Membuat Ayam Tangkap Dari Aceh Yang Lezat

Hari ini saya akan mengajak anda untuk menciptakan Ayam Tangkap khas Aceh yang enak dan nikmat. Menu ini sanggup menjadi alternatif bagi kita yang menyukai resep ayam yang mempunyai cita rasa yang mantap. Masakan dari Aceh tersebut bernama ayam tangkap yang mempunyai rasa yang layak untuk kita coba. Masakan ini orisinil terbuat dari materi dasar daging ayam namun diolah dengan banyak sekali bumbu dan proses yang khas sehingga menghasilkan kuliner yang nikmat.


Rasa kuliner ini begitu lezat, apalagi kuliner ayam ini memang memakai daging ayam kampung yang memang populer lebih lezat. Belum lagi dengan kombinasi materi rempah lain contohnya daun salam koja, daun pandan dan juga cabai hijau. Masakan ini memang begitu mantap di lidah, untuk lauk nasi putih hangat memang sungguh mantap. 


Awal mencoba kuliner ini alasannya keluarga di rumah bosan dengan daging ayam yang dimasak dengan resep yang selalu sama. Makanya saya laris mencoba mencari solusi dan menerima resep ini dari rekomendasi teman. Awalnya ragu untuk menghidangkan kuliner ini namun kesannya sehabis dicoba ternyata keluarga senang. 


Dari segi pengolahannya, ayam tangkap khas aceh ini tidak sulit untuk dibuat. Saya langsung saat pertama kali mencoba memasak kuliner ini tidak mengalami hambatan yang berarti. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk disiapkan makanya saya mencoba menciptakan kuliner ini di rumah.


Bahan-Bahan Ayam Tangkap


Yang ingin mencoba resep ayam tangkap ini tidak perlu khawatir alasannya materi dan bumbunya tidak banyak dan mudah disiapkan. Bahkan untuk beberapa materi rempah sudah ada di dapur. Bahan-bahan yang dibutuhkan ada dua yaitu materi dasar dan juga bumbu. Bahan-bahan tersebut bisa langsung disiapkan seperti berikut.


Bahan Dasar


  • 1 ekor ayam kampung

  • 1 liter minyak goreng

  • 8 tangkai daun salam koja (temurui)

  • 4 lembar daun pandan, iris kasar

  • 1 cangkir air matang

  • 2 buah cabai hijau


Bahan Bumbu


  • 3 siung bawang putih (3 siung dirajang, 3 siung dihaluskan)

  • 3 buah bawang merah

  • 5 buah cabai rawit

  • 1 ruas ibu jari (2 cm) kunyit

  • 1 ruas ibu jari (2 cm) jahe

  • 1 sdt garam

  • air asam jawa, secukupnya



Bisanya, dalam memasak kuliner materi daging ayam saya sering melupakan asam jawa dan untuk resep ini saya memakai materi tersebut dan hasil masakannya memang berbeda. Selain materi tersebut materi bumbu lainnya tidak jauh berbeda yaitu mulai dari bawang, cabai, kunyit dan juga jahe. Kalau sudah disiapkan semua kita sanggup segera mempelajari bagaimana proses pengolahan kuliner ini.





Pertama kali mencoba masak ayam ini tentu akan lebih mudah jikalau kita mengikuti panduan memasaknya. Oleh alasannya itu lebih baik kita siapkan bahan, bumbu serta peralatan masak yang dibutuhkan semoga sanggup coba mencobanya. Kalau sudah siap pelajari langsung langkahnya seperti di jelaskan di adegan bawah.



Tutorial Membuat Ayam Tangkap


Tutorial menciptakan kuliner ayam tangkap dari Aceh ini tidaklah sulit dan tentunya sobat netter semua pastinya bisa mengikuti panduan yang ada. Silahkan ikuti langkah memasak ayam tangkap tersebut yaitu sebagai berikut.




  1. Potong ayam menjadi 24-30 potongan kecil, kemudian cuci bersih. Bila perlu, remas-remasdengan air perasan jeruk nipis.

  2. Haluskan semua bumbu, campur dengan 200 ml air matang.

  3. Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu, dan rendam selama 10 menit.

  4. Panaskan minyak di wajan besar sampai benar-benar mendidih. Goreng ayam sampai kecokelatan.

  5. Semua ayam harus tenggelam dalam minyak dan jangan sampai terlalu berhimpitan satu sama lain. Untuk hasil terbaik, gunakan wajan yang besar, dengan 2 liter minyak goreng. Atau, jangan menggoreng sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit. (Ingat: keberhasilan kuliner sederhana ini sangat bergantungpada teknik menggoreng).

  6. Menjelang ayam matang, masukkan irisan bawang merah, daun salam koja, daun pandan, dan cabai hijau. Teruskan menggoreng sekitar tiga menit lagi.

  7. Angkat, tiriskan, dan segera hidangkan dalam keadaan panas.




Jika kita bandingkan dengan sajian dari Aceh lainnya seperti mie Aceh dan martabak khas Aceh, kuliner ini sama-sama mempunyai ciri khas dan keunikan rasa yang mewakili tempat tersebut jadi tidak salah jikalau disebut sebagai resep warisan daerah. Sampai disini, selamat mencoba!


Belum ada Komentar untuk "Membuat Ayam Tangkap Dari Aceh Yang Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel