Resep Lawar Ayam Khas Tempat Bali Asli

Resep lawar ayam merupakan makanan khas daerah Bali yang juga sudah banyak dikenal di kalangan umum. Untuk menyajikan sajian orisinil ini tidak banyak yang harus dilakukan selain proses tutorial menciptakan makanan lainnya. Menurut saya pribadi makanan ini sajian wajib yang harus kita coba khususnya bagi pecinta makanan nusantara.


Masalah rasa, resep lawar ayam tersebut memang mempunyai cita rasa khas nusantara. Ini dihasilkan dari perpaduan materi serta bumbu yang dipakai dalam makanan tersebut. Bahan utama dari makanan ini yakni daging ayam yang di suwir atau di iris kecil-kecil. Selain itu materi tersebut juga dikombinasikan dengan materi suplemen lain yang berupa sayuran ialah kacang panjang.


Dari sisi pengolahan, makanan nusantara ini diolah dengan tutorial di kukus dalam bungkusan daun pisang. Kemudian, dalam penyajian ada banyak sekali suplemen yang dikombinasikan bawang goreng yang akan menciptakan makanan ini semakin mantap. 


Bahan dan bumbu lawar ayam


Jika sobat berminat untuk mencoba makanan ini di rumah maka mampu mulai disiapkan dari bahan-bahan yang dibutuhkan ialah antara lain kacang panjang, kepala parut yang disangrai dan banyak sekali materi lain yang berupa bumbu rempah. Selain materi di atas kita juga harus mempersiapkan untuk materi dressing makanan ini. Bahan-bahan dressing tersebut antara lain bumbu kaldu ayam dan perasan jeruk nipis. Agar lebih mudah, bagi yang ingin belajar memasak sendiri sajian tersebut mampu menyiapkan materi dan bumbu sesuai daftar berikut.


Bahan:


  • 3 cup kacang panjang, potong ukuran ½ cm, rebus.

  • ½ cup kelapa parut, sangrai.

  • Bawang putih, kupas, iris, kemudian goreng.

  • 6-8 siung bawang merah, kupas, iris goreng.

  • 2 butir cabe merah, buang bijinya, potong serong.

  • 4-6 butir cabe jawa, iris.

  • 3 sdt cabe kering giling.

  • 2 sdm bumbu kaldu ayam.

  • Bawang goreng secukupnya untuk hiasan



Bahan dressing


  • 250 gram daging ayam tanpa tulang, iris kecil-kecil atau disuwir.

  • 2 sdm bumbu kaldu ayam.

  • 1 sdt air perasan jeruk nipis.

  • 1 sdt garam.

  • ½ sdt lada hitam, haluskan.

  • Daun pisang untuk pembungkus


Dilihat dari daftar materi dan bumbu di atas ternyata materi serta bumbu untuk memasak makanan khas bali ini tidaklah sulit untuk disiapkan. Bahkan sebagian besar bumbu rempah pastinya banyak yang sudah tersedia di dapur kita. Sekarang kita tinggal mempelajari bagaimana tutorial pengolahan resep lawar ayam tersebut. Penasaran bagaimana pengolahannya?










Foto: Lawar Ayam Bali/anekaresepmasakan.net

Proses memasak atau mengolah makanan ini tidak begitu sulit. Namun begitu bagi kita yang belum pernah mencoba sendiri akan lebih simpel kalau kita pelajari langkah-langkah pembuatannya. Makanya kita siapkan saja bagaimana prosesnya dengan mempelajari langkah yang dijelaskan berikut.



Tutorial menciptakan lawar ayam


Membuatnya tidak begitu sulit alias mudah, sehabis mempersiapkan materi di atas kita mampu langsung mulai memasaknya dengan langkah berikut.



  1. Campurkan kacang panjang, kelapa, bawang merah, bawang putih, cabe dan umbu kaldu ayam di dalam mangkuk. Aduk merata.

  2. Untuk dressing campurkan irisan (suwiran) ayam dengan 2 sdm bumbu kaldu ayam. Aduk merata hingga membentuk semacam adonan. 

  3. Setelah itu, letakkan gabungan memanjang di atas daun pisang, kemudian gulung hingga padat.

  4. Kukus gulungan tadi selama 20 menit.

  5. Lepaskan aluminium foil dan daun pisang. Acak-acak daging ayam dengan garpu.

  6. Campurkan daging ayam dengan kacang panjang rebus. 

  7. Tambahkan garam, merica dan perasan jeruk nipis.

  8. Hias dengan bawang goreng renyah




Tidak perlu risau dengan hasil rasa selesai yang didapat kalau kita memang sedang belajar membuatnya. Yang terpenting yakni kita menerima tumpuan suplemen untuk sajian makanan simpel dibentuk di rumah. Dengan menyebarkan update resep lawar ayam khas bali ini setidaknya tambah satu lagi sajian yang mampu kita siapkan. Yang sudah tidak tabah silahkan mencobanya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Lawar Ayam Khas Tempat Bali Asli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel