Resep Dan Tips Trick Menciptakan Kuliner Gulai Ikan Tongkol

Resep Masakan Ikan (Resep Masakan Khas Bengkulu) – Halo Sahabat Resep.. Senang sekali kali ini saya sanggup update lagi resep makanan Indonesia terbaru untuk anda semua. Maaf sudah usang menunggu untuk anda penggemar setia blog resep ini.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan update resep makanan ikan terbaru khusus untuk anda yang sangat menyukai makanan ikan. Resep kali ini berasal dari kawasan Bengkulu.


Bagi anda penggemar ikan tongkol berikut ini saya akan mengulas mengenai resep ikan tongkol yang mungkin gres untuk anda. Bila anda merasa bosan dengan resep makanan ikan tongkol yang itu-itu saja, tidak ada salahnya anda mencoba resep ini.


Masakan ini bernama Gulai Ikan Tongkol. Biasanya materi untuk menciptakan gulai ini memakai materi daging sapi atau ayam. Tapi Bengkulu mempunyai tutorial yang berbeda untuk menciptakan makanan gulai ini, yaitu dengan memakai materi ikan tongkol yang sudah populer kelezatannya.


Jika anda tertarik untuk mencobanya, simak klarifikasi resepnya berikut ini.


Tentu saja anda harus menyiapkan aneka macam macam bahan-bahan makanan selain ikan tongkol sebagai materi utamanya.


Apa saja bahan-bahanya?


Cukup sederhana, anda hanya perlu menyiapkan serai, jahe, garam, lada, santan, daun kemangi, sedikit minyak untuk menumis. Dan untuk bumbu halusnya menyerupai biasa anda siapkan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan juga cabe merah.


Proses pembuatannya pun sangat praktis dan sederhana, dan bagi anda yang suka memasak niscaya akan menikmati proses ini.


Agar ikan tongkol tidak terlalu berbau amis, serta mempunyai tekstur daging ikan yang lembut. Pertama anda harus melumuri potongan daging ikan tongkol dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya benar-benar meresap ke dalam daging ikan.


Setelah itu, ikan dibakar terlebih dahulu sampai matang. Kemudian, menciptakan kuah/gulainnya, dimulai dengan menumis bumbu halus dan mencampur bahan-bahan lainnya sampai menjadi kuah yang kental dan gurih.


Setelah kuah menjadi kental, barulah masukan daging ikan tongkol yang sudah dibakar tadi ke dalamnya dan aduk-aduk serta masak sebentar supaya kuah nya meresap ke dalam daging ikan. Dan bila sudah mendidih dan meresap ke dalam daging ikan, angkat dan sajikan.


Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Resep dan Tutorial Membuat Masakan Gulai Ikan Tongkol.











Senang
(Gulai Ikan Tongkol, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 30 menit

: 45 menit

: 75 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Sedang



Bahan-bahan:



  • Siapkan 1 ekor ikan tongkol kemudian potong menjadi 5 bagian

  • Memarkan 1 buah batang serai

  • Memarkan 2 cm jahe

  • ½ sendok teh garam

  • ½ sendok teh lada

  • Buat 500 ml santan dari 1 butir kelapa

  • 20 lembar daun kemangi

  • 6 sendok makan minyak untuk menumis

  • 2 buah jeruk nipis



Bahan bumbu halus:



  • 8 butir bawang merah

  • 4 siung bawang putih

  • 3 cm kunyit

  • 6 buah cabe merah



Tutorial menciptakan Gulai Ikan Tongkol:



  1. Masukkan potongan ikan tongkol ke dalam wadah kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis, garam, dan juga lada. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam potongan ikan tersebut.

  2. Setelah itu, siapkan oven kemudian bakar ikan diatas oven tersebut sampai ikan matang. Setelah matang angkat dan sisihkan.

  3. Kemudian, panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus dengan serai, jahe, sampai matang dan harum. Setelah itu masukkan potongan ikan tongkol, aduk perlahan supaya ikan tidak hancur.

  4. Selanjutnya masukkan santan, garam, lada, masak sampai mendidih dan kental. Lalu tambahkan daun kemangi dan adu-aduk kembali sampai merata.

  5. Terakhir ketika sudah dirasa matang dan merata, angkat gulai ikan tongkol dan segera sajikan.



Rekomendasi Resep : Kakap Kuah Khas Gorontalo


Akan lebih enak bila anda menyajikannya bersama dengan nasi putih hangat. Dan yang menciptakan sebuah makanan sangat nikmat tentunya bila anda sanggup menikmatinya di dalam suasana yang hangat bersama keluarga tercinta.


Nah, Sahabat Resep itulah ia Resep dan Tutorial Membuat Masakan Gulai Ikan Tongkol yang sanggup anda jadikan contoh sajian makanan anda hari ini.


Semoga goresan pena saya ini sanggup bermanfaat dan sanggup menginspirasi anda untuk menciptakan makanan yang enak-enak dan lebih menyayangi makanan Indonesia.


Selamat mencoba Sahabat Resep, tunggu update resep berikutnya. Dan jangan lupa untuk membagikan ulang resep makanan ikan ini ya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tips Trick Menciptakan Kuliner Gulai Ikan Tongkol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel