UEFI juga menghubungkan antara hardware, firmwarem dan OS dalam sebuah komputer. UEFI menjadi agenda yang pertama kali berjalan dikala komputer dijalankan yang akan mengecek setiap komponen hardaware yang terpasang pada komputer, menyalaannya, mengaturnya, dan menyerahkannya ke sistem oparasi melalui proses bootong.


UEFI dibentuk dengan alasan untuk mengatasi kelemahan dari BIOS, sehingga firmware ini mempunyai banyak kelebihan dibanding BIOS, antara lain:



  • UEFI sudah mendukung kapasitas penyimpanan hardisk lebih dari 2 TB, yang tentu saja unggul dibandingkan dengan BIOS yang hanya mendukung maksimal 2 TB.

  • UEFI sudah mendukung tipe partisi GPT yang diwajiban dikala instalasi Sistem Operasi Windows terbaru, sedangkan BIOS hanya bisa memakai MBR. lebih lengkap wacana GPT dan MBR silahkan baca Perbedaan partisi GPT dan MBR.

  • UEFI mempunyai komunikasi yang lebih baik dengan hardware dan firmware. Misalnya dia tidak memerlukan bad sector di hardisk dan bisa memakai mouse, touchpad bahkan touchscrenn, sedangkan BIOS hanya bisa memakai Keyboard.

  • UEFI juga bisa diprogram sehingga manufaktur bisa manmbahkan aplikasi dan driver di dalamnya, menciptakan sistem dan fitur UEFi lebih lengkap daripada BIOS.

  • Secara Visual UEFI memilki tampilan yang lebih indah dan atraktif, terlebih lagi bisa memakai mouse sehingga lebih praktis dikala proses konfigurasi dan overlocking.

  • UEFI mempunyai security yang lebih besar lengan berkuasa dibandingkan dengan BIOS, dia bisa melindungi pre-startup, pre-boot, dan proses lainnya dari serangan bootkit.

  • UEFI mempercepat waktu startup dan resume dikala komputer di hibernate, pada dikala startup UEFI tidak akan menampilkan logo windows lagi melainkan proses loading hanya menampilkan logo plaform.

  • UEFI mendukung driver perangkat 64 bit sehingga bisa mengalokasikan hingga 17.2 Milyar GB memory dikala startup.

  • Selama masa transisi dari BIOS ke UEFI sebagian besar platform bakal support BIOS meskipun juga memakai UEFI.



Itulah kelebihan UEFI dibanding dengan BIOS. Sekarang pilihan ada di tangan anda, mau memakai UEFI atau tetap pada BIOS, tapi tetap sesuaikan dengan perangkat anda. Sekian pembahasan kali ini. Jangan lupa bagikan biar ang lain kebagian tahu. Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Uefi Dibanding Legacy Bios"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel