Bmkg Himbau Masyarakat Biar Tidak Terpancing Berita Palsu

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa bumi yang mengguncang kawasan sekitar Gunung Semeru, tepatnya di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu 24 September 2017. Gempa berkekuatan 3,1 skala Richter itu terjadi sekitar pukul 17.45 WIB.


Warga Candipuro dan sekitarnya pun merasakan gempa bumi tersebut. “Getaran gempa memang terasa beberapa sekitar detik saja, tetapi getarannya kecil,” kata Endro, warga Desa Candipuro.


BMKG Himbau Masyarakat Agar Tidak Terpancing Berita Isu


Badan


Hasil analisis dari BMKG menyatakan bahwa kekuatan gempa 3,1 skala Richter itu berpusat di darat, 33 kilometer arah barat daya Kabupaten Lumajang pada koordinat 8.30 LS–112.98 BT dengan kedalaman 3 kilometer. Informasi yang diperoleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang menyebutkan, bila ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa tersebut, penyebab gempa ini terjadi diperkirakan final acara sesar lokal.


Terkait dengan gempa bumi yang telah terjadi, hingga gosip ini dipublikasikan belum ada acara gempa susulan yang terjadi. Sehubungan dengan insiden gempa bumi tersebut, masyarakat diimbau tetap hening dan jangan simpel terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan dari pihak yang tidak bertanggungjawab. Selalu pantau informasi resmi yang disampaikan oleh BMKG.


Belum ada Komentar untuk "Bmkg Himbau Masyarakat Biar Tidak Terpancing Berita Palsu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel