Terbongkarnya Praktek Calo Di Satpas Colombo Surabaya

Rumor yang menyebut bahwa mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Admisnistrasi SIM (SATPAS) Colombo di Surabaya melalui calo atau agen jasa lebih praktis dan dijamin niscaya lulus ternyata bukan isapan jempol belaka, hal ini sudah dibuktikan oleh seseorang narasumber.


Fakta ini juga diperoleh dari LICOM dikala melaksanakan pengamatan dan wawancara langsung dengan para calo yang biasa beroperasi di kantor Jalan Ikan Kerapu No. 2-4, Perak Barat, Surabaya beberapa waktu lalu.


Terbongkarnya Praktek Calo di SATPAS Colombo Surabaya


Rumor


Di tempat itu para calo yang banyak berkeliaran di pinggir jalan menuju SATPAS Colombo Surabaya, mereka secara terperinci terangan memperlihatkan jasa pembuatan SIM dengan dijanjikan niscaya lulus, dikarenakan sudah biasa melaksanakan transaksi dengan petugas.



“Pasti lulus mas, alasannya aku punya orang dalam. Nanti tetap mengikuti proses ujian bahan dan praktek tapi hanya formalitas aja biar mampu mengelabuhi lainnya,” kata seorang calo yang biasa beroperasi di wilayah tersebut.


Pria yang enggan disebut identitasnya ini juga mengungkapkan, bahwa pembuatan SIM gres tanpa melalui orang dalam, dipastikan akan tidak lulus dan terkesan lebih rumit. Selain itu para pemohon SIM juga harus antre panjang untuk mampu hingga praktek dan memakan waktu yang cukup usang katanya.


Rumor


“Kalau sampean mau bikin sendiri tidak apa-apa. Tapi aku yakin niscaya antre usang juga tidak langsung lulus alasannya prosesnya semakin sulit,” pungkasnya sambil dengan verbal muka polos.


Harga yang ditawarkan oleh para calo-calo diwilayah itu cukup seragam, dimana pembuatan Sim C dipatok harga Rp 450 ribu dan bila harga paket sim A/C akan dipatok harga Rp 950 ribu dengan alasan sim A lebih mahal dan mereka juga menggunakan trik bahwa harga yang mereka tawarkan juga cukup murah dibandingkan lainnya, dikarenakan pembuatan sim resmi dan melalui calo hanya selisih antara Rp.50.000 – Rp.100.000 untuk setiap Sim nya, namun mereka juga memperlihatkan hemat waktu dll sebagai rayuannya.


Belum ada Komentar untuk "Terbongkarnya Praktek Calo Di Satpas Colombo Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel