Penyakit Anosmia Dan Pengobatannya


    Penyakit Anosmia Ciri Penyebab Gejala . Apa itu Anosmia ? Bagi yang belum mengetahuinya, salah satu penyakit  Anosmia ialah kelainan pada indra penciuman, atau dalam kata lain ketidak mampuan seseorang untuk mencium amis atau aroma sesuatu. Anosmia bisa berupa penyakit yang sanggup berlangsung sementara maupun permanen.





©pixabay

Penyakit Anosmia dan Pengobatannya



   Seperti yang dikutip dari mayoclinic.org, segala kondisi kehilangan penciuman merupakan hal yang jarang terjadi, namun itu akan jikalau terjadi, efeknya bisa sangat serius. Kehilangan penciuman bahkan bisa menimbulkan orang yang menderita mengalami stress atau depresi, kehilangan impian akan nafsu makan dan penurunan berat tubuh secara tidak sehat.



  Terkadang penyakit anosmia akan hilang dengan sendirinya. Namun pada beberapa peristiwa lain anosmia menjadi permanen disebabkan lantaran faktor penuaan atau terjadinya tumor. Berkurangnya indera penciuman berkaitan dengan indera pengecapan. Sehingga dikala susah untuk mencium aroma makanan, untuk merasakannya pun susah. Satu hal inilah yang akan menciptakan penderita anosmia akan merasa terganggu. Nafsu makan pun menjadi berkurang, sehingga sanggup menurunkan berat badan. Selain itu, ada beberapa aroma kuliner atau wewangian mirip pada bunga yang bisa memicu rasa bahagia, akan lebih susah Anda rasakan, sehingga berdampak pada suasana hati Anda.




 Anda mungkin pernah mengalami kehilangan penciuman lantaran flu, namun hal itu hanya berlangsung sementara dan penciuman Anda kembali normal dikala pilek sudah sembuh. Penyebab kondisi anosmia ini bisa dikarenakan oleh iritasi permanen atau adanya kerusakan selaput lendir yang melapisi adegan dalam hidung Anda.



Penyakit Anosmia




  Iritasi ini bisa dikarenakan adanya sinusitis atau infeksi sinus, pilek, alergi debu atau serbuk, Influenza berkepanjangan, dan rhinitis nonallergic atau bersin-bersin tanpa adanya reaksi alergi. Namun banyak juga penyebab lain yang bisa memicu melemahnya atau hilangnya kemampuan penciuman, mirip penuaan, pernah mengalami operasi pada otak, cedera otak, adanya penyakit tumor otak, Alzeimer, Parkinson, imbas obat-obatan dan lain sebagainya.




    Nah itulah beberapa ciri dari Penyakit Anosmia Anda bisa memeriksakan ke dokter untuk lebih jelasnya dan mendapat diagnosa yang tepat. Risiko kehilangan penciuman ini juga meningkat dikala Anda berusia lebih dari 60 tahun. 


Belum ada Komentar untuk "Penyakit Anosmia Dan Pengobatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel