Resep Kuliner Dabu Dabu Sesi Khas Maluku Nikmat

Resep Masakan Ikan (Khas Maluku) – Apakah anda pernah mencicipi masakan bernama Dabu Dabu Sesi? atau apakah anda pernah mendengarnya? Kalau anda belum pernah mencoba atau bahkan belum pernah mendengarnya anda harus membaca goresan pena saya ini.


Dabu Dabu Sesi merupakan masakan ikan yang berasal dari daerah Maluku. Ikan yang dipakai yaitu ikan kembung yang dicampur dengan bumbu bakar yang ditumbuk secara kasar. Ikan kembung ini merupakan jenis ikan yang banyak ditemukan disana sehingga terlahirlah masakan khas ini.


Nama yang unik bukan untuk sebuah masakan ikan? Meskipun demikian, masakan ikan ini mempunyai citarasa yang enak. Dan saya merekomendasikannya untuk anda mencobanya dirumah.


Tutorial membuatnya mudah ko, selain materi yang dipakai itu cukup mudah anda temukan dan relatif sedikit sekali.


Olahan ikan ini hanya memerlukan beberapa materi sederhana seakan-akan air perasan jeruk nipis, garam, air serta bumbu bakar yang harus ditumbuk agresif seakan-akan bawang merah, tomat, dan juga cabe merah.


Ya, anda hanya memperlukan itu saja untuk menciptakan Dabu Dabu sesi yang lezat.


Tutorial membuatnya pun relatif sederhana, pertama anda hanya perlu melumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian membakarnya dan setelah itu baru dimasak dengan bumbu bakar yang sudah ditumbuk kasar.


Bagaiman proses pembuatannya yang lebih jelas? Berikut saya tuliskan untuk anda Resep Masakan Dabu Dabu Sesi Khas Maluku. Silahkan disimak dengan baik.











Apakah
(Dabu Dabu Sesi, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 10 menit

: 30 menit

: 40 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Siapkan Ikan Kembung kurang lebih sebanyak 500 gram

  • 3 sendok makan air perasan jeruk nipis

  • Garam sebanyak 1 sendok teh

  • Air sebanyak 100 ml



Bahan Bumbu bakar (tumbuk kasar):



  • Bakar kemudian tumbuk agresif 5 butir bawang merah

  • Bakar kemudian haluskan 200 gram tomat

  • Cabai merah sebanyak 5 buah



Tutorial Membuat Dabu Dabu Sesi:



  1. Cuci higienis ikan kembung kemudian kerat permukaannya kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam. Pastikan semua kepingan terlumuri dengan baik dan biarkan sejenak.

  2. Siapkan pembakaran ikan kemudian bakar ikan hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan matang. Setelah itu angkat ikan dan sisihkan.

  3. Selanjutnya siapkan wajan atau panci kemudian masukkan ikan yang sudah dibakar dicampur dengan adonan bumbu agresif dan juga air. Masak semua materi tersebut hingga air menyusut dan habis.

  4. Setelah itu, angkat ikan dan sajikan.

  5. Dabu Dabu Sesi pun siap dinikmati.



Rekomendasi Resep : Pindang Ikan Khas Lampung



Masakan khas Indonesia memang sangat unik. Dengan materi dan bumbu yang sederhana, kita sanggup menerima sebuah masakan yang luar biasa enaknya dan tentunya sehat untuk tubuh kita.


Nah bagi anda yang ingin mencobanya dirumah silahkan dicatat resep diatas ya. Jangan lupa untuk membagikannya kepada kerabat terdekat anda.


Demikian yang sanggup saya sampaikan dalam goresan pena ini mengenai Resep Masakan Dabu Dabu Sesi Khas Maluku. Semoga sanggup mempunyai manfaat dan menambah wawasan anda ihwal resep masakan ikan yang khas Indonesia.


Anda sanggup membaca resep masakan ikan khas Indonesia lainnya disini.



Belum ada Komentar untuk "Resep Kuliner Dabu Dabu Sesi Khas Maluku Nikmat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel