Resep Dan Tutorial Menciptakan Norohombi

Resep Masakan Khas Papua Barat – Berbicara keunikan masakan khas Papua memang tidak ada habisnya. Keunikan ini mampu anda lihat dari materi yang dipakai serta tutorial memasaknya. Namun demikian dipastikan bahwa masakannya sehat karena semua bahannya didapat dari alam dan masih segar.


Dengan materi yang alami dan segar sangat indah untuk kesehatan tubuh anda dibanding dengan masakan kini yang banyak memakai msg, materi penyedap buatan bahkan terdapat materi pengawet masakan yang sangat berbahaya. Tapi, masakan khas Papua ini memang luar biasa.


Satu lagi masakan yang cukup unik ialah masakan yang bernama Norohombi. Ini merupakan masakan yang berasal dari tepung sagu, parutan kelapa, udang kering dengan dimasak diatas daun pisang.


Masakan ini juga merupakan masakan tradisional dan masih banyak dibentuk bahkan menjadi salah satu masakan yang banyak digemari disana. Karena memang orang Papua sangat menjunjung tinggi nilai moral dan budaya yang mereka miliki termasuk juga dengan hal masakan.


Jika anda tertarik untuk mencoba membuatnya dirumah, materi yang perlu anda siapkan ialah tepung sagu, parutan kelapa,bia atau udang kering serta daun pisang yang cukup lebar.


Untuk proses pembuatannya memang sedikit repot dan berbeda dengan tutorial memasak masakan lainnya. Anda harus membuat sagu lembap terlebih dahulu menjadi sebuah lempengan diatas lembaran daun pisang.


Kemudian diberi parutan kelapa, sehabis itu diberi bia. Dan diberi sagu lembap lagi, bia serta parutan kelapa. Seperti halnya kita membuat masakan ringan bagus lapis saja. Setelah semua siap gres dimasak dengan dibakar diatas pemanggangan.


Supaya lebih terang berikut saya tulis Resep dan Tutorial Membuat Norohombi. Silahkan dicatat dan dipraktikkan dirumah.











Berbicara
(Norohombi, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 25 menit

: 45 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Sedang



Bahan-bahan:



  • 1 kilogram tepung sagu

  • Parut 1 butir kelapa

  • ½ kilogram bia (udang) kering

  • Daun pisang berukuran lebar secukupnya



Tutorial Membuat Norohombi:



  1. Pertama buat terlebih dahulu sagu lembap menjadi lempengan, di atas lembaran daun pisang yang lebar.

  2. Kemudian lapisi atas sagu dengan parutan kelapa dan daging bia.

  3. Setelah itu, diatas daging bia lapisi lagi dengan sagu basah, lalu beri daging bia lagi diatasnya.

  4. Diatas daging bia beri parutan kelapa, dan beri lagi sagu basah.

  5. Selanjutnya tutup kembali lapisan yang terdiri dari dagu, daging bia dan parutan kelapa ini dengan daun pisang dan bakar diantara 2 plat seng yang dipanaskan.

  6. Setelah dirasa matang, angkat sagu dan sajikan.

  7. Norohombi siap dinikmati.


Dengan materi yang sederhana dan mudah didapat, orang Papua ini sangat kreatif dalam hal membuat masakan yang enak. Semoga terinspirasi dan siapa tahu anda mampu membuat masakan unik dan lezat lainnya.


Itulah mungkin yang mampu saya tulis pada postingan kali ini mengenai Resep dan Tutorial Membuat Norohombi. Sebuah masakan khas dari Papua tepatnya Papua Barat yang dibentuk dengan materi yang didapat dari alam, segar dan juga menyehatkan.


Tolong informasikan kepada sahabat yang lainnya ya dan jangan ketinggalan update resep masakan indonesia terbaru dengan subscribe kini juga di kotak berlangganan dibawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Norohombi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel