Resep Kuliner Ikan Kuah Garam

Resep Masakan Ikan (Khas Maluku Utara) – Halo pecinta masakan Indonesia.. Sekarang saatnya kita perbaharui resep olahan ikan kita, sebab ialah kami akan menyampaikan update resep yang tidak kalah menariknya yang berasal dari kawasan Maluku Utara tepatnya Ternate.


Ikan Kuah Garam merupakan nama dari olahan ikan khas Ternate Maluku Utara ini. Ikan yang dipakai ialah ikan kerapu yang dipercaya mampu membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner.


Disamping itu, ikan kerapu juga mempunyai kandungan omega 3 yang diperlukan untuk kecerdasan otak anak, asam amino, taurin, vitamin b komplek dan juga selenium yang bermanfaat bagi kesehatan dan antioksidan alami bagi tubuh.


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya cukup sederhana seakan-akan bawang merah, bawang putih,cabai merah, lengkuas, serai, asam jawa, gula merah, garam dan juga lada. Semua materi ini anda mampu dapatkan dengan mudah.


Dan cara membuatnya pun tidak sulit, anda cukup menumis semua bumbunya dan kemudian merebusnya ikan sampai bumbunya meresap sempurna pada daging ikan. Untuk lebih jelasnya simak klarifikasi Resep Masakan Ikan Kuah Garam berikut ini.











Sekarang
(Ikan Kuah Garam, Sumber foto: biskeyydotnet)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 20 menit

: 35 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

: Mudah



Bahan-bahan :



  • 2 ekor ikan kerapu dengan berat masing-masing sekitar 250 gram. Bersihkan ikan kemudian potong-potong menjadi 2 bagian.

  • Iris halus 2 siung bawang putih

  • Iris halus 5 buah bawang merah

  • 2 buah cabe merah kemudian iris serong

  • 1 cm lengkuas kemudian memarkan

  • 2 batang serai kemudian memarkan

  • 1 sendok teh asam jawa

  • 1 sendok teh gula merah

  • 1 sendok teh garam

  • ½ sendok lada

  • 1 liter air

  • Minyak goreng secukupnya



Tips Trick menciptakan Ikan Kuah Garam :



  1. Pertama panaskan minyak terlebih dahulu kemudian tumis irisan bawang putih sampai layu kemudian tambahkan irisan bawang merah dan irisan cabe merah. Aduk dan masak sampai tercium harum.

  2. Kemudian tambahkan pula lengkuas, serai yang sudah dimemarkan tadi, 1 sendok teh asam jawa, 1 sendok teh gula merah, 1 sendok teh garam dan juga ½ sendok lada. Aduk rata.

  3. Tuangkan air kemudian rebus sampai mendidih.

  4. Terakhir siapkan potongan ikan dan masukkan ke dalam rebusan dan masak sampai semua bumbu meresap sempurna terhadap daging ikan. Aduk sesekali agar bumbu melumuri ikan dengan baik.

  5. Setelah dirasa matang, angkat dan masukkan ke dalam pinggan dan sajikan ikan.

  6. Ikan Kuah Garam siap untuk anda nikmati.



Rekomendasi Resep : Sup Ikan Kakap Batam



Tidak ada salahnya bukan anda mencobanya dirumah? Citarasanya pun tidak kalah dengan olahan ikan lainnya. Kami yakin niscaya anda suka, dan keluarga tidak akan merasa bosan dengan olahan ikan yang sering anda buat.


Demikian Resep Masakan Ikan Kuah Garam yang mampu kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga. Bantu kami mengenalkan masakan ikan ini kepada orang lain dengan mengklik ikon sosial media di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Resep Kuliner Ikan Kuah Garam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel