Resep Dan Tips Trick Menciptakan Terong Sambal Kacang

Resep Masakan Sayur (Resep Masakan Khas Jakarta) – Halo Sahabat Resep. Kali ini saya masih ingin memberikan resep kuliner yang berasal dari kawasan Ibukota Jakarta. Ya, bagi anda yang berasal dari Jakarta niscaya sudah mengenal kuliner ini.


Nama kuliner ini adalah Terong Sambal Kacang. Ini merupakan kuliner sayur yang menjadi salah satu kegemaran orang Jakarta.


Mungkin bagi sebagian orang terong biasanya hanya disajikan sebagai lalaban, terutama orang sunda. Mereka seringkali menyajikan terong ini bersama sambal terasi atau pun sambal cabe rawit yang super pedas ditambah dengan ikan asin bakar.


Tetapi berbeda dengan orang Jakarta, mereka mengolah terong ini menjadi salah satu kuliner yang unik. Merekan mengolah nya dengan balutan sambal kacang yang gurih dan nikmat.


Apa saja sih yang harus kita butuhkan untuk menciptakan terong sambal kacang ini?


Tentu saja materi utama dari kuliner ini adalah terong. Tapi terong yang dipakai adalah terong ungu. Bahan lainnya adalah bawang daun, batang ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabe merah, saus tomat, air sagu, garam, gula dan yang terpenting adalah kacang goreng.


Ini seakan-akan kita menciptakan sambal kacang yang disiramkan pada terong goreng. Rahasia kelezatannya tentu saja ada pada sambal kacangnya.


Praktis ko, saya yakin anda niscaya sanggup membuatnya dengan mudah. Berikut ini uraian Resep dan Tutorial Membuat Terong Sambal Kacang. Silahkan disimak denga baik.











Kali
(Terong Sambal Kacang, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 25 menit

: 20 menit

: 45 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 – 5 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Potong-potong seukuran 2 cm 3 buah terong kemudian goreng, sisihkan

  • 1 buah batang daun bawang, kemudian potong-potong adegan daun hijaunya seukuran ½ cm

  • Iris tipis 1 buah batang ketumbar

  • Iris tipis 2 butir bawang merah

  • Iris tipis 2 siung bawang putih

  • Iris tipis 5 buah cabe merah

  • 3 sendok makan saus tomat

  • 200 cc air

  • 1 sendok makan air sagu untuk mengentalkan

  • Gula dan garam secukupnya

  • 2 sendok makan kacang goreng



Tutorial menciptakan Terong Sambal Kacang:



  1. Panaskan minyak kemudian tumis irisan bawang merah, bawang putih dan juga cabe diatas api sedang, aduk-aduk sampai harum.

  2. Setelah itu masukkan saus tomat, air, gula, dan garam. Aduk-aduk sampai merata dan masak sampai mendidih, kemudian masukkan terong goreng dan masak sampai meresap.

  3. Selanjutnya masukkan air sagu biar kuahnya menjadi mengental. Aduk-aduk kembali dan masak sebentar.

  4. Terakhir angkat dan sajikan dengan taburan daun bawang, daun ketumbar dan kacang goreng diatasnya.



Rekomendasi Resep : Sayur Pelangi


Ok itu ia Resep dan Tutorial Membuat Terong Sambal Kacang khas dari kawasan Ibukota kita tercinta, Jakarta. Orang betawi memang jagonya menciptakan kuliner yang terlihatnya biasa namun mempunyai rasa yang luar biasa.


Berbicara wacana kandungan dan manfaat dari kuliner ini, saya akan sajikan pula untuk anda informasinya.


Karena materi utamanya adalah terong ungu. Maka saya akan berikan sedikit klarifikasi mengenai kandungan gizi dan manfaat dari terong ungu ini.


Terong mempunyai beberapa kandungan gizi seakan-akan Niacin, Riboplavin, Tiamin, Folat, Vitamin E dan K, serta Nasunin.


Niacin ini disebut juga sebagai Vitamin  B3 yang sanggup larut dalam air dan memecah lemak, protein, karbohidrat dan alkohol untuk menghasilkan energi. Niacin ini pula mempunyai tugas serta dalam membentuk enzim di dalam tubuh manusia.


Sedangkan, zat folat ini sangat mengagumkan sekali untuk otak. Bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan otak.


Dengan kandungan gizi dan nutrisi seakan-akan itu tentu saja terong mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia.


Mengkonsumi terong dengan jumlah yang tepat sanggup memberikan manfaat bagi tubuh kita. Salah satu keuntungannya adalah sanggup menyehatkan jantung, membantu kesehata otak, menurunkan berat badan, membantu pencernaan, dan sanggup mengontrol kadar gula dalam darah.


Dan kabar gembiranya untuk anda perempuan, ternyata terong ini sanggup memembuat kulit kita menjadi semakin bersinar dan melembabkan kulit kepala anda.


Cukup banyak bukan kandungan serta manfaat dari kuliner ini. Menurut saya ini merupakan tutorial enak untuk hidup sehat. Anda sanggup menerima rasanya yang enak sekaligus manfaat kesehatan bagi tubuh. Belum lagi sambal kacangnya yang sanggup menyehatkan pencernaan kita.


Nah Sahabat Resep, mungkin itu saja yang sanggup saya jelaskan pada tulisan kali ini mengenai Resep dan Tutorial menciptakan Terong Sambal Kacang. Resep Masakan Sayur ini merupakan kuliner yang enak dan juga menyehatkan tubuh kita.


Selamat mencoba resepnya dirumah ya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tips Trick Menciptakan Terong Sambal Kacang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel