Resep Dan Tutorial Menciptakan Sate Lilit Ikan Khas Bali

Resep Masakan Ikan (Resep Masakan Khas Bali) – Halo Sahabat Resep.. Senang rasanya saya mampu memberikan update resep kuliner Indonesia terbaru untuk anda semua pembaca setia blog ini. Kali ini saya akan memberikan resep menarik yang berasal dari Bali dengan materi dasar ikan.


Jika anda mendengar nama Bali kemudian berbicara kuliner khasnya, mungkin sekilas anda akan berpikir Sate Lilit. Ya, ini merupakan salah satu kuliner khas dari Bali dan memang sudah sangat populer seantero nusantara, selain kuliner khas Bali lainnya (Baca disini).


Pada dasarnya sate lilit mampu dibentuk dengan berbagai materi daging. Namun resep sate lilit yang akan saya bahas pada tabrakan pena ini ialah resep sate lilit yang berbahan dasar ikan.


Ikan yang dipakai ialah ikan kakap/ikan tenggiri. Ikan ini populer alasannya yakni yaitu yaitu keempukan daging dan kenikmatan rasanya. Jadi saya jamin sate lilit ini akan lebih nikmat.


Bagi anda yang sudah pernah mencoba menyantap sate lilit di Bali silahkan nanti anda rasakan sendiri bedanya. Dan saya yakin anda niscaya suka.


Untuk membuatnya sebagai materi utama tentu anda haru menyiapkan beberapa materi seperti ikan kakap/ikan tenggiri, tergantung kesediaan materi yang ada di daerah anda. Jangan khawatir dengan bumbu belakang layar berikut, sate lilit anda akan tetap lezat.


Lalu apa saja bumbu atau materi lain yang harus anda siapkan?


Anda cukup dengan menyiapkan santan kental, kelapa parut, minyak goreng, serai, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk, kencur, kunyit, jahe, cabe merah, gula pasir dan garam.


Dengan materi atau bumbu diatas, mungkin anda sudah terbayang bagaimana rasa dari sate lilit yang akan anda buat. Yup, rasanya gurih, dan akan sedikit pedas namun segar serta wangi.


Jika anda sudah mulai ingin tau bagaimana tutorial membuatnya. Berikut ini saya uraikan Resep dan Tutorial Membuat Sate Lilit Ikan Khas Bali.











Senang
(Sate Lilit Ikan, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 20 menit

: 40 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

:Sedang



Bahan-bahan:



  • Haluskan 400 gram daging ikan kakap/ikan tenggiri

  • Santan kental sebanyak 60 ml

  • 50 gram kelapa parut

  • Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan

  • 12 batang serai



Bahan bumbu halus:



  • 6 butir bawang merah

  • 4 siung bawang putih

  • 2 butir kemiri

  • Iris halus 2 lembar daun jeruk

  • Kencur seukuran 1 cm

  • Kunyit seukuran 1 cm

  • Jahe seukuran 1 cm

  • Cabai merah sebanyak 4 buah

  • Iris halus 1 buah batang serai

  • 1 sendok teh gula pasir

  • Garam halus sebanyak ½ sendok teh

  • Semua materi tersebut diatas dihaluskan, saya sarankan anda untuk menghaluskannya dengan tutorial diulek, tetapi kalau anda tidak ingin repot, anda boleh mengahaluskannya dengan tutorial diblender.



Tutorial menciptakan Sate Lilit Ikan:



  1. Siapkan wajan, beri 2 sendok makan minyak goreng kemudian panaskan dan tumis bumbu halus tadi sampai harum kemudian angkat dan dinginkan.

  2. Selanjutnya, siapkan wadah kemudian masukkan tumisan bumbu halus tadi, daging ikan yang sudah dihaluskan, kelapa parut dan juga santan. Aduk materi sampai merata.

  3. Ambil 1 buah batang serai, kemudian ambil 1 sendok makan adonan ikan dan lilit-lilitkan pada batang serai. Lakukan ini sampai adonan dan batang serai habis.

  4. Kemudian siapkan pemanggangan kemudian panggang sate diatasnya sampai sate menjadi matang sambil sesekali dioles santan kental.

  5. Angkat dan sajikan hangat.



Rekomendasi Resep : Muloh Teupeh Peh


Nah itu ia resep dan tutorial membuatnya. Relatif simpel namun jangan anda sepelekan ya. Memasak itu memang kelihatannya simpel namun ketika dipraktikkan anda akan mengetahui bagaimana tutorial memasak yang baik, terutama ketika anda ingin menerima hasil kuliner yang enak.


Selanjutnya, berbicara wacana kandungan nutrisi suatu masakan, sate lilit ini mempunyai berbagai nutrisi dan kandungan vitamin yang diharapkan oleh tubuh. Hal ini kita mampu melihatnya dari materi utamanya yaitu ikan kakap.


Senang

Setiap 100 gram, ikan kakap mempunyai energi sebesar 92 kkal, protein 20 gram, protein 20 gram, lemak sebesar 0,7 gram, dimana kalsium sebesar 20 mg.


Selain itu, ikan kakap mempunyai kandungan fosfor yang cukup tinggi yaitu sekitar 200 gram. Zat besi sekitar 1 mg, vitamin A 30 IU, dan Vitamin B6 0,05 mg.


Dengan kandungan nutrisi diatas, terperinci bahwa ikan kakap ini mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Contohnya saja kandungan vitamin A yang dimiliki oleh ikan kakap ini sebesar 30 IU, kandungan ini sangat bermanfaat untuk memelihara sistem kekebalan tubuh serta berguna untuk memproduksi dan memelihara tulang.


Selain vitamin A penting untuk kulit dan mata, vitamin A ini juga berperan penting dalam sel reproduksi dan diferensiasi. Dengan mengkonsuminya setiap hari kita mampu terhindar dari penyakit mata seperti katarak.


Kemudian, lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan kakap ini mampu mengurangi resiko penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah dan kolesterol tinggi.


Manfaat yang saya bahas dalam materi utama sate lilit ini hanya merupakan sebagian saja, berbagai manfaat lain yang mampu anda dapatkan. Apalagi dengan bahan-bahan atau bumbu lainnya.


Semoga dengan klarifikasi kandungan nutrisi yang terdapat dalam sate lilit ini menciptakan anda semakin cinta dengan kuliner khas nusantara ini. Sudah memakai bahan-bahan yang alami, materi utamanya mempunyai kandungan yang luar biasa pula.


Dalam menciptakan Sate Lilit Ikan ini saya mempunyai sedikit tips untuk anda.


SenangTips yang pertama, supaya tampilan sate lebih bagus. Bakar terlebih dahulu sate diatas wajan datar anti lengket yang sudah diolesi dengan sedikit minyak. Setelah itu bakar sate diatas pemanggangan/bara apis.


Dengan tutorial seperti itu, tampilan sate akan lebih mengkilat dan lebih menggugah selera anda, serta tentu saja akan menciptakan rasa Sate Lilit Ikan ini menjadi lebih nikmat.


Dan untuk tips yang kedua, anda mampu menyajikan sate lilit ikan ini bersama nasi campur, atau nasi putih hangat ditambah dengan telur, suwiran daging ayam, tempe dan juga sayuran. Dengan adonan seperti ini masakannya akan lebih mantap.


Bagi anda yang punya tips lainnya, silahkan tinggalkan dikolom komentar dibawah ini.


Bagaiman Sahabat Resep, ingin mencobanya dirumah? Mudah-mudahan tabrakan pena saya kali ini mampu bermanfaat untuk anda semua, mampu menambah wawasan wacana Resep Masakan Khas Indonesia serta kandungan gizi yang terdapat didalamnya.


Jika anda suka dengan tabrakan pena saya ini, mohon perlindungan untuk membagikannya kepada teman-teman anda. Mari kita cintai Resep Masakan Indonesia.


Itu saja mengenai Resep dan Tutorial Membuat Sate Lilit Ikan Khas Bali kali ini. Selamat mencobanya di rumah.


Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Sate Lilit Ikan Khas Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel