Destinasi Wisata Laut Terbaik Di Indonesia Part 1

Tren berwisata sedang melanda masyarakat Indonesia, terutama kaum muda yang sangat antusias dengan wisata alam dan wisata bahari. Indonesia sendiri menyajikan hamparan alam dan lautan yang memikat, baik yang sudah terekspos dan populer ke seluruh penjuru dunia, hingga surga-surga yang masih jarang diketahui.


Berikut yaitu beberapa destinasi wisata kelautan yang sedang gencarnya melakukan pengembangan dan mulai dikenal di Indonesia bahkan dunia.


Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.











Taman Laut Kempulauan Seribu (Photo by: indonesia.travel)

Wisata kelautan yang sangat ideal untuk di kepulauan Seribu yaitu selancar, cruise regional, memancing, dan olahraga bahari. Untuk itu kegiatan pengembangan di tempat ini antara lain perencanaan tata ruang yang sangat terperinci antara arean konservasi dan pengembangan yang disertai taman nasional.


Di taman ini terdapat banyak sekali macam tanaman antara lain pandan laut (Pandanus tectorius), butun (Barringtonia asiatica), cemara laut (Casuarina equisetifolia), mengkudu (Morinda citrifolia), sentigi (Pemphis acidula), ketapang (Terminalia Catappa) dan seruni (Wedelia biflora).


Teluk Tomini, Kepulauan Tongean, Sulawesi Tengah.











Wisatawan Asing di Pantai Teluk Tomini(Photo by somplaaak.blogspot.co.id)

Kepulauan ini ideal untuk kegiatan selam dan snorkeling. Program pengembangan di tempat ini antara lain penyediaan fasilitas marina, yacht, kapal phinisi dan sea plane dengan kemintraan masyarakat dengan pelaku perjuangan pariwisata.


Teluk Tomini juga mempunyai barisan kepulauan yang berada di tengah-tengah tempat tersebut, mempunyai kesamaan dengan Kepulauan Seribu, yaitu Kepulauan Togean atau biasa dikenal dengan sebutan Togean Island oleh para wisatawan asing. Kurang lebih ada sekitar 56 Pulau dengan 1 buah gunung berapi yang masih aktif bernama gunung colo-colo.


Kepulauan Ujung Kulon dan Anak krakatau, Banten.











Pulau Peucang(Photo by serang-banten.blogspot.com)

 Kawasan wisata kelautan ini ideal untuk kegiatan selam dan cuise regional dengan tema pengebangannya ekowisata berbasis konservasi. Program pengembangan di tempat ini antara lain perencanaan tata ruang yang terperinci antara konservasi dengan areal pengembangan sesuai dengan daya dukung lingkungan.


Salah satu pulau terinda di kepulauan ini yaitu Pulau Peucang. Obyek wisata alam yang bisa dinikmati di pulau ini antara lain tracking ke Karang Copong, berenang, snorkeling dan menyelam. Wildlife viewing bisa dinikmati dengan menyebrang ke Padang Penggembalaan Cidaon yang memakan waktu ± 15 menit dengan memakai boat kecil yang berkapasitas 6 (enam) orang.


Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat











Raja Ampat (Photo by Unknown)

Raja Ampat yaitu sebuah kabupaten dengan luas wilayah lebih dari 4,5 juta hektar, dan berlokasi di sebelah barat kepala burung Papua Barat. 85% wilayah kabupaten ini merupakan lautan, sisanya merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Dari 600 pulau tersebut, terdapat 4 pulau besar, yaitu Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Batanta,dan Pulau Salawati. Selain 4 pulau tersebut, hanya 35 pulau di Kepulauan Raja Ampat yang berpenghuni, sisanya tidak ditinggali manusia. Baru sekitar 400 pulau di Kepualauan Raja Ampat sudah dieksplorasi, sisanya masih belum dijamah insan sama sekali.


Pulau Nias dan Kepulauan Mentawai, Sumut dan Sumbar











Surfing Mentawai (Photo by Unknown)

Kawasan wisata kelautan ini sangat ideal untuk selancar dengan pengembangannya ekowisata berbasis komunitas serta olahraga selancar. Program pengembangan di tempat ini lebih fokus pada penganekaragaman daya tarik wisata dengan menampilkan budaya daerah.


Mentawai bahwasanya sudah cukup usang populer alasannya yaitu ombaknya menjadikannya salah satu spot surfing terbaik di dunia. Terutama mentawai serpihan barat yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Saat ini telah dibuka airline-airline perintis yang tentu memudahkan wisatawan berkunjung ke Mentawai. dan Nias.



Menuju Part 2


Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Destinasi Wisata Laut Terbaik Di Indonesia Part 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel