Cerita Di Balik Promosi Jor-Joran Vivo

KonferensiKonferensi pers rencana peluncuran Vivo V9. Foto: Rengga Sancaya

CalonPedia Jakarta – Vivo bisa dibilang sebagai vendor smartphone yang royal soal promosi produk. Produsen asal China ini pernah menggebrak Tanah Air dengan peluncuran smartphone V7 pada 2017 lalu.


Saat itu Vivo berani menggandeng sembilan stasiun televisi demi meluncurkan V7 di Jakarta. Acara peluncuran yang berdurasi satu setengah jam itu ditayangkan secara pribadi di jam prime time atau waktu di mana masyarakat Indonesia paling banyak menonton televisi.


Gebrakan Vivo juga dilakukan melalui sederet artis yang menjadi pengisi acara menyerupai Afgan, Prilly Latuconsina, hingga Agnes Monica yang memang menjadi brand ambassador Vivo.


Tahun ini Vivo mengulang gebrakan yang sama, namun dengan produk berbeda yakni Vivo V9. Bedanya lagi, kali ini acara peluncuran dilakukan di Candi Borobudur dan menambah jumlah siaran langsungnya menjadi 12 stasiun televisi dan beberapa platform digital.










Baca juga: Vivo V9 Siap Menggebrak dari Eksotisme Candi Borobudur



Gencarnya Vivo soal promosi produk ini mengundang pertanyaan berapa nilai investasi yang dikucurkan perusahaan? Disodorkan pertanyaan tersebut, General Manager for Brand and Activation Vivo Indonesia, Edy Kusuma, menjawab secara diplomatis.


“Sekitar impact yang akan terjadi sehabis acara ini dilakukan, misalnya, ternyata Borobudur semakin terkenal dan membantu ekonomi masyarakat sekitar, dan ekonomi masyarakat sekitar membaik, pemasukan APBD di situ meningkat, itulah value yang tidak ternilai angka yang kita keluarkan sekarang,” ujar Edy di Kembang Goela, Jakarta, Senin (26/3/2018).


Ditanya lebih lanjut soal pengaruh yang dihasilkan dari aksi jor-joran Vivo, Edy mengungkap yang terpenting yakni pesan atau tujuan yang ingin dicapai perusahaan terpenuhi. Untuk acara di Borobudur nanti, ia menjelaskan tujuannya yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga cagar budaya Candi Borobudur.











KonferensiVivo V9. Foto: Agus Tri Haryanto/inet




Memang, sebagaimana dikatakan oleh Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud, Nadjamudin Ramli, saat ini banyak ditemukan perilaku wisatawan yang dianggap menyimpang menyerupai mengambil video secara diam-diam, melakukan gerakan akrobatik, bahkan kencing di atas stupa.


“Jangan hingga ada yang melakukan perilaku menyimpang, perilaku yang tidak terpuji, karena yakni yaitu saat ini banyak kita temukan pengunjung Borobudur itu melakukan justru perusakan,” ujar Ramli di kesempatan yang sama.










Baca juga: Alasan Vivo V9 Pakai ‘Poni’ Seperti iPhone X



“Ada yang melakukan shooting rahasia dengan tips trick kamera tersembunyi, melakukan gerakan-gerakan akrobatik, kemudian juga berdiri di atas stupa, bahkan ada yang lebih nyeleneh lagi pipis di stupa Borobudur,” paparnya.


Soal dampaknya kepada Vivo, Edy menjelaskan bahwa produknya bakal semakin dikenal masyarakat dan otomatis bisa mendompleng penjualan produk. Hanya saja saat ditanya detail, ia juga enggan mengatakan data spesifik.


Anggapan Vivo sedang mengkremasi uang pun ditepisnya dengan santai. “Enggak lah jikalau bakar duit sayang dong (uangnya),” kata Edy diselingi tawanya.


Lebih lanjut ia menjelaskan hanya sedang memaksimal dana yang dimilikinya. Dengan dana terbatas, kata Edy, pihaknya berusaha menghadirkan sesuatu yang terlihat megah namun tak banyak mengeluarkan banyak uang.










Baca juga: Siap-siap, Vivo V9 Segera Meluncur di Borobudur



“Jadi yang bisa kita lakukan yakni ini berkaitan dengan kreativitas kita sebagai tim marketing yang ada di dalam Vivo untuk memberdayakan budget tersebut, kalkualsinya, pehitungannya. Makara yang kita lakukan akan kelihatan besar tapi bahwasanya tidak besar,” ujarnya.


Dari promosi jor-joran yang dilakukan Vivo, Edy mengaku yang paling utama yakni pesan yang ingin disampaikannya bisa diterima oleh masyarakat dan bisa menghasilkan pengaruh positif.


“Hal yang harus kita pikirkan yakni message. Yang kedua dampaknya, dan ketiga bagaimana maksud dan tujuan kita ter-delivered. Itu yang kita fokuskan dibanding angka,” pungkasnya.










Baca juga: Melihat Lebih Dekat Vivo V9 yang Mirip iPhone X







Belum ada Komentar untuk "Cerita Di Balik Promosi Jor-Joran Vivo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel