Resep Dan Tutorial Menciptakan Bubur Sagu Ubi Ambon Manise

Resep Masakan Khas Maluku Utara – Masih berbicara wacana kuliner yang dibentuk dari sagu yang sanggup anda jadikan sebagai sajian pilihan anda dan keluarga. Makanan ini sejenis bubur sagu yang dicampur dengan ubi yang manis. Saya yakin anda niscaya ingin mencobanya.


Olahan tepung sagu memang tidak ada habisnya. Seperti kuliner yang satu ini, tepung sagu ternyata tidak hanya sanggup dibentuk Papeda oleh masyarakat Maluku Utara, tetapi juga sanggup dibentuk Bubur Sagu yang dicampur dengan ubi yang lezat dan manis.



Sekilas Bubur Sagu Ubi ini seolah-olah dengan kolak ubi, tetapi sedikit lebih kental dan sangat manis. Mengenai rasa, pokoknya lezat sekali. Dan ini merupakan salah satu kuliner kesukaan saya.


Jika anda ingin membuatnya anda perlu menyiapkan beberapa materi seolah-olah sagu, air, gula pasir, gula merah, daun pandan, kenari, dan juga ubi merah. Serta sausnya yang dibentuk dari santan, sedikit garam dan daun pandan.


Tutorial membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu memasak beberapa adonan materi tadi diatas panci sampai mengental dan menjadi bubur.  Pada pada dasarnya hanya seolah-olah itu, kemudian disajikan dengan siraman santan diatasnya.



Lebih jelasnya berikut ini saya akan menunjukkan Resep dan Tutorial Membuat Bubur Sagu Ubi khas Ambon untuk anda semua.












Masih
(Bubur Sagu Ubi, Sumber Foto; bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 20 menit

: 40 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Siapkan sagu lempengan sebanyak kurang lebih 100 gram kemudian rendam didalam 100 ml air selama 1 jam sampai sagu mengembang kemudian tiriskan dan buang airnya.

  • 1 liter air

  • 100 gram gula pasir

  • Sisir 100 gram gula merah

  • Ikat 2 lembar daun pandan

  • Kupas dan cincang bernafsu kenari sebanyak 100 gram yang akan dipakai untuk taburan

  • Potong dadu 100 gram ubi merah, jangan terlalu kecil dan juga jang terlalu besar



Bahan Saus:



  • 250 ml santan yang dibentuk dair 1 butir kelapa

  • Daun pandan sebanyak 2 lembar

  • 1 sendok teh garam



Tutorial Membuat Bubur Sagu Ubi Ambon:



  1. Siapkan panci kemudian masukan air, gula pasir, gula merah, dan juga daun pandan. Masak sampai gula menjadi larut kemudian angkat dan saring airnya.

  2. Kemudian didihkan kembali air gula yang sudah disaring tadi kemudian masukkan bagian ubi merah dan juga sagu yang telah lunak. Masak sambil diaduk-aduk sampai matang dan mengental.

  3. Tahap selanjutnya adalah menciptakan saus. Caranya didihkan semua materi saus yang sudah disiapkan, aduk-aduk sampai santan mengental kemudian angkat dan sisihkan.

  4. Lalu semuanya tinggal disajikan saja. Jadi, siapkan mangkuk saji kemudian taruh bubur sagu, beri saus dan taburkan kenari cincang.

  5. Bubur Sagu Ubi Ambon siap disajikan.



Makanan ini mengenyangkan selain segar dan gula merahnya sanggup menciptakan anda semangat kembali. Saya sangat merekomendasikannya untuk anda coba dirumah. Disamping itu daun pandan nya tercium sangat amis dan sanggup menciptakan anda tambah berselera.


Oke itu saja yang sanggup saya bahas pada gesekan pena kali ini wacana Resep dan Tutorial Membuat Bubur Sagu Ubi Ambon Manise. Semoga bermanfaat dan sanggup menjadi sajian pilihan anda sekeluarga.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Bubur Sagu Ubi Ambon Manise"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel