Gunung Talamau Yang Luar Biasa

Gunung Talamau atau juga disebut Gunung Ophir yakni gunung tertinggi di Sumatera Barat yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, berdampingan dengan Gunung Pasaman. Gunung berapi tidak aktif ini mempunyai ketinggian 2,982 MDPL ini mempunyai pesona 13 telaga yang tersebar di puncak dan badan gunung.











Kantong Semar di Gunung Talamau (@anwarair)

Tempat registrasi atau lokasi start pendakian Gunung Talamau berada di Desa Pinaga, Kecamatan Kinali, 20 menit berkendara dari Simpak Ampek. Jarak ke Simpang Ampek sendiri yakni 80 km dari Lubuk Basung dan sekitar 150 km dari Kota Padang.


Untuk menaklukkan Gunung ini pendaki harus memenuhi beberapa syarat dan harus punya nyali tinggi. Beberapa peraturan juga harus ditaati pendaki demi menjaga keselamtan dan kelestarian lingkungan, peraturan tersebut yaitu;
– Jangan merusak tumbuhan dan fauna
– Tidak boleh membawa alat-alat musik
– Dilarang membawa sabun dan bahan yang mampu mencemari sumber air
– Tidak dibenarkan membawa minuman keras apalagi narkoba
– Tidak diijinkan berpencar-pencar.
– Tidak diijinkan pendaki putra dan putri tidur dalam satu tenda
– Tidak boleh berisik, berteriak atau bernyanyi keras
– Tidak boleh menyalakan api di tempat yang rawan kebakaran
– Di seluruh telaga Tidak boleh mandi, mencuci dan buang air
– Dilarang keras melakukan tindakan vandalisme
– Dilarang keras membuang kotoran disembarang tempat
– Setiap pendaki harus menghormati budpekerti – istiadat setempat. 
– Pendaki harus mematuhi lama ijin pendakian
– Melaporkan tragedi dan kerusakan pada petugas lapangan atau posko.
– Membayar Rp. 15.000 per kepala.


Gunung Talamau merupakan hutan rimba bahkan satwa buas seakan-akan Beruang dan Harimau masih berkeliaran di gunung ini. Peraturan tersebut seharusnya dilakukan para pendaki walaupun tidak dituliskan atau disebutkan, termasuk di gunung lainnya.











Gunung Talamau dan Gunung Pasaman (@rosan_7)

Hutan Gunung Talamau yang relatif masih perawan ini juga merupakan habitat dari beberapa satwa seakan-akan Rangkong, Burung Alap-Alap, Ayam Hutan Merah, Musang Leher  Kuning, Owa, Beruang Madu, Rusa, Macan Dahan (Harimau Campo) dan banyak lagi. Tanaman langka sekelas Kantong Semar juga mampu ditemukan di hutan Talamau.


Dalam perjalanan pendaki akan menemukan beberapa tempat istirahat (posko) yaitu; Bukit Harimau Campo (710 mdpl), Pos Rindu Alam (1100 mdpl), Pos Bumi Sarasah (1860 mdpl) dan Pos Paninjauan (2500 mdpl).











Hutan Talamau (@mamet17)

Beralih ke pesona Gunung Talamau. Gunung yang memikat ini mempunyai kekayaan yang tidak ada di gunung lain, yakni pesona 13 Telaga yang terdapat di Gunung ini. Ke 13 telaga tersebut juga mempunyai nama sesuai tragedi atau legenda yang terjadi di sekitar Talamau.












Talago Puti Sangka Bulan (TML Adventure)


Selain telaga, di Gunung yang mempunyai 5 puncak ini juga terdapat 4 buah gua yang masih misterius identitasnya. Dari puncak Talamau pendaki juga mampu melihat puncak Gunung Pasaman, Marapi, Singgalang dan Samudera Hindia.


Di tengah pendakian juga terdapat sebuah Air Terjun Spektakuler bernama Air Terjun Puti Lenggo Geni dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Air Terjun ini terletak akrab Pos Harimau Campo di ketinggian 710 MDPL, sekitar 3 jam perjalanan dari tempat start.


Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Gunung Talamau Yang Luar Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel