Menjaga Perangkat Android Tetap Aman

KendatiIlustrasi. Foto: Reuters/Beck Diefenbach

CalonPedia Jakarta – Kendati Google sudah menyiapkan tameng untuk menangkal malware di Android, tapi kita sebagai pengguna punya kiprah besar dalam menjaga supaya perangkat yang dipakai tetap aman.


Adrian Ludwig, Direktur Teknik untuk keamanan Android, membagikan tips supaya perangkat pengguna tetap kondusif tanpa terkena kasus keamanan. Ada lima poin yang dijabarkannya ketika video conference di kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (10/10/2017).


Pertama, memakai lock screen. Ini untuk lebih menjaga privasi lantaran tidak setiap orang sanggup membuka ponsel kamu.


Ada berapa metode yang sanggup dipilih oleh pengguna. Tutorial paling mudah dengan memakai password atau pattern. Tapi dewasa ini, banyak ponsel yang dilengkapi sensor sidik jari yang dirasa lebih aman.


Kedua, aktifkan fitur backup data. Ada baiknya memang jangan mengabaikan backup data. Ini tidak saja berlaku bagi pengguna Android, tapi juga sistem operasi lain.


Disarankan untuk secara rutin melakukan backup data. Sehingga ketika harus update sistem operasi, ganti ROM atau terkena serangan malware, kita tidak kehilangan data penting.


Ketiga unduh aplikasi dari toko terpercaya. Mengunduh di Google Play Store paling direkomendasi. Sebab Google sendiri sudah menyaring aplikasi yang ada di sana dengan Google Play Protect.


“Jika mengunduh di luar Play Store, kemungkinan sepuluh kali lebih rentan,” kata Ludwig.


Keempat, memastikan sudah terpasang di Google Play Protect dan mengaktifkan Find My Device. Adanya Google Play Protect untuk menjaga sistem Android dari beragam aplikasi yang mengancam keamanan.


Google Play Protect bisa dilihat adegan My Apps di Play Store. Atau bisa pula ditemukan di Setting pada adegan Security and Location.


Sementara Find My Device sendiri untuk membantu melacak posisi ponsel ketika hilang atau tersembunyi. Lewat fitur ini juga kita bisa mengunci smartphone supaya tidak diakses orang lain.


Paling penting lewat Find My Device, kita bisa menghapus data dalam ponsel ketika hilang. Sehingga tidak ada pihak yang menyalahgunakan data yang tersimpan dalam perangkat.


Tips terakhir mengaktifkan two-factor authentication untuk layanan Google. Lewat fitur ini, Google akan menginformasikan ke ponsel atau email bilamana ada yang menerobos sistem keamanan perangkat.





Belum ada Komentar untuk "Menjaga Perangkat Android Tetap Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel