Pesona Bukit Kerikil Manda Balubuih, Sumatera Barat

Bukit Manda, Puncak Manda atau Bukik Batu Manda yaitu objek wisata gres yang berlokasi di Balubuih. Batu Manda sendiri yaitu kerikil busuk tanah yang terletak di Pebukitan Parasi. Batu Manda merupakan salah satu kerikil busuk tanah yang dianggap bersejarah dan mempunyai kekuatan mistis diantara kerikil lainnya seakan-akan Batu Bakoca, Batu Biliak, Batu Manggigia dan Batu Palano. Itulah pesona lain yang bernilai sejarah dan budaya dibalik keindahan Surga Alam ini.











Pemandangan dari Batu Manda (@yodisukra)











Bukit Batu Manda (@chomallavany)

Belubus atau Balubuih yaitu Jorong/Desa di kenagarian Sei. Talang, kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk mencapai Balubuih pengunjung harus menempuh jarak sekitar 15 km dari pusat kota Payakumbuh melalui jalan Tan Malaka ke Arah Suliki. Desa ini mempunyai kekayaan yang unik, selain pesawahan, sebuah telaga dan pemandangan alam yang rupawan desa ini menyimpan aneka macam peninggalan sejarah sepeti yang disebutkan diatas.











Sebuah Telaga Kecil yang Bisa Disinggahi (@wandrop)











Bukit Batu Manda (@elvisaa18)

Disamping sejarah tersebut, saat ini Bukit Manda menjadi daerah melancong spektakuler paling gres di Kabupaten 50 Kota, bukit ini menyajikan keindahan alam berupa perbukitan, pepohonan yang hijau, sekumpulan rumah-rumah penduduk dan sebuah waduk kecil yang memberi warna tersendiri. Tempat ini belakangan menjadi buruan perjaka Minang untuk sekedar berfoto atau rekreasi.











Batu Manda (youtu.be/CBsVQZymDDE)











Spot Pertama Bukit Batu Manda (youtu.be/CBsVQZymDDE)

Batu Manda merupakan kerikil dengan ukuran yang cukup besar, ukurannya sekitar 10 (panjang) x 5 (lebar) x 10 (tinggi) meter. Batu ini mampu dinaiki atau didaki melalui celah yang terdapat di belakang batu. Namun pengunjung yang berniat menaikinya harus ekstra hati-hati karena ialah kalau terjatuh akan sangat fatal akibatnya, mengingat tebing yang ada disekeliling batu.











Pemandangan Dari Batu Manda (@fariz_112))











Suasana di Atas Batu Manda (@_ratnawilis)

Batu ini merupakan spot terbaik di Bukit Manda bahkan payakumbuh dan sekitarnya untuk menyaksikan pemandangan alam yang spektakuler di Kabupaten 50 Kota. Batu ini sangat unik, bagaimana mampu kerikil dengan ukuran sebesar itu berada di puncak bukit dengan ketinggian kurang lebih 550 mdpl?











Bukit Batu Manda (@susanrefita)

Terkadang memang terdengar mistis, namun kalau tidak berniat jelek dan menjaga keindahan alam, hal yang jelek pun tidak akan terjadi. Tujuan wisata terbaru ini mampu menjadi referensi gres bagi anda yang ingin refreshing terutama bagi anda yang berdomisili di Sumatera Barat. Ayo Majukan Indonesia dengan Sadar Wisata.


Always remember, safety is your number one priority and Jangan Nyampah…
Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Pesona Bukit Kerikil Manda Balubuih, Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel