Keindahan Burai Burai Luhuang Malalak, Sumatera Barat

Air terjun Burai Burai Luhuang merupakan penderasan bagus yang paling mudah dicapai di Malalak. Walaupun kalah pamor dengan Langkuik Tamiang atau Langkuik Tinggi, Air Terjun ini tidak kalah cantik. Air terjun setinggi kurang lebih 50 m ini terletak dekat dengan perkebunan kulit manis penduduk. Terletak di Lurah (nama daerah) Jorong Toboh, Nagari Malalak Timur, Kec. Malalak, sekitar 30 km dari Kota Bukittinggi











Burai Burai Luhuang Malalak

Air Terjun 3 Tingkat atau masyarakat sekitar menyebutnya Burai-Burai Luhuang terletak hanya 700 meter (ke tingkatan pertama) dari jalan utama Simaka (Sicincin-Malalak-Balingka) yang merupakan jalan alternatif Padang-Bukittinggi. Jika Anda melewati jalan ini tiada salahnya untuk singgah sejenak mengambil foto di nirwana kecil di Nagari Malalak Timur ini.











Kulit Manis Malalak










Sungai ajaran Burai Burai Luhuang











Sungai Indah di Malalak

Untuk mencapai tingkatan pertama dan kedua, pengunjung akan melewati perkebunan penduduk yang mayoritas didominasi oleh Kulit Manis yang merupakan salah satu sumber mata pencarian utama masyarakat Malalak. Jangan terkejut melihat beberapa kayu yang ditebang, alasannya yaitu ialah kayu-kayu tersebut ialah Kulit Manis yang selesai dipanen. Sisa kayu akan dibaiarkan mengering dan akan dijadikan kayu bakar. Kemudian anak Kulit Manis baru akan ditanam kembali.











Keindahan Hutan di Malalak











Tingkat pertama Burai Burai Luhuang Malalak











Kejernihan Air Burai Burai Luhuang



10 sampai 15 menit perjalanan menusuri ‘Parak’ atau ladang, pengunjung akan disambut oleh penderasan Burai Burai Luhuang tingkat pertama dan kedua. Tingkatan ini merupakan spot terbaik untuk mandi-mandi dan cliff jumping.


Dengan kejernihan dan kesejukan airnya serta didukung oleh lingkungan yang masih bersih, sulit rasanya untuk menolak untuk mandi disini.











Alam Indah Malalak











Pemandangan disekitar Air Terjun

Melanjutkan perjalanan selama 5 menit menuju tingkatan terakhir, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang bagus dan masih bersih.











Air Terjun Malalak Yang Dekat Dari Jalan











Burai Burai Luhuang Malalak

Tingkatan terakhir, mempunyai ketinggian lebih kurang 50 meter, tetap bagus walaupun debit air yang kecil alasannya yaitu ialah info terkini kemarau. Air terjun ini terletak di tengah tebing yang melengkung, disekitarnya juga masih ditemukan beberapa pohon termasuk kayu manis.


Suatu pengalaman yang mengesankan dan tidak melelahkan.


Lihat Video Profil Air Terjun Burai Burai Luhuang, Malalak



Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Keindahan Burai Burai Luhuang Malalak, Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel