Resep Bebalung Buntut Gurih

Resep Masakan Daging (Khas Nusa Tenggara Barat) – Pulau Lombok memang mempunyai pemandangan yang luar biasa. Banyak pengunjung yang tiba kesana untuk menikmati keindahan alam pulau Lombok. Namun tidak disangka, selain keindahan alamnya, masyarakat Lombok pun mempunyai hidangan unik dan sedap dari olahan buntu sapi kecil. Namanya Bebalung Buntut.


Bebalung buntut merupakan masakan khas dari Nusa Tenggara Barat Tepatnya dari daerah Lombok. Masakan ini sangat unik sebab berbahan dasar dari buntut sapi kecil. Mungkin bagi sebagian orang berpikir buntut sapi tidak sanggup diolah menjadi masakan yang enak dan mungkin juga sebagian orang akan merasa jijik melihatnya.


Tapi jangan salah masyarakat Lombok sanggup membuatnya menjadi masakan khas yang sanggup menggugah selera anda. Selain itu, ternyata buntut sapi ini mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Bahan-bahan yang dipakai untuk membuatnya bersama-sama biasa saja. Bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, serai, garam, daun asam, tomat dan daun bawang menjadi materi atau bumbu yang diperlukan untuk menciptakan Bebalung Buntut ini.


Mungkin yang membedakannya yakni proses pembuatannya saja. Kita harus memakai alat yang disebut slow-cooker. Pertama kita harus memasak buntut sapi ditambah garam dan lengkuas selama 2 jam. Hal ini biar menciptakan daging buntut sapi ini empuk.


Proses pembuatan yang terbilang cukup usang ini memerlukan kesabaran yang ekstra dari anda sebelum anda menikmati kelezatan masakannya.


Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan Resep Bebalung Buntut Gurih untuk anda:











Pulau
(Bebalung Buntut, Sumber foto: fooddotdetikdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 120 menit

: 135 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

: Sedang



Bahan – materi :



  • 500 gram buntut sapi kecil

  • 40 gram bawang merah kemudian iris-iris

  • 40 gram bawang putih kemudian iris-iris

  • 30 gram lengkuas yang sudah dimemarkan

  • 2 lembar daun salam

  • 2 batang serai dimemarkan

  • 1 sendok teh garam

  • 20 gram daun asam

  • 75 gram tomat kemudian iris-iris sesuai selera

  • 1,8 liter air

  • 30 gram daun bawang kemudian iris-iris



Tutorial menciptakan Bebalung Buntut Gurih ;



  1. Pertama anda harus menyiapkan alat masak slow-cooker, kemudian isi dengan 1,8 liter air ditambah dengan buntut sapi serta 1 sendok teh garam dan lengkuas. Aduk dan masak adonan materi ini selama kurang lebih 2 jam.

  2. Kemudian selang satu jam proses memasak, buka slow-cooker kemudian masukan irisan bawang merah dan irisan bawang putih serta daun salam dan juga serai yang sudah dimemarkan. Aduk kembali, tutup dan masak kembali selama sisa waktunya adalah 1 jam.

  3. Selanjutnya untuk mengecek buntut sapi apakah sudah matang atau belum, sehabis saju jam kemudian buka tutupnya. Apabila sudah matang, anda masukkan irisan tomat dan daun salam. Tutup kembali dan masak lagi sebentar kurang lebih 1 menit.

  4. Terakhir anda tinggal mengangkatnya dan menyajikannya selagi hangat.



Rekomendasi Resep : Gulai Balak Lampung


Pada dasarnya proses pembuatannya cukup sederhana. Namun proses ini sangat menentukan kelezatan masakannya.



Sebagai tips dari kami dalam menentukan buntut sapi yang baik untuk menciptakan Bebalung Buntut ini, pilihlah buntut sapi yang masih segar berawarna merah atau merah muda. Pilih juga buntut sapi yang mempunyai lemak yang sedikit sebab ini akan menghipnotis rasa masakan nantinya.


Kemudian bagi anda yang belum pernah memasak memakai alat slow-cooker ini, isilah slow-cooker setengah episode saja dengan materi masakan untuk menerima hasil yang lebih baik. Selain itu, untuk sedikit menghemat waktu gunakan air yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.


Itulah sedikit mengenai tips bagaimana tutorial menciptakan Bebalung Buntut khas Nusa Tenggara Barat. Semoga Resep Bebalung Buntut Gurih ini sanggup bermanfaat bagi anda dan memperkaya khasanah masak memasak anda. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikan resepnya kepada kerabat terdekat anda.


Baca juga resep masakan Indonesia lainnya ya.

Belum ada Komentar untuk "Resep Bebalung Buntut Gurih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel