Resep Dan Tutorial Menciptakan Cumi Teutumeh Aceh

Resep Masakan Khas Aceh – Halo sobat resep. Berbicara wacana masakan laut, Aceh mempunyai berbagai macam masakan bahari yang enak. Hal ini alasannya ialah ialah yakni letaknya yang sebagian besar berdekatan dengan laut. Sehingga Aceh mempunyai hasil bahari yang sangat beragam dan melimpah.


Tidak heran masyarakatnya pun mempunyai berbagai macam olahan masakan laut. Di mulai dari masakan yang berbahan dasar ikan, udang, sampai masakan yang berbahan dasar cumi. Nah, salah satunya resep masakan yang akan saya bahas pada tulisan kali ini.


Siapa yang tidak kenal dan tidak suka dengan cumi? Cumi memang merupakan hasil bahari yang sangat banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak orang yang mengolah cumi ini menjadi berbagai macam hidangan yang menggoda.


Seperti masyarakat Aceh yang mengolah cumi menjadi olahan yang sangat nikmat, dan mereka menamai masakan ini dengan nama Cumi Teutumeh.


Tidak tahu niscaya mengapa masakan ini dinamakan Cumi Teutumeh, yang terang masakan ini sangat lezat, dimana daging cumi yang empuk dan kenyal dicampur dengan kuah santan yang kental dan gurih. Sehingga, tidak sedikit para pelancong yang tiba berkunjung ke Aceh mencobanya dan menyukai masakan yang satu ini.


Bagi anda Sahabat Resep yang setia dengan blog ini, saya mempunyai resepnya yang mampu anda coba dirumah. Ya mungkin anda hanya mengolah cumi dengan digoreng ataupun dengann resep yang sudah sering anda praktikkan.


Tidak ada salahnya anda mencoba resep masakan khas Aceh ini sebagai variasi sajian masakan harian keluarga anda.


Langsung saja, berikut ini saya sajikan untuk anda Resep dan Tutorial Membuat Cumi Teutumeh Aceh. Silahkan disimak baik-baik dan dicatat bila perlu.











Aceh
(Cumi Teutumeh, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 30 menit

: 20 menit

: 50 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Sedang



Bahan-bahan:



  • Siapkan udang sebanyak kurang lebih 500 gram, kemudian potong lingkaran seukuran 2 cm dan kerat di salah satu potongan sisinya

  • Ambil ari dari 1 buah jeruk nipis

  • Santan sebanyak 800 ml

  • Asam sunti sebanyak 2 buah

  • Belimbing sayur sebanyak 3 buah

  • Cabai rawit merah sebanyak 5 buah

  • Cabai rawit hijau sebanyak 5 buah

  • Minyak secukupnya untuk menumis



Bahan bumbu halus:



  • Bawang merah sebanyak 6 buah

  • Bawang putih cukup 2 siung saja

  • 4 buah cabe merah

  • Kunyit seukuran 1 cm

  • Jahe seukuran 2 cm

  • 1 sendok teh lada

  • 1 sendok teh garam



Tutorial menciptakan Cumi Teutumeh:



  1. Siapkan wadah kemudian masukkan potongan cumi, beri air jeruk nipis kemudian aduk merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.

  2. Selanjutnya siapkan wajan beri sedikit minyak, panaskan dan tumis bumbu halus sampai tercium harum.

  3. Tambahkan cabe rawit merah dan cabe rawit hijau, aduk-aduk dan masak sampai layu.

  4. Setelah layu, baru masukkan potongan cumi tadi, diaduk kembali. Lalu masukkan santan, asam sunti dan belimbing sayur. Aduk-aduk sampai merata dan masak sampai cumi matang dan santan menjadi sedikit mengental.

  5. Setelah mengental, itu tandanya masakan sudah matang dan siap disajikan.

  6. Lalu angkat dan sajikan.


Setiap tempat mempunyai materi dan tutorial menciptakan masakan yang berbeda-beda, seolah-olah halnya Aceh yang sering memakai asam sunti dan belimbing sayur pada masakannya. Namun, intinya tutorial menciptakan Cumi Teutumeh ini sangat mudah.


Selanjutnya, selain tutorial menciptakan sebuah masakan terus rasa dari masakan tersebut, orang juga sering ingin mengetahui kandungan gizi dari masakan tersebut.


Cumi Teutumeh, sebagai masakan yang berbahan dasar cumi mempunyai beberapa kandungan gizi yang sangat baik dan diharapkan oleh tubuh kita.


Aceh

Dalam setiap 100 gram cumi mengandung sekitar 175 kkal, total lemak sebesar 7 gram, sodium 306 mg pottasium 279 mg, karbohidrat sebesar 8 gram, dan juga protein sekitar 18 gram.


Dengan kandungan yang begitu kompleks, cumi mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh kita.


Salah satunya yaitu penelitian yang dilakukan oleh Hiroki dari salah satu Universitas di Jepang, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kandungan tinta dalam cumi ini mengandung vitamin A yang cukup besar sehingga mampu membantu dalam mengatasi tumor.


Selain itu, tinta dalam cumi pun sesudah diteliti ternyata mempunyai kandungan zat-zat khusus yang mampu mengaktifkan sel darah putih yang sangat baik untuk membasmi berbagai basil atau bibit penyakit yang mungkin mampu masuk ke dalam tubuh manusia.


Namun ada satu hal yang harus anda perhatikan, yaitu bahwa cumi ini mengandung kolesterol yang cukup besar, sehingga saya sarankan anda untuk tidak memakan masakan ini terlalu banyak.


Itulah sedikit wacana kandungan nutrisi dari Cumi Teutumeh yang mampu anda dapatkan.


Selanjutnya bagi anda yang ingin menciptakan masakan ini, menentukan materi dasar yang segar merupakan sebuah keharusan. Dengan materi yang segar anda mampu menerima citarasa masakan yang lebih khas.


Lalu apa saja tips menentukan cumi yang segar untuk menciptakan Cumi Teutumeh in?


AcehTipsnya yang pertama, dikala anda menentukan cumi, pilihlah cumi yang mempunyai kulit putih dengan bercak coklat kemerahan. Ini mengambarkan bahwa cumi masih muda dan segar alasannya ialah ialah yakni jikalau cumi sudah berumur busuk tanah warna kulitnya berubah kemerahan dan dagingnya berawarna kekuningan.


Yang kedua anda juga harus memperhatikan mata dari cumi tersebut, pilihlah cumi yang mempunyai mata yang bening, kepala yang masih menempel dan juga kulit arinya yang masih berwarna putih bening.


Dengan memperhatikan tips diatas, anda mampu menerima cumi yang segar dan mampu menciptakan masakan anda semakin mantap dan gurih.


Baiklah Sahabat Resep, bagi anda yang suka dengan seafood, anda harus mencoba menciptakan Cumi Teutumeh ini dirumah sebagai variasi sajian masakan harian anda. Anda pun kini sudah tahu kandungan gizi serta tips dalam menentukan materi utama yang segar.


Semoga tulisan saya wacana Resep dan Tutorial Membuat Cumi Teutumeh Aceh ini mampu bermanfaat untuk anda semua pembaca setia .



Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Cumi Teutumeh Aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel