Resep Dan Tutorial Menciptakan Kuliner Kerang Masak Sambodo

Resep Masakan Khas Nusa Tenggara Timur – Ini ia resep yang harus dicoba oleh pecinta seafood. Salah satu masakan laut yang tidak diragukan lagi kelezatannya. Semua orang niscaya akan menyukai masakan ini.


Pada kesempatan ini saya akan membahas masakan laut yang merupakan masakan khas dari tempat Nusa Tenggara Timur. Mereka menamakan masakan ini Kerang Masak Sambodo. Masakan ini cukup populer disana dan menjadi salah satu masakan kesukaan mereka. Bagi anda yang ingin mencoba nya silahkan simak goresan pena saya ini selengkapnya.


Kerang Masak Sambodo merupakan masakan yang berbahan dasar kerang merah dengan bumbu yang pedas. Masakan ini dibentuk dari beberapa materi seperti air jeruk nipis, daun kemangi, belimbing sayur, cabe hijai serta bumbu yang dibentuk dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit hijau, kunyit, kemiri dan sedikit garam.


Tutorial menciptakan Kerang Masak Sambodo ini mampu dibilang mudah, anda hanya perlu kesabaran saja sebab ialah daging kerang merah harus dicampur dengan air perasan jeruk nipis terlebih dahulu dan didiamkan selama kurang lebih 20 menit untuk diproses selanjutnya.


Setelah itu, menumis bumbu halus dan bumbu lainnya yang kemudian dicampur kembali bersama kerang merah tadi. Dimasak hingga matang dan bumbu meresap.


Seperti yang sering saya katakan bahwa kelezatan masakan itu terdapat pada materi masakan yang segar. Dalam hal ini anda harus jeli dalam menentukan kerang sebagai materi utamanya. Pastikan anda menentukan kerang yang segar.


Lalu bagaimana ciri-ciri kerang yang masih segar? anda mampu melihat beberapa hal seperti kerang yang segar itu tidak mempunyai kedaluwarsa busuk, berlendir serta cangkangnya yang masih tertutup rapat. Tapi bila kerang sudah terlepas dari cangkangnya, pastikan anda pegang daging kerangnya sebab ialah daging kerang yang segar niscaya terasa kenyal saat dipegang.


Itulah sedikit tips dari saya dalam menentukan kerang untuk memasak masakan yang saya bahas kali ini. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini saya tuliskan untuk anda Resep dan Tutorial Membuat Masakan Kerang Masak Sambodo.











Ini
(Kerang Masak Sambodo, Sumber Foto; bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 25 menit

: 25 menit

: 50 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Sedang



Bahan-bahan:



  • Daging kerang merah sebanyak 500 gram

  • Ambil air dari ½ buah jeruk nipis

  • Daun kemangi kurang lebih sebanyak 10 gram

  • 6 buah belimbing sayur

  • Iris serong 3 buah cabe hijau

  • Minyak secukupnya untuk menumis



Bahan bumbu halus:



  • 5 buah bawang merah

  • 2 siung bawang putih

  • 3 buah cabe merah

  • 5 buah cabe rawit hijau

  • 1 cm kunyit

  • 2 butir kemiri

  • ½ sendok teh garam



Tutorial Membuat Kerang Masak Sambodo:



  1. Cuci higienis daging kerang merah kemudian campur dengan air perasan jeruk nipis. Aduk-aduk biar tercampur rata kemudian diamkan selama 20 menit dan sisihkan.

  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus bersama dengan daun kemangi, belimbing sayur dan juga irisan cabe hijau hingga harum dan menjadi layu.

  3. Selanjutnya masukkan kerang kemudian aduk kembali hingga merata dan masak hingga kerang matang serta bumbu mampu meresap.

  4. Setelah itu, angkat kemudian sajikan.

  5. Kerang Masak Sambodo siap untuk disantap.



Kerang Masak Sambodo ini sehat untuk dikonsumsi. Dengan anda mengolahnya dengan baik, anda mampu memperoleh manfaat dari masakan ini.


Banyak orang beranggapan bahwa kerang itu mempunyai kolesterol yang cukup tinggi tapi ternyata sebetulnya kerang itu mempunyai tingkat kolesterol yang rendah. Dengan porsi yang pas anda mampu menerima manfaatnya.


Selain itu, kerang ini juga sangat mengagumkan untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi kerang secara rutin dan dengan porsi yang pas, anda mampu menjaga kesehatan jantung anda dan mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.


Nah itulah informasi yang mampu say sampaikan pada goresan pena saya kali ini. Mudah-mudahan Resep dan Tutorial Membuat Masakan Kerang Masak Sambodo ini mampu bermanfaat untuk anda semua.


Ayo subscribe kini dan jangan hingga anda lewatkan update artikel resep terbaru pribadi ke alamat email anda.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Kuliner Kerang Masak Sambodo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel