Kiat Agar Tetap Sehat Saat Banjir

      Bulan-bulan ini wilayah kita sering diguyur hujan yang terus menerus.Banyak diantaranya oleh setiap orang yang melalikan akan kesehatan dirinya.Kesehatan merupakan hal yang berharga untuk terus beraktifitas, bahkan di tengah banjir. Jika ingin tetap sehat di kala banjir,anda salah satunya diperlukan memerhatikan kesehatan.


bulan

(c)  Banjir di depan SPBU pasar Cilet Indramayu



     Menurut salah satu Pakar Kesehatan Masyarakat, dr Hari Nugroho mengatakan, penyakit muncul ketika banjir mampu ditangkal dengan sejumlah cara. Kebanyakan penyakit banjir tiba karena yaitu warga kurang peduli terhadap kesehatan.”Warga lebih mementingkan menyelamatkan barangnya dan tidak memerhatikan kebersihan. “Kesehatan harus tetap dijaga sekalipun banjir,”seperti yang dilansir dari berita.msn.



Ini tips dari dokter ketika sedang menghadapi banjir.


1. Makan


      Korban banjir wajib makan untuk menghangatkan tubuhnya dengan cuaca yang dingin. Suplai energi dari masakan sangat berkhasiat demi menjaga suhu badan dari dalam tetap stabil. Jika suplai tercukupi, ketahanan badan terhadap penyakit semakin meningkat.


2. Minum air bersih


     Minum merupakan hal penting untuk menjaga keseimbangan cairan badan bagi korban yang keletihan. Korban banjir diperlukan memantau air tersebut. Jangan sampai air yang terminum yaitu air kotor yang justru memasukkan jutaan kuman ke dalam perut.


3. Pakai Pakaian Kering


    Ganti pakaian basah, gunakan pakaikan kering. Suhu badan dipastikan tidak mampu mendapatkan kondisi yang lembab yang mampu mengakibatkan demam. Selain makan, menghangat badan haru dilakukan dari luar badan dengan mengganti pakaian basah.


4. Istirahat yang cukup


     Istirahat dinilai penting untuk mengatur kondisi tubuh. Tubuh yang lelah sangat mudah terjangkit penyakit.


5. Jangan BAB sembarangan


     Buang air besar sembarangan sama saja memperlihatkan jutaan kuman kepada orang lain. Bakteri mampu menyerang siapa saja yang terkena air yang terkontaminasi oleh BAB. Hasilnya akan muncul penyakit kulit.


Belum ada Komentar untuk "Kiat Agar Tetap Sehat Saat Banjir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel