Resep Dan Tutorial Menciptakan Lontong Mie Surabaya

Resep Masakan Khas Jawa Timur – Pernah berkunjung ke Surabaya? Sudah pernah mencoba Lontong Mie? Yup, lontong mie merupakan kuliner khas Surabaya yang biasanya disajikan oleh masayarakat di Suarabaya pada hari-hari tertentu contohnya hari lebaran.


Namun, tentu saja banyak sekali penjual lontong mie di Surabaya dan anda mampu mencicipinya kapanpun yang anda mau.


Lontong mie merupakan kuliner yang cukup terkenal di Surabaya. Banyak orang menyukai nya sebab yaitu ialah selain praktis tetapi juga enak.


Bagi anda yang ingin mencicipinya tidak perlu jauh-jauh pergi ke Surabaya. Andapun mampu membuatnya dirumah, sebab yaitu ialah ini sangat praktis dan bahan-bahan yang diperlukkan untuk membuatnya tidak terlalu sulit untuk didapatkan.


Yang khas dari lontong mie ini yaitu udang kering kering, mie serta kuah nya yang terbuat dari air perasan jeruk limau. Air kuah ini yang tentunya akan mengatakan rasa yang segar dan sedikit asam ditambah gurihnya udang kering goreng kering.


Selain itu, terdapat juga beberapa macam sayur, seolah-olah tauge dan daun kucai. Banyak orang mempercayai tauge mempunyai khasiat bagi tubuh. Hal ini sebab yaitu ialah tauge mempunyai kandungan vitamin E dan protein yang sangat tinggi.


Ditambah dengan daun kucai yang mempunyai senyawa tetrametiloksamida yang berkhasiat atau sering dipakai sebagai pelengkap untuk mengobati penyakit hipertensi.


Jadi, kuliner ini sangat sehat dan menyehatkan sebab yaitu ialah semua materi yang dipakai yaitu materi yang organik tanpa ada pelengkap bumbu penyedap buatan.


Nah, materi yang dibutuhkan kalau anda ingin membuatnya yaitu udang kering goreng kering, mie hokkien, tauge, daun kucai, bawang goreng, penggalan lontong, jeruk limau, cabe rawit merah, dan petis udang.


Setelah anda siapkan semua bahan, tutorial membuatnya pun praktis sekali. Anda hanya perlu meletakan dan mencampur semua materi diatas piring saji atau mangkuk.


Baiklah biar anda lebih jelas, berikut Resep dan Tips Trick Membuat Lontong Mie Surabaya untuk anda.











lontong
(Lontong Mie Surabaya, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 10 menit

: 25 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Rendam dan goreng sampai kering 250 gram udang kering (udang) kering

  • Rebus 250 gram mie hokikien

  • Cuci higienis dan buang akar 250 gram tauge

  • Iris halus 1 ikat daun kucai

  • Bawang goreng sebanyak 20 gram

  • Potong-potong seukuran 1-2 cm 5 potong lontong



Bahan Bumbu:



  • Jeruk Limau sebanyak kurang lebih 100 gram

  • Memarkan dan iris halus Cabai rawit merah sebanyak kurang lebih 100 gram

  • Petis Kupang atau petis udang sebanyak 2 sendok teh



Tips Trick Membuat Lontong Mie Surabaya:



  1. Pertama siapkan piring saji atau mangkuk, kemudian letakkan beberapa penggalan lontong diatasnya dan juga mie hokkien yang sudah direbus.

  2. Selanjutnya gabungan beberapa materi seolah-olah irisan halus cabe rawit, petis udang, air jeruk limau.

  3. Setelah itu beri taburan irisan daun kucai, bawang goreng dan juga udang kering goreng.

  4. Lontong Mie pun siap disajikan dan tinggal dinikmati.


Makanan ini merupakan kuliner yang sangat saya rekomendasikan kalau anda ingin menerima kuliner yang cepat, enak, sehat dan tentu nya mengenyangkan perut anda yang sedang lapar.


Saya pun sangat menikmati kuliner ini. Lontongnya yang empuk, udang kering yang gurih, petisnya juga yummy apalagi kuahnya yang asam dan segar menciptakan semangat saya kembali lagi untuk melakukan aktifitas yang lain.


Lontong mie ini lebih cocok dimakan untuk menu makan siang anda. Dan kalau anda belum pernah mencobanya, coba saja dirumah dengan resep yang saya bagikan diatas.


Baiklah saya cukupkan sekian untuk postingan kali ini. Semoga Resep dan Tips Trick Membuat Lontong Mie Surabaya yang saya bagikan mampu bermanfaat untuk anda.


Bantu saya share resepnya kepada teman-teman yang lainnya ya. Dan ayo subscribe di kotak berlangganan untuk menerima update resep terbaru langsung ke email anda.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Lontong Mie Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel