Resep Dan Tutorial Menciptakan Sayur Gambas Khas Kalimantan Barat

Resep Masakan Sayur (Resep Masakan Khas Kalimantan Barat) – Halo Sahabat Resep, pada tabrakan pena kali ini saya akan memberikan update resep kuliner sayur yang meerupakan kuliner khas dari daerah Kalimantan Barat. Masakan sayur kali ini akan menciptakan tubuh anda tambah sehat dengan aneka macam kandungan yang dimilikinya.


Siapa yang tidak tahu dengan sayuran gambas? Gambas atau oyong merupakan sayuran jenis labu-labuan yang simpel tumbuh dimana saja termasuk di daerah yang mempunyai iklim panas. Gambas merupakan jenis sayuran yang tumbuh merambat dengan membutuhkan ketersediaan air yang cukup sepanjang musim.


Jika anda belum tahu, gambas ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan sayur paria dimana bentuknya yang panjang dan berwarna hijau. Jadi, jikalau anda pergi ke warung untuk belanja sayuran, jangan sampai salah beli ya antara gambas dan paria. Keduanya mempunyai bentuk yang hampir sama tetapi ini memang berbeda.


Sayur gambas ini merupakan sayuran yang sangat istimewa karena yaitu adalah dipercaya mempunyai aneka macam macam khasiat bagi tubuh kita jikalau kita teratur di dalam mengkonsumsinya.


Salah satu manfaat yang mampu kita dapatkan dari sayur gambas ini yaitu ternyata sayur ini mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Hal ini karena yaitu adalah di dalam gambas terdapat kandungan cucurbitasin dimana kandungan ini mampu membantu menurunkan kadar gula di dalam darah kita. Sehingga sangat cocok dikonsumi oleh orang yang menderita penyakit diabetes.


Selain itu, gambas juga dipercaya mampu menyembuhkan aneka macam macam penyakit mirip radang usus, asma bahkan sampai mampu meningkatkan air susu ibu (ASI). Makara bagi anda para ibu yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur gambas ini.


Nah Sahabat Resep, sehabis kita mengetahui kandungan serta manfaat yang mampu kita dapatkan dari sayuran ini, kini saatnya kita menciptakan kuliner yummy dari sayuran gambas atau oyong ini.


Untuk lebih jelasnya, saya tuliskan Resep dan Tips Trick Membuat Sayur Gambas Khas Kalimantan Barat dibawah ini.











pada
(Sayur Gambas, Sumber Foto: bing(dot)com)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 20 menit

: 35 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • 1500 ml kaldu ayam

  • 6 buah bawang merah kemudian iris tipis

  • 3 siung bawang putih kemudian iris tipis

  • 8 buah bakso ikan, potong 3 bagian

  • 1 batang daun bawang kemudian potong-potong seukuran 1 cm

  • 1 buah gambas (oyong) kemudian potong-potong sesuai selera

  • ½ sendok teh merica bubuk

  • 1 sendok makan garam

  • 50 gram bihun kemudian rendam di dalam air hangat

  • 3 sendok makan bawang goreng



Tips Trick Membuat Sayur Gambas:



  1. Siapkan wajan kemudian didihkan kaldu, tambahkan irisan bawang merah, irisan bawang putih, potongan bakso dan oyong. Bumbui dengan garam dan merica.

  2. Setelah matang, masukkan bihun yang sudah direndam tadi. Didihkan lagi sebentar, kemudian angkat.

  3. Siapkan mangkuk atau wadah, masukkan sayur ke dalamnya dan beri taburan bawang goreng diatasnya. Sayur Gambas pun siap dinikmati.



Rekomendasi Resep : Binte Bilulutan Unik


Sahabat Resep bagaimana, cukup simpel bukan? dengan 3 langkah diatas anda mampu menciptakan kuliner sayur yang yummy dan sehat. Dengan khasiat yang akan anda dapat, jangan ragu untuk menciptakan kuliner ini dirumah ya.



Sampai disini dulu ya untuk Resep dan Tips Trick Membuat Sayur Gambas Khas Kalimantan Barat ini. Mudah-mudahan resep ini mampu menambah pengetahuan anda perihal resep kuliner Indonesia. Jangan lupa untuk membagikan resepnya ya dengan klik tombol sosial media dibawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Sayur Gambas Khas Kalimantan Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel