Misi Ke Saturnus Berakhir, Nasa Siap Hancurkan Satelit Cassini

Satelit NASA tanpa awak yang berjulukan satelit Cassini yang menjelajahi planet Saturnus dalam dua dekade terahir dikabarkan telah hingga pada misi terahirnya.


Pada hari Jumat 15 September lalu, adalah misi terakhir Cassini. Sebelumnya pada 25 April lalu, pesawat yang ditugaskan di untuk menjelajahi planet saturnus itu memulai puncak perjalanannya, adalah dengan mendekati antara cincin Saturnus dengan planetnya.


Misi ke Saturnus Berakhir, NASA Siap Hancurkan Satelit Cassini


Satelit


Cassini yang dikabarkan bahwa materi bakarnya sudah mulai habis. Satelit itu akan kehilangan tenaga dan juga akan besar kemungkinan tertarik kedalam atmosfer planet saturnus serta menunjukan bahwa misi yang dimulai pada 1 Juli 2004 kemudian pun berakhir.


Selama 13 tahun terahir, Cassini telah memperlihatkan sejumlah gambar isu menakjubkan di planet bercincin Saturnus. Termasuk menginformasikan kelahiran dari sebuah gunung, mencicipi perkembangan lautan alien dan menyaksikan angin ribut raksasa yang mengelilingi seluruh planet tersebut.


Menjelang ahir hayatnya, Satelit Cassini masih akan mengirim data-data terbaru perihal komposisi planet saturnus, selama antenanya pemancarannya masih mengarah ke Bumi. Dikutip dari CNN Kamis (14/9/2017), tidak ada pesawat luar angkasa yang  dapat sedekat itu dengan planet bagus Saturnus selain Satelit Cassini.


Komunikasi dengan Cassini diperkirakan telah berakhir pada Jumat kemarin. Sambungan komunikasinya pun akan segera menghilang, dan satelit Cassini akan memasuki atmosfer Saturnus dengan kecepatan yang luar biasa karena tarikan dari planet tersebut.


Kemungkin besarnya dalam dua menit kemudian, Cassini akan hangus terbakar dan hancur berkeping-keping. Sisa dari awak badan dari Cassini juga akan meleleh karena tingginya temperatur dan tekanan planet bercicncin tersebut.


Diperkirakan, Cassini akan mengakhiri misi utamanya tersebut pada pukul 6.30 Eastern Time. Di Bumi, sinyal terakhirnya akan didapat pada Jumat 15 September 2017 pukul 08.00.


 


Belum ada Komentar untuk "Misi Ke Saturnus Berakhir, Nasa Siap Hancurkan Satelit Cassini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel