10 Masakan Penurun Kolesterol

10 Makanan Penurun Kolesterol – Kadar Kolesterol tinggi terutama kadar Kolesterol LDL yang biasanya disebut dengan Kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Oleh sebab itu, kadar Kolesterol perlu dijaga sehingga selalu berada di batas normal yaitu dibawah 200mg/dL. Kadar Kolesterol yang tinggi tentunya sanggup diturunkan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol menyerupai Simvastatin,  Atorvastatin (Lipitor), dan juga Rosuvastatin (Crestor). Namun bagi sebagian orang, konsumsi obat-obat penurun kolesterol tersebut sanggup menimbulkan imbas samping menyerupai gangguan pada pencernaan, problem pada liver dan nyeri otot. Jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, obat-obat penurun kolesterol tersebut sanggup meningkatkan resiko kerusakan pada organ badan menyerupai ginjal dan liver.


Selain mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol yang disebut diatas, Kolesterol intinya sanggup diturunkan dengan cara melaksanakan Olahraga secara rutin dan juga menjaga Pola makan yang sehat.


Daftar 10 Makanan Penurun Kolesterol


Berikut ini ialah 10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol yang alami dan bebas dari imbas samping obat-obatan.


1. Makanan yang mengandung Lemak Tak Jenuh


Lemak Tak Jenuh intinya terdiri dari 2 jenis, yaitu Lemak Tak Jenuh Tunggal (Monounsaturated Fat) dan Lemak Tak Jenuh Jamak (Polyunsaturated Fat). Kedua Lemak Tak Jenuh ini merupakan kuliner yang bermanfaat bagi badan insan untuk menurunkan Kadar Kolesterol dan mengurangi resiko terkenanya penyakit Jantung. Lemak Tak Jenuh baik berupa Tunggal maupun jamak pada umumnya terdapat di Minyak Zaitun, Minyak Kanola dan Buah Alpukat.


Mengkonsumsi Makanan yang mengandung Lemak Tak Jenuh sanggup mengurangi kadar Kolesteral dalam Tubuh sampai 18%


2. Oat (Haver)


Oat atau Haver merupakan kuliner yang mengandung serat yang sanggup larut dalam air (Soluble Fiber) sehingga sanggup menurunkan kadar kolesterol secara efektif.


Mengkonsumsi Oat atau Haver ini sanggup mengurangi kadar Kolesteral sampai 14%.


4. Flax seeds (Biji Bunga Flax)


Flax Seed merupakan Biji bunga Flax yang pada umumnya terdapat pada Amerika Serikat dan Kanada. Bentuk  dan ukuran Flax Seed menyerupai dengan biji wijen namun Flax Seed berwarna coklat bau tanah dan keemasan. Flax seed atau biji bunga Flax ini mengandung Serat dan Omega-3 yang tinggi


Mengkonsumsi Flax Seed sebanyak 50gram setiap harinya sanggup menurunkan kadar Kolesteral Jahat LDL sebesar 8% sampai 14%.


5. Bawang Putih


Bawang Putih merupakan bumbu kuliner yang hampir sanggup ditemukan pada setiap kuliner Indonesia. Dalam sebuah penelitian menyampaikan bahwa mengkonsumsi setengah suing bawah putih yang berukuran 900mg setiap hari sanggup menurunkan kadar kolesterol sekitar 9% sampai 12%. Bawang Putih juga merupakan antibiotik alami bagi badan manusia.


6. Almond


Kacang Almond merupakan salah satu kuliner ringan sehat sebab sanggup menurunkan kadar kolesterol dan juga mengandung vitamin serat tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Kacang Almond juga cocok sebagai komplemen untuk sarapan sereal.


Beberapa penelitian melaporkan bahwa mengkonsumsi setengah cangkir kacang Almond sanggup menurunkan kadar kolesterol sampai 10%.


7. Makanan Kaya Likopen (Lycopene Foods)


Likopen ialah pigmen karatenoid yang terdapat dalam buah atau sayuran. Fungsi Likopen ialah memperlihatkan warna merah yang pada umumnya terdapat pada Tomat, Semangka dan pepaya. Beberapa penelitian melaporkan bahwa Makanan yang kaya dengan Likopen ini sanggup menurunkan kadar Kolesterol sekitar 10% sampai 17%.


8. Kenari dan Pistachio


Beberapa penelitian melaporkan bahwa mengkonsumsi Kenari (Walnut) atau Pistachio sanggup menurunkan kadar Kolesterol. Hal ini dikarenakan Lemak Kenari atau Pistachio ini sanggup menggantikan konsumsi lemak yang mengandung kolesterol tinggi lainnya. Kenari ataupun Pistachio ini sanggup menurunkan kadar kolesterol sampai 10%.


9. Barley (Jelai)


Barley atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Jelai merupakan keluarga padi-padian. Mengkonsumsi Barley sanggup menurunkan Kolesterol apabila dijadikan pengganti makanan. Barley (Jelai) sanggup mengurangi kadar kolesterol sekitar 7% sampai 10%.


10. Coklat Hitam (Dark Chocolate)


Coklat Hitam yang tidak mencampurkan produk susu dan gula didalamnya mengandung flavanol yang tinggi. Flavanol berfungsi sebagai antioksidan bagi badan insan dan juga sanggup menjaga kesehatan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi Coklat Hitam sanggup menurunkan kolesterol sekitar 2% sampai 5%.


Teh Hijau (Green Tea)


Teh Hijau mempunyai banyak manfaat bagi badan insan dan diyakini sanggup mencuci  lemak keluar dari badan manusia. Mengkonsumsi Teh Hijau tanpa gula secara rutin sanggup menurunkan kadar kolesterol sekitar 2% sampai 5%.  Kandungan Kalori dalam Teh Hijau termasuk rendah sehingga sangat cocok dijadikan minuman penghilang haus dalam kehidupan sehari-hari.


 


Catatan :


Urutan peringkat dan Persentasi penurunan Kolesterol ini dikutip dari healthaliciousness.com.


Belum ada Komentar untuk "10 Masakan Penurun Kolesterol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel