Tol Cisumdawu Akan Menjadi Tol Pertama Yang Mempunyai Terowongan Di Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkerja keras demi selesainya pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Jalan tol ini jal Tol di Indonesia yang mempunyai terowongan.


Basuki Hadimuldjono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, perkembangan pembangunan jalan tol ini cukup menuai hasil yang bagus. “Terus berjalan dengan lancar, ketika ini pengerjaan terowongan tersebut juga terus dilaksanakan, aku juga akan segera meninjau lokasi terowongan tersebut serta memantau perkembangannya,” ujar Basuki Hadimuldjono di Bekasi, pada Sabtu (16/9/2017).


Tol Cisumdawu Akan Menjadi Tol Pertama Yang Memiliki Terowongan di Indonesia


Kementerian


Jalan tol Cisamdawu ini didesain mempunyai sebuah terowongan karena yaitu selain untuk menjaga kelestarian alam diwilayah tersebut, juga untuk meningkatan kualitas dari proyek jalan tol yang dikerjakan di Indonesia ini.


“dari segi dana memang proyek ini lebih mahal dibandingkan belah bukit, tapi hal ini dinilai menambah kesan manis pada sebuah jalan Tol di Indonesia terutama karena yaitu menjadi hal yang membedakan. Masak kita harus membelah bukit terus. seakan-akan halnya Tol Bawen-Salatiga itu sudah banyak kita melaksanakan belah bukit,” tambah Basuki Hadimuldjono.


Dengan menembus Bukit Cilengsar, terowongan tersebut mempunyai panjang sekitar 472 meter dan dengan berdiameter 14 meter. sejauh ini, gres 65 meter yang berhasil kita kerjakan. Terowongan ini sendiri terletak di Seksi 2 Rancakalong-Sumedang.


Konstruksi Seksi 2 Fase I Ranca Kalong-Ciherang (6,35 km) sekarang telah dalam tahap penyelesaian akhir. Sedangkan untuk Seksi 2 Fase II Ciherang-Sumedang (10,70 km), progres konstruksinya gres sekitar 13% saja.


Basuki juga menambahkan, proyek Tol Cisumdawu ini merupakan salah satu dai proyek strategis nasional (PSN) yang sangat diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah Tengah dengan Utara Jawa pecahan Barat.


Tol ini juga diperkirakan akan menghubungkan daerah strategis nasional antara Cekungan Bandung dengan Bandara Internasional di Jawa Barat di Kertajati, serta akan berafiliasi dengan Tol Cikampek-Palimanan.


Dengan adanya tol ini, waktu yang di tempuh dari Bandung-Sumedang akan lebih singkat dan efisien, dan beban kemudian lintas di Jalan Cadas Pangeran akan semakin berkurang.


Belum ada Komentar untuk "Tol Cisumdawu Akan Menjadi Tol Pertama Yang Mempunyai Terowongan Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel