Profesi Tour Leader, Jalan-Jalan Gratis Dan Bisa Uang

Apakah anda pernah melakukan perjalanan wisata? apakah perjalanan anda dipandu oleh seorang Guide? mungkin anda juga berpikir alangkah asyiknya menjadi Guide yang bisa menghasilkan uang sekaligus jalan-jalan gratis. Sebelum melihat enaknya menjadi seorang Tour Leader, mari kita pahami dulu perbedaan Tour Leader dan Tour Guide.


Tour Guide (pemandu wisata atau Pramuwisata) berpengetahuan mendalam mengenai suatu objek wisata tertentu. Tugasnya menjelaskan sedetil mungkin kepada anggota rombongan mulai dari latar belakang sejarah, tata cara, dan kebiasaan hidup masyarakat setempat hingga kawasan membeli souvenir dan makan di kawasan tersebut. Setelah kegiatan kunjungan berakhir, berakhir pula tugasnya.











Tour Leader (Photo by IG @upwpnp14)

Sedangkan Tour Leader (seorang pemimpin rombongan) lebih banyak berperan sebagai ‘leader’ anggota rombongan yang juga menyertai dan melayani kepentingan para anggota rombongan selama perjalanan, mulai dari kedatangan di bandara, pengaturan transportasi, check-in/out di hotel kota tujuan, morning call, pembagian kamar untuk peserta hingga perkara penjadwalan acara. Dia harus mempunyai kemampuan manajerial dan komunikasi yang baik.


Kebanyakan Tour Guide yaitu seorang freelancer dan hanya menguasai satu destinasi atau satu objek wisata saja (Local Tour Guide), untuk menjadi seorang guide lokal juga tidak memerlukan pendidikan yang tinggi, bahkan pelajar Sekolah Menengan Atas yang hanya menguasai Bahasa Inggris pun bisa menjadi seorang Guide, namun tentu saja hospitality dan pengetahuan tentang objek wisata yang di-handle nya harus tinggi.











Local Guide (Tour Guide) Istana Pagaruyung (Photo by IG @upwpnp14)

Jika Guide lokal bekerja freelance atau dibawah naungan dinas pariwisata setempat, maka Tour Leader bekerja pada sebuah Biro Perjalanan Wisata dan umumnya mereka merupakan alumni Akademi Pariwisata maupun lulusan Universitas jurusan Pariwisata atau Usaha Perjalanan Wisata. Seorang Tour Leader juga bisa menjadi Guide sekaligus, mereka sangat menguasai teknik pemanduan, kemampuan berbahasa gila dan mempunyai wawasan luas tentang kepariwisataan lokal maupun internasional.


Menjadi Tour Leader sangatlah menjanjikan, namun hanya segelintir orang yang menjalani profesi ini, terutama yang memandu perjalanan ke luar negeri. Padahal, pendapatan yang ditawarkan tidak main-main, kalau seorang guide lokal bisa menghasilkan hingga ratusan ribu rupiah setiap tournya, seorang Tour Leader ke luar negeri bisa menerima hingga $200 per hari. Jika beliau memimpin tour ke Eropa selama 2 minggu bisa anda hitung sendiri berapa pendapatannya, itupun belum termasuk tip dan biaya hotel serta makan.


Apakah anda berminat dengan profesi ini?
Sumber http://www.ondehmandeh.com/


Belum ada Komentar untuk "Profesi Tour Leader, Jalan-Jalan Gratis Dan Bisa Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel