Resep Kuliner Gulai Ikan Tongkol

Resep Masakan Ikan (Khas Kalimantan Tengah) – Halo pecinta makanan Indonesia… Berbicara makanan memang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali macam makanan yang dibentuk yang mampu kita nikmati. Apalagi makanan Indonesia yang sangat beragam dari sabang sampai merauke semua mempunyai makanan yang khas dari setiap daerahnya.


Nah kali ini kami akan memperlihatkan resep terbaru yang merupakan khas dari Kalimantan Tengah. Masakan ini berbahan ikan tongkol yang bernama Gulai Ikan Tongkol.


Setiap tempat niscaya mampu memasak makanan seolah-olah ini, namun setiap tempat niscaya mempunyai ciri khas dari setiap masakannya. Termasuk tempat Kalimantan Tengah ini, mereka mempunyai ciri khas dari masakannya.


Pada dasarnya Tutorial Membuat Gulai Ikan Tongkol ini sama saja. Bahan atau bumbunya pun sama saja seolah-olah penggunaan bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah, santan dan lainnya. Namun yang khas yaitu penggunaan daun kemangi dalam materi masakannya. Sehingga mengakibatkan bau harum yang khas dan pastinya akan menggoda selera makan kita.


Proses pembuatannya pun cukup berbeda dan relatif sederhana. Biasanya mungkin ikan tongkol ini digoreng sebelum diproses lebih lanjut. Tapi ini ikan tongkolnya tidak digoreng melainkan dibakar.


Proses pembakaran ikan ini tentunya akan mengakibatkan citarasa tersendiri bagi rasa dari ikan itu sendiri. Apalagi sebelum dibakar ian terlebih dahulu diberi atau dilumuri air perasan jeruk nipis, garam serta lada. Sehingga saat dibakar ikan akan mengeluarkan bau harum yang khas dan segar.


Baca juga : Resep Masakan Ikan Tongkol Bumbu Bakar Cetar


Anda mampu bayangkan bagaimana citarasa makanan ini niscaya begitu lezat, segar dan sehat. Ya ikan tongkol memang mempunyai beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh.


Ikan tongkol atau yang biasa disebut ikan tuna atau ikan cakalang ini mempunyai beberapa khasiat diantaranya menjaga kesehatan mata karena yaitu kandungan Omega 3 nya yang cukup besar. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins School of Medicine.


Selain itu,  ternyata ikan tongkol ini mampu menyembuhkan rematik, mencegah anemia karena yaitu kandungan zat besinya. Dan bagi para pria, pecahan insang dari ikan tongkol ini mampu membantu untuk mengatasi dan mencegah ejakulasi dini. Jadi, bagi para laki-laki sering-seringlah makan ikan tongkol agar disayang istri..hehe


Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang mampu kita mampu dari ikan tongkol. Namun pada intinya, olahan ikan tongkol ini sangat sehat untuk dikonsumsi bagi anda dan keluarga tercinta.


Berikut ini kami akan paparkan kepada anda Resep Masakan Ikan Tongkol khas dari Kalimantan Tengah. Silahkan simak baik-baik:











Berbicara
(Gulai Ikan Tongkol, Sumber Foto: bangodotcom)











Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 15 menit

: 35 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Sedang



Bahan – materi :



  • Potong menjadi 5 pecahan 1 ekor ikan tongkol

  • Memarkan 2 batang serai

  • Memarkan 2 cm jahe

  • Garam sebanyak 1/2 sendok teh

  • Lada sebanyak 1/2 sendok teh

  • 1 butir kelapa yang kemudian diambil santannya sebanyak 500 ml

  • Daun kemangi sebanyak 20 lembar

  • Minyak sebanyak 6 sendok makan untuk menumis

  • Jeruk nipis sebanyak 2 buah yang kemudian diambil air perasannya saja



Bumbu halus :



  • Bawang merah sebanyak 8 butir

  • Bawang putih sebanyak 4 siung

  • Kunyit seukuran 3 cm

  • Cabai merah sebanyak 6 buah

  • (semua bumbu dihaluskan dengan tutorial diulek)



Tutorial menciptakan Gulai Ikan Tongkol :



  1. Pertama lumuri ikan tongkol yang sudah dipotong-potong denga air perasan jeruk nipis, garam dan lada. Pastikan semua pecahan ikan terlumuri sempurna. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu meresap tepat ke dalam daging ikan.

  2. Kemudian siapkan bara api atau arang dan kemudian bakar ikan yang sudah dilumuri bumbu tadi sampai matang. Angkat dan sisihkan.

  3. Siapkan wajan, masukkan minyak dan panaskan, kemudian tumis bumbu halus berikut serai dan jahe sampai harum dan matang.

  4. Selanjutnya masukkan penggalan ikan tongkol kemudian aduk-aduk perlahan jangan sampai ikan hancur.

  5. Kemudian masukkan garam, santan dan lada, aduk-aduk dan masak sampai kuah mendidih dan mengental.

  6. Lalu taburkan daun kemangi dan aduk kembali secara perlahan.

  7. Angkat ikan dan sajikan pada pinggan.

  8. Gulai Ikan Tongkol pun siap dinikmati.



Rekomendasi Resep : Resep Masakan Oeloni


Masakan ini akan lebih sedap kalau disajikan hangat sebagai hidangan makan malam hari. Rasanya yang sedikit pedas dan segar akan menciptakan tubuh hangat.


Selain itu, daun kemangi yang terdapat dalam makanan ini mempunyai khasiat sebagai penjaga imunitas tubuh dan menjaga kesehatan organ jantung. Makara jangan ragu untuk membuatnya selain enak dan juga sehat.


Demikianlah Resep Masakan Gulai Ikan Tongkol yang mampu kami berikan untuk anda. Silahkan bagikan resep ini untuk kerabat erat anda. Jangan lupa untuk membaca resep-resep menarik lainnya di blog ini.


Belum ada Komentar untuk "Resep Kuliner Gulai Ikan Tongkol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel