10 Negara Yang Paling Higienis Dari Korupsi Di Dunia

10 Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia – Transparency International yakni sebuah organisasi anti korupsi Internasional yang berkantor sentra di Kota Berlin, Jerman. Setiap tahunnya, Organisasi ini mempublikasikan daftar negara-negara yang paling higienis dari Korupsi sampai negara-negara yang terkorup di Dunia dengan sebuah Indeks yang diberi nama Corruption Perception Index atau disingkat dengan CPI. Jumlah Negara dan Daerah Teritorial yang di survey oleh Transparency International sebanyak 168 Negara/Daerah Teritorial.

Baca juga : 10 Negara Terkorup di Dunia menurut publikasi Transparency International.


Nilai Indeks yang diberikan yakni angka nilai “0” yang mengatakan “Negara Terkorup” sampai angka nilai “100” yang mengatakan sebagai “Negara yang Paling Bersih dari Korupsi”. Nilai dari Corruption Perception Index ini yakni menurut hasil survey dari kalangan para analisis dan pengusaha bisnis.


Berdasarkan Publikasi Transparency International tersebut, Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia yakni Denmark dengan nilai indeks 91. Di posisi kedua yakni Finlandia dengan nilai indeks 90 sedangkan yang berada di urutan ketiga Negara yang paling higienis dari Korupsi yakni Swedia dengan nilai Indeks 89.


Berdasarkan Publikasi Transparency International ini juga, Negara kita yaitu Republik Indonesia menduduki urutan ke 88 dengan nilai indeks 36. Nilai indeks ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, pada tahun 2013 yakni 32 sedangkan pada tahun 2014 meningkat menjadi 34 dan pada tahun 2015 menjadi 36.


Daftar 10 Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia


Berikut ini yakni daftar 10 Negara yang paling higienis dari Korupsi di Dunia menurut publikasi Transparency International untuk tahun 2015. Dalam daftar tersebut, 7 Negara berasal dari benua Eropa dan masing-masing 1 negara berasal dari benua Asia, Amerika Utara dan Australia/Oseania.


1. Denmark


Nilai Indeks (CPI) : 91

Ibukota : Kopenhagen

Lokasi : Benua Eropa


2. Finlandia


Nilai Indeks (CPI) : 90

Ibukota : Helsinki

Lokasi : Benua Eropa


3. Swedia


Nilai Indeks (CPI) : 89

Ibukota : Stockholm

Lokasi : Benua Eropa


4. Selandia Baru


Nilai Indeks (CPI) : 88

Ibukota : Wellington

Lokasi : Benua Australia Oseania


5. Belanda


Nilai Indeks (CPI) : 87

Ibukota : Amsterdam

Lokasi : Benua Eropa


6. Norwegia


Nilai Indeks (CPI) : 87

Ibukota : Oslo

Lokasi : Benua Eropa


7. Swiss


Nilai Indeks (CPI) : 86

Ibukota : Bern

Lokasi : Benua Eropa


8. Singapura


Nilai Indeks (CPI) : 85

Ibukota : Singapura

Lokasi : Benua Asia


9. Kanada


Nilai Indeks (CPI) : 83

Ibukota : Ottawa

Lokasi : Benua Amerika Utara


10. Jerman


Nilai Indeks (CPI) : 81

Ibukota : Berlin

Lokasi : Benua Eropa


Sumber rujukan : Data Nilai Indeks (CPI) dikutip dari transparency.org. Untuk daftar selengkapnya mengenai Daftar Corruption Perception Index, anda sanggup mengunjungi : http://www.transparency.org/cpi2015


Belum ada Komentar untuk "10 Negara Yang Paling Higienis Dari Korupsi Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel