Resep Ayam Goreng Kalasan Gurih Enak

Resep Masakan Ayam (Khas Yogyakarta) – Halo pecinta makanan Indonesia… Suka ayam goreng? Ayam goreng memang praktis, kita tinggal melumuri bumbu pada potongan ayamnya kemudian goreng dan jadilah ayam goreng. Rasanya jangan ditanya lagi, niscaya gurih dan enak.


Nah, berbicara perihal olahan yang berbahan dasar ayam memang tidak ada habisnya. Banyak sekali makanan khas dari setiap daerah yang memakai materi dasar ayam. Baik itu digoreng, disayur, diopor sampai dibakar.


Seperti makanan yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Olahan ayam ini merupakan makanan khas dari Yogyakarta. Orang-orang niscaya sudah mengenal kelezatannya. Masakan ayam ini sering disebut Ayam Goreng Kalasan.


Kami yakin bagi anda yang sering mengunjungi Kota Yogyakarta untuk berlibur ataupun urusan pekerjaan niscaya sudah mencobanya. Rasanya gurih dan enak. Mungkin anda ingin tau dan niscaya bertanya-tanya apa rahasia dibalik kelezatan Ayam Goreng Kalasan ini.


Jangan khawatir, karena yakni yakni kami akan memberikan rahasia kelezatannya kepada anda. Dan bagi anda yang belum mencobanya silahkan resepnya dicoba dirumah anda. Untuk itu, melalui goresan pena ini kami akan memberikan Resep Ayam Goreng Kalasan Gurih Enak hanya untuk anda.


Ayam Goreng Kalasan memang Gurih dan Enak. Hal ini karena yakni yakni materi dasar nya, yaitu ayam, yang dipakai yakni ayam kampung. Ayam kampung memang mempunyai daging yang lebih enak daripada ayam lainnya.


Namun tidak hanya itu, materi – materi atau bumbu yang dipakai dalam proses pembuatannya pun menjadi salah satu faktor mengapa ayam goreng ini banyak digemari oleh banyak sekali kalangan.


Bahan – materi atau bumbunya cukup unik. Air kelapa, gula merah dan soda camilan elok menjadi salah satu materi yang khas yang dipakai dalam Resep Ayam Goreng ini. Sebelum digoreng, ayam kampung terlebih dahulu di rendam di dalam campuran bahan-bahan tersebut.


Jadi, kelezatannya terdapat pada campuran materi dan proses pembuatannya. Air kelapa yang dipakai untuk rendaman ayam inilah yang menciptakan daging ayam semakin gurih dan enak.


Untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca resep selengkapnya berikut ini dengan baik.











kita
(Ayam Goreng Kalasan, Sumber Foto: endotwikipediadotorg)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 15 menit

: 30 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

: Mudah



Bahan – materi :



  • Potong menjadi 4 penggalan 1 ekor ayam kampung yang sudah dibersihkan dan dikeluarkan jeroannya.

  • Haluskan 8 siung bawang putih

  • Garam sebanyak 1 sendok teh

  • Soda camilan elok sebanyak 1 sendok teh

  • Gula merah sebanyak 50 gram

  • Air kelapa sebanyak 1 liter

  • Minyak secukupnya untuk menggoreng



Tutorial menciptakan Ayam Goreng Kalasan :



  1. Pastikan semua potongan ayam tercuci bersih.

  2. Lalu siapkan wajan dan masukkan 1 liter air kelapa, soda kue, irisan bawang putih serta garam. Aduk-aduk sampai merata dan panaskan.

  3. Masukkan potongan ayam yang sudah higienis ke dalam campuran air kelapa tadi kemudian rebuslah potongan ayam tadi sampai matang.

  4. Setelah matang angkat ayam dan tiriskan.

  5. Selanjutnya siapkan kembali wajan kemudian masukkan minyak secukupnya, panaskan dan goreng potongan ayam sampai matang dan berubah warna kuning kecoklatan. Lalu angkat dan tiriskan.

  6. Ayam Goreng Kalasan yang Gurih dan Enak siap disajikan.


Namun ada yang kurang dalam penyajiannya. Akan lebih cocok jikalau kita menyajikannya dengan sambal yang pedas. Untuk itu berikut kami akan berikan resep sambal pedas sebagai pelengkapnya.


Bahan – materi sambal :



  • Cabai keriting sebanyak 50 gram

  • Bawang merah sebanyak 5 butir

  • Tomat sebanyak 1 buah

  • Teraasi sebanyak 1 sendok teh

  • Gula merah sebanyak 2 sendok makan

  • Garam sebanyak ½ sendok teh

  • Minyak goreng secukupnya



Tutorial menciptakan Sambal Pedas :



  1. Ulek dan haluskan cabe merah dan tomat yang sudah direbus terlebih dahulu.

  2. Siapkan wajan dan masukkan minyak secukupny kemudian tumis cabe yang sudah dhaluskan tadi dengan 1 sendok teh terasi, gula merah dan garam. Aduk dan masak sampai matang.

  3. Angkat sambal dan sajikan sebagai pelengkap.



Rekomendasi Resep : Resep Soto Mahakam


Kalau sudah ada sambal pedas, menikmati gurih dan enaknya Ayam Goreng Kalasan ini semakin menjadi mantap. Apalagi jikalau disajikan juga nasi putih hangat yang pulen. Perut anda niscaya kenyang dan puas.


Kami harap dengan Resep Ayam Goreng Kalasan Gurih Enak yang kami berikan ini mampu menjadi ide sajian makanan anda hari ini. Menu makanan yang mudah untuk keluarga anda. Mari kita bagikan resep ayam goreng ini kepada sanak saudara dan kerabat terdekat sehingga mereka mampu merasakan juga kenikmatan dari makanan khas Indonesia ini.


Jangan lupa untuk membaca resep makanan ayam yang menarik lainnya di blog ini di sajian archive atau anda mampu mencarinya lewat searchbox.


Belum ada Komentar untuk "Resep Ayam Goreng Kalasan Gurih Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel